Luncurkan SangSurya Plus, Lazismu Jawa Timur Tidak Hanya Berikan Beasiswa Namun juga Sediakan Bimbingan Karir

Media sosial

Pandemi yang berjalan selama hampir dua tahun ini menyebabkan kehidupan sosial ekonomi masyarakat menjadi sangat terdampak. Imbasnya pada terganggunya pemenuhan kebutuhan pendidikan putra-putri keluarga kurang mampu, termasuk yang sedang menuntut ilmu di Perguruan Tinggi.

 

Lazismu mempunyai program nasional dalam pilar pendidikan, yang salah satunya bertujuan memberikan bea studi kepada mahasiswa-mahasiswi yang sedang menempuh studi D3 dan S1. Program itu bernama Beasiswa SangSurya. Selain diterapkan secara nasional, program ini juga diaplikasikan di tingkat Wilayah dan Daerah, tentu dengan memperhtikan potensi dan kebijakan lokal masing-masing.

 

Aditio Yudono, Sekretaris Lazismu wilayah Jawa Timur, mengatakan bahwa pada tahun 2021 ini Lazismu Jatim juga menghadirkan program Beasiswa untuk putra-putri dari keluarga kurang mampu yang sedang menyelesaikan jenjang pendidikan Perguruan Tinggi. Nama programnya sama dengan program Nasional Lazismu, yaitu Beasiswa SangSurya, namun dimodifikasi menjadi SangSurya Plus.

 

Melalui SangSurya Plus Lazismu Jawa Timur memfasilitasi mahasiswa dan mahasiswi untuk mendapatkan bantuan biaya pendidikan melalui seleksi program beasiswa sesuai dengan ketentuan dan kategori PLUS, yaitu sebagai insan pengabdian kepada masyarakat/komunitas. Yang dimaksud kategori PLUS, ialah mahasiswa-mahasiswi tersebut aktif sebagai aktifis pengabdian kepada masyarakat/komunitas, semisal sebagai ustadz atau Guru Ngaji di TPQ/Masjid, pembina kelompok pemberdayaan masyarakat, pengasuh pengajian, pembina komunitas khusus, aktivis dakwah kampus, dan sebagainya.

 

Selain belajar dan menempuh studinya mereka yang mendapatkan beasiswa itu harus mempunyai rekam jejak pengabdian masyarakat. Lazismu Jatim juga memberikan bimbingan karir kepada mereka untuk mendapatkan pengetahuan, wawasan dan skill untuk maju sebagai pejuang tangguh, baik untuk diri sendiri, keluarga dan lingkungan masyarakatnya.

 

Penyerahan kepada penerima beasiswa SangSurya Plus dilaksanakan pada acara Pembukaan Pelatihan Amil Fundraising Lazismu Jatim dan Kawasan Indonesia Timur, Jumat 5 November 2021, di Hotel Halogen Sedati, dekat Airport Juanda, Sidoarjo. Ke-14 orang mahasiswa dan mahasiswi hadir untuk menerima beasiswa secara simbolis dan berbagai pengarahan terkait rencana kegiatan pembinaan dan pembimbingan. Penyerahan dilakukan oleh Ketua Badan Pengurus Lazismu Pusat Dr Mahli Zainuddin MSi, Wakil Ketua PWM Jatim Dr Syamsuddin MA dan Ketua Lazismu Jatim drh Zainul Muslimin.

 

“Mereka mendapatkan beasiswa SangSurya kategori subsidi UKT atau biaya hidup. Dananya langsung ditransfer ke rekening Perguruan Tinggi untuk pembayaran UKT dan rekening pribadi untuk biaya hidup. Selain itu mereka akan mendapatkan bimbingan atau pembinaan setiap dua bulan sekali dalam berbagai bentuk. Mereka juga akan dipantau keaktifannya pada kegiatan pengabdian masyarakat” kata Aditio ketika memandu penyerahan simbolis Beasiswa SangSurya di Hall Hotel Halogen.

 

“Mereka akan kita libatkan dan dibentuk sebagai Tim kader dan relawan Mahasiswa yang tangguh dan handal guna membantu tugas-tugas Lazismu sebagai pengabdian kepada masyarakat. Mereka harus mengenal dan dekat dengan aktifitas Lazismu sebagai bagian dari pengayakan kepekaan diri dan kepedulian mereka kepada lingkungan sekitar” tambahnya.

 

“Semoga program Beasiswa SangSurya Plus ini dapat membantu bea studi para mahasiswa dan mahasiswi, juga diharapkan menjadi wasilah bagi pengembangan diri untuk masa depan mereka” pungkas Aditio. (Ddt)

🎓 SD mulai dari Rp. 100.000/bulan hingga Rp. 1.200.000/tahun
🎓 SMP mulai Rp. 200.000/bulan hingga Rp.2.400.000/tahun
🎓 SMA mulai Rp. 250.000/bulan hingga Rp. 3000.000/tahun
🎓 Kuliah mulai Rp. 500.000/bulan hingga Rp.6.000.000/tahun

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
ada pertanyaan?
Lazismu Jatim
Assalamualikum, adakah yang bisa saya bantu?