Kota Batu Diterjang Banjir Bandang, MDMC-Lazismu dan Ortom Muhammadiyah Segera Merespon dengan Sigap

Media sosial

Hujan dengan intensitas tinggi yang mengguyur Kota Batu pada Hari Kamis, 4 November 2021 menyebabkan 5 titik lokasi di Kota Batu tergenang banjir bandang. Sampai dengan saat ini masih dilakukan penanganan dan evakuasi korban terdampak. Pantauan Bencana Daerah (BPBD) setempat banjir terjadi di dua titik sejak pukul 15.15 WIB, hingga saat ini masih melakukan pendataan korban dan dampak yang ditimbulkan akibat banjir bandang tersebut.

Data yang berhasil dihimbau Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) mencatat korban yang meninggal sebanyak 7 orang dan 1 orang masih dalam masa pencarian. Amal Usaha Muhammadiyah terdampak akibat banjir bandang di Kota Batu yang berada di Dusun Banaran dan Dusun Binangun. Total 8 Amal Usaha Muhammadiyah terdampak kekurangan air bersih akibat banjir bandang di Kota Batu yang berada di Dusun Banaran dan Dusun Binangun.

Muhammadiyah merespon dengan mendirikan pos koordinasi yang berlokasi di gedung Pimpinan Daerah Muhammadiyah kota Batu. Air sudah surut tetapi banyak rumah yang terdampak, baik terendam lumpur maupun hanyut. relawan sudah berdatangan dan berkoordinasi dengan Pusdalop BPBD kota Batu dan melakukan kegiatan evakuasi maupun pembersihan puing bangunan yang rusak, serta pendataan korban juwa dan kerusakan harta benda.

Pasca bencana banjir bandang yang terjadi di Kota Batu pada tanggal 4 November 2021, kondisi psikologis masyarakat yang terdampak menjadi terganggu. Berdasarkan dengan hasil asessmen LPT Psikososial UMM hasil yang di dapat adalah terlihat anxiety pada penyintas masih tinggi. Dampak bencana yang terjadi sifatnya bervariasi, mulai dari jangka pendek hingga jangka panjang. Dampak emosional jangka pendek yang dapat dilihat dengan jelas dari para penyintas meliputi rasa takut dan cemas yang akut, rasa sedih, enggan berkomunikasi dengan orang lain, lebih memilih untuk menutup diri serta munculnya perasaan hampa.

Pada sebagian orang perasaan-perasaan ini akan pulih seiring berjalannya waktu. Selain itu dampak yang timbul sekarang adalah penyintas merasa sensitif jika banyak orang lain yang berkunjung bukan untuk membantu tetapi untuk melihat-lihat daerah bencana saja. Namun, pada sebagian yang lain perlu diwaspadai, sebab dampak emosional bencana dapat berlangsung lebih lama. Dampak jangka panjang ini, dapat berupa trauma serta problem penyesuaian pada kehidupan personal, interpersonal, sosial, dan ekonomi pasca bencana.

Namun dalam hal lain, ketika tim LPT Psikososial UMM melakukan proses assessment, penyintas juga memiliki sikap kebersamaan yang tinggi, sehingga rasa kepercayaan diri mereka tinggi. terlihat penyintas kerap kali dijumpai respon penyintas yang cenderung menghindar. Tim LPT Psikososial akan melakukan assesmen lanjutan pada Rabu, 10 November 2021 karena tidak adanya data terkait kondisi psikologis anak-anak dan lansia. Agenda ini akan dikhususkan di Dusun Sambong. Dari hasil assesmen tersebut maka diperlukan adanya dukungan psikososial di Dusun Sambong.

Upaya yang telah dilakukan antara lain sebagai berikut :

  • Pembukaan Pos Koordinasi MDMC yang berlokasi di Apple Sun Kota Batu.
  • Pendataan logistik yang sudah tersedia.
  • Pendataan fasilitas umum yang terdampak, penerima manfaat 11 lokasi.
  • Berkoordinasi dengan BPBD Kota Batu dan BPBD Kota Malang.
  • Menerjunkan tim Pembersihan lumpur di 2 titik lokasi (Dsn. Beru dan Sebrang Bendo).
  • Membantu BPBD di Pusat data logistik dan operasi (Pusdalop) dalam pengelolaan data.
  • Pembentukan dapur umum relawan oleh Pimpinan Daerah Aisyiyah.
  • Pendistribusian air bersih di Jl Wukir no 231, Temas kec. Batu, penerima manfaat 325 KK.
  • Pendataan rumah rusak di setiap dusun, 9 KK.
  • Assesment kondisi psikologis penyintas, penerima manfaat 10 KK.

Sedangkan yang masih diupayakan, antara lain sebagai berikut :

  • Pendistribusian Air bersih
  • Assesment kondisi Psikologis penyintas
  • Assesment lanjutan dampak bencana
  • Penyaluran logistik Hygiene Kit dan sembako
  • Pembersihan rumah terendam lumpur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
ada pertanyaan?
Lazismu Jatim
Assalamualikum, adakah yang bisa saya bantu?