Ada Pertanyaan ?

Hubungi 031-8437191

Kegiatan filantropis di kalangan siswa Gresik semakin terasa di bulan Ramadhan. Terbukti dengan disambut positifnya kegiatan penggalangan dana yang dilakukan Lazismu Gresik. Tercatat ada tujuh Taman Kanak-Kanak ‘Aisyiyah dan 1 Sekolah Dasar yang mengikuti program filantropis cilik Gresik. Program ini merupakan program turunan dari program Lazismu pusat khusus di bulan ramadhan, dengan kegiatan berupa penghimpunan infaq dalam celengan per kelas, untuk siswa tingkat TK dan SD dalam rangka mendidik anak-anak muda untuk berderma dan peduli sesama.

“Nantinya hasil dari infaq akan digunakan untuk program kado ramadhan untuk yatim, dhuafa dan Tunjangan Hari Raya untuk fisabilillah,” ujar Kemas S Rizal, SE selaku sekertaris Lazismu Gresik. Berikut liputan tim Lazismu di sekolah-sekolah yang mengikuti program filantropis :

TK ‘Aisyiyah Bustanul Athfal 11 Giri Kebomas

“Alhamdulillah semangat anak-anak untuk berinfaq cukup tinggi. Mereka bangga karena bisa ‘nyelengi’(menabung) untuk shodaqoh. Kita tekankan jika berinfaq itu nantinya diakhirat akan masuk surga,” kata Nur Sa’adah,SH selaku kepala sekolah. Donasi yang terkumpul dari tanggal 5 sampai 14 Juni 2017 sejumlah Rp. 1.403.400,-

TK ‘Aisyiyah Bustanul Athfal 24 BP Wetan

Berbeda dengan TK yang lain, untuk TK ‘Aisyiyah BP Wetan support kegiatan Lazismu pada 2 hari jumat, ”Mohon maaf kami tidak bisa support banyak ke Lazismu, kemarin sudah kami sampaikan ke wali murid, namun disepakati kalau infaqnya disamakan dengan infaq sebelum-sebelumnya, yaitu pada hari Jumat, apalagi ini sedang pembangunan gedung baru,” terang Fitrotul Islamiyah,S.Pd selaku kepala sekolah. Pada akhir periode pengambilan, tanggal 9 Juni 2017 TK ‘Aisyiyah 24 BP Wetan berdonasi sebanyak Rp. 310.000,-

SD Muhammadiyah Manyar (SDMM)

Sekolah ini merupakan satu-satunya sekolah dasar yang berpartisipasi menyemarakkan program Filantropi Lazismu (selain TK). Ahmad Nazarudin, S.Pd.I selaku guru pendamping kelas 1 Nada (sebutan kelas-Red) menyatakan bahwa anak-anak perlu diberi edukasi untuk berinfaq. “Diberi pengertian, meski uang jajan kita habis untuk shodaqoh tidak apa-apa, kita akan mendapatkan pahala. Kami juga sudah sosialisasi program infaq Lazismu ini ke orangtua siswa, jadi orangtua juga mempersiapkan infaq setiap hari di bulan Ramadhan ini untuk Lazismu,” ujarnya. Pengumpulan infaq SD Muhammadiyah manyar dimulai dari tanggal 5 sampai 15 Juni 2017 dengan total donasi Rp. 7.287.200,-

TK ‘Aisyiyah Busthanul Athfal 40 Pondok Permata Suci (PPS)

Sekolah ini merupakan pilot project program celengan individu untuk siswa. Jika di sekolah lain satu kelas satu celengan, maka di PPS satu orang satu celengan. Hal ini dilakukan untuk mengukur perbedaan infaq jika secara individu atau menggunakan celengan bersama. “Lazismu memberikan 95 celengan untuk per siswa, dibawa pulang, Alhamdulillah TK kami mengumpulkan infaq sebanyak Rp. 6.153.500,-” ujar Hj. Ayu Mira, ST. SP.d selaku kepala sekolah.

TK ‘Aisyiyah Busthanul Athfal 42 Graha Bunder Asri (GBA)

Gerakan filantropis di TK ini cukup efektif, terbukti dengan hasil perolehan infaq sebesar Rp. 1.326.500,- selama tanggal 6-15 Juni 2017. “Kami mengajarkan anak-anak untuk berbagi dengan sesama. Meski yang masuk ke sekolah hanya 50an orang. Terbukti perolehan donasi jutaan, berarti anak-anak berinfaq lebih dari seribu,” tutur Faizatun Nikmah, S.Ag selaku kepala sekolah.

TK ‘Aisyiyah Busthanul Athfal 36 Pongangan Manyar

“Pengumpulan celengan di TK dilakukan pada saat pondok ramadhan dari tanggal 5-9 Juni 2017, alhamdulillah mendapatkan Rp. 1.423.500,” ujar Anis Sja’adah, ST selaku kepala sekolah. Menurut beliau, untuk membuat anak semangat berinfaq, ustadzah per kelas memberikan pujian dan didoakan, dan itu akhirnya yang membuat anak-anak termotivasi untuk terus berinfaq.

TK ‘Aisyiyah Busthanul Athfal 34 GKGA (Kedanyang)

“Gerakan filantropis cilik di TK ini dilaksanakan dari tanggal 3 sampai 14 Juni 2017, dengan perolehan donasi sebanyak Rp. 506.500,” ujar kepala sekolah, Sunarsih,S.Pd.I.”Maaf infaq tidak maksimal, siswa tidak masuk sekolah karena malam harinya ikutan sahur bersama orangtuanya, akhirnya mereka bangun kesiangan dan tidak berangkat sekolah,” ujarnya.

TK ‘Aisyiyah Busthanul Athfal 1 Gresik

“Meski kami dalam pembangunan gedung baru, pengumpulan infaq yang dilakukan dari tanggal 5 sampai 15 Juni 2017 ini tetap  berjalan dan terkumpul infaq sebanyak Rp. 1.032.000,” ujar ibu Lilik selaku kepala sekolah. (Liesna Eka N)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *