Aksi Bersama Lazismu dan ‘Aisyiyah Untuk Sesama di Nganjuk

Media sosial

Bulan suci Ramadhan adalah masa yang tepat untuk saling menebar kebaikan dan menggalang solidaritas kebersamaan. Itulah yang dilakukan oleh Lazismu dan ‘Aisyiyah, organisasi wanita Islam di bawah Muhammadiyah.

Guna menjalin kebersamaan itu Lazismu dan Aisyiyah Kabupaten Nganjuk pada senin, 11 Juni 2017 lalu pergi bersama ke lokasi tempat wisata Air Terjun Sedudo yang terkenal di Jawa Timur. Kedatangan le area pelancongan itu bukan semata untuk rekreasi bersama tetapi dalam rangka memberikan motivasi kepada calon Pimpinan Cabang Muhammadiyah dan calon Pimpinan Cabang ‘Aisyiyah Sawahan.

Dalam sambutannya ketua Pimpinan Daerah ‘Aisyiyah (PDA) Nganjuk Hj. Umi Nisa’i mengatakan bahwa kita beragama tidaklah cukup beribadah seperti sholat, puasa dan zakat saja akan tetapi kita perlu ibadah sosial yakni menjadi penyeru kebaikan dan mencegah kemungkaran sebagaimana disebutkan surat ali imran ayat 104 agar manjadi orang yg beruntung.

Semangat itulah menjafi pondasi organisasi Muhammadiyah berdiri seabad yang lalu. Selain itu Ketua PDA Nganjuk merasa sangat terharu dan bersyukur karena keponakan dan mantunya bersedia menjadi ketua PCA Sawahan, sambut bunda Umi panggilan akrabnya.

Dalam kesempatan itu Ketua Lazismu Nganjuk Juwari, S.Pd menyampaikan bahwa Muhammadiyah dalam gerak langkahnya senantiasa berbagi pada orang-orang yang membutuhkan, namun ada orang mengatakan bahwa si A itu baik, sayangnya ia Muhammadiyah. Maka Juwari menjawab bahwa Muhammadiyah itu baik karena suka memberi. Selain itu ia menjelaskan al-Qur’an surat al-Mukminun ayat 1-4 yang secara garis besarnya kaum mukmin yang akan beruntung atau sukses adalah mukmin yang khusu’ sholatnya. Bagaimana pengejawantahan dari kekhusu’an sholatnya ? Tandanya orang itu dapat mencegah perbuatan keji dan mungkar.

Orang yang gemar membayar zakat dengan kata lain menjadikan zakat sebagai gaya hidupnya maka ia selalu sadar akan zakat. Ia selalu bertanya dalam dirinya hartaku apa sudah dizakati atau belum. Ia pun mampu meninggalkan perilaku sia-sia, misalnya daripada beli mercon mending untuk dinfaqkan ke Lazismu.

Dalam acara itu disamping kegiatan penyerahan seragam ‘Aisyiyah dan buku agenda kepada calon PCA Sawahan juga dilakukan penyerahan 30 Kado Ramadhan Lazismu kepada masyarakat di lingkungan dusun Sempu Kecamatan Sawahan Kab. Nganjuk.

Bunda Vita panggilan akrab Sekretaris PDA Nganjuk mengatakan bahwa kegiatan ini juga dilakukan di 12 PCA se-Kabupaten Nganjuk dalam rangka Safari Ramadhan. Tentunya acara ini bekerjasama dengan Lazismu Nganjuk. Walau demikian ia pun tak lupa berterima kasih kepada para donatur dan berbagai pihak yang mendukung acara ini, dengan harapan semoga harmoni ini menjadi simfoni yang indah bagi kemajuan dakwah Muhammadiyah di Kabupaten Nganjuk. (Mijan).

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
ada pertanyaan?
Lazismu Jatim
Assalamualikum, adakah yang bisa saya bantu?