Baksos KOLOSAL di Pacitan, Mulai dari Aksi Tanam Pohon Hingga Berbagi Seribu Paket Bingkisan

Media sosial

Seribu orang relawan, aktivis, dai dan muballigh Muhammadiyah se-Jawa Timur pada hari Sabtu, 24 Februari 2018 berdatangan ke Kabupaten Pacitan untuk sebuah aksi bersama yang diberi nama BAKSOS KOLOSAL. Sekitar 100 kendaraan yang digunakan untuk membawa rombongan warga Muhammadiyah dari berbagai Daerah di Jawa Timur pada hari itu masuk ke Kabupaten paling ujung barat selatan propinsi Jawa Timur dengan berkonvoi dikawal oleh Patwal. Tidak hanya itu sekitar 500 peserta Baksos warga Muhammadiyah Pacitan juga turut meramaikan jalannya acara besar itu.

Kedatangan rombongan Muhammadiyah Jawa Timur ke Kabupaten Pacitan tidak sekedar untuk berkunjung namun juga untuk menjalin silaturrahim dalam rangka meningkatkan hubungan ukhuwah dan sinergi dakwah Persyarikatan dengan Pemkab Pacitan. Tidak hanya itu, kehadiran seribu aktivis, relawan, muballigh dan da’i tersebut juga memberikan manfaat bagi warga Pacitan secara luas dengan rangkaian kegiatan BAKSOS KOLOSAL Tangguh Bencana. Sebelumnya, selama empat bulan Muhammadiyah hadir di Pacitan dalam kegiatan tanggap bencana besar berupa banjir bandang dan tanah longsor yang terjadi pada akhir bulan November 2017.

Yang tidak kalah penting adalah Muhammadiyah Jawa Timur beserta segenap eksponen termasuk Lazismu dan Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) turut menginisiasi berdirinya Sekolah Madrasah Tangguh Bencana (SMTB) guna mengedukasi masyarakat Pacitan tentang kebencanaan dan kesiapsiagaan menghadapi segala kemungkinan terburuk akibat bencana.

Kegiatan BAKSOS KOLOSAL Tangguh Bencana atas prakarsa Majelis Tabligh, Lazismu dan MLHPB-MDMC merupakan aksi sinergi lintas Majelis, Lembaga dan Organisasi Otonom Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Timur. Aksi terbesar di Pacitan pada hari Sabtu-Ahad, 24-25 Februari 2018 itu, tersusun dalam berbagai kegiatan, antara lain : Konvoi 100 Kendaran Peserta dari Madiun, Ponorogo ke Pacitan, Aksi Bersih-bersih Pantai Pancer Door oleh MDMC, Aksi Tanam 1.000 Pohon di 4 lokasi oleh Pemuda Muhammadiyah dan Hizbul Wathon Jatim, Pengajian Majelis Tabligh di Masjid SMKN 2 Pacitan, Shalat Subuh dan Tausiyah (Kultum), Pembukaan Sekolah Madrasah Tangguh Bencana oleh M. Rofii, Ketua MLHPB-MDMC Jatim, Layanan Pashmina untuk Remaja oleh Nasyiatul ‘Aisyiyah Jatim, Tabligh Akbar bersama Drs. Hajriyanto Y. Tohari, MA (Ketua PP Muhammadiyah) di Pendopo Kabupaten Pacitan.

Dalam seremoni Tabligh Akbar di Pendopo Pacitan dilakukan antara lain : penyerahan bantuan 6 unit rumah oleh PDM Kab. Blitar, Penyerahan Bantuan Mobil operasional Lazismu-MDMC untuk PDM Pacitan oleh Ketua Lazismu Jatim drh. Zainul Muslimin, Penyerahan bantuan 1.800 paket sembako dari Lazismu Jatim, Penyerahan Simbolis 1.000 pohon jati dari Pemuda Muhammadiyah Jatim, Penyerahan 85 paket peralatan olahraga dari Majelis Dikdasmen PWM Jatim, dan Penyerahan 1.000 Paket peralatan shalat dari Majelis Tabligh PWM Jatim.

Bupati dan Wakil Bupati mewakili warga Pacitan memberikan apresiasi dan penghargaan setinggi-tingginya kepada Muhammadiyah dengan segenap Unsur dan Ortom, dengan kehadiran Posko MDMC dan berbagai layanan selama 4 bulan sejak Pacitan ditimpa bencana banjir bandang dan tanah longsor. Menurut Bupati, ini adalah rekor terlama dalam penanganan bencana yang dilakukan oleh Muhammadiyah, dimana instansi Pemerintah sendiri hanya melakukan tanggap darurat selama 2-3 minggu. Oleh karena itu Bupati menyampaikan terima kasih dan berharap agar Muhammadiyah senantiasa menyertai masyarakat Pacitan menuju kemajuan dan kesejahteraan. (Adit).

Foto-foto kegiatan :

Konvoi 100 Kendaraan Baksos Kolosal (24/02/18) Aksi Bersih-bersih Pantai Pancer Door (24/02/18)      

Aksi Tanam 1.000 Pohon di 3 Lokasi (24/02/18)

 

Meninjau Percepatan Pembangunan Rumah Bagi Warga Terdampak Bencana (24/02/18) Kajian Oleh M. Sholichin Ketua Majelis Tabligh PWM Jatim di SMKN Pacitan (24/02/18) Gerakan Subuh Berjamaah plus Kuliah Subuh bersama M. Sholichin, Ketua Majelis Tabligh PWM Jatim di Masjid Raya Pacitan (25/02/18)

Layanan Pashmina oleh Nasyiatul ‘Aisyiyah Jawa Timur di Halaman Masjid Raya Pacitan (25/02/18) Tabligh Akbar Oleh Hajriyanto Y. Tohari (Ketua PP Muhammadiyah) di Pendopo Kabupaten Pacitan (25/02/18)  

Penyerahan 1.800 Paket Sembako di Pendopo Kabupaten Pacitan (25/02/18)  

Penyerahan 1.000 Paket Alat Sholat dan al-Qur’an di Pendopo Kabupaten Pacitan (25/02/18) Penyerahan Simbolis 6 Unit Rumah Kepada Warga Terdampak Bencana di Pendopo Kabupaten Pacitan (25/02/18) Penyerahan 1 Unit Mobil Sosial dan Operasional Lazismu dan MDMC kepada PDM Pacitan di Pendopo Kabupaten Pacitan (25/02/18) Peresmian Sekolah Madrasah Tangguh Bencana oleh MLHPB-MDMC Jawa Timur (25/02/18) Semua kegiatan yang direncanakan, dapat berjalan dengan lancar dan tuntas secara keseluruhan. Mulai keberangkatan dari kantor PWM Jatim di Surabaya, Shalat Subuh dan makan pagi di Islamic Center Madiun, berangkat menuju Universitas Muhammadiyah Ponorogo, lalu dilanjutkan perjalanan ke alun-alun Pacitan. Acara tersusun sebagai barikut :

  • Pembukaan dan makan siang di Pantai Pancer Door,
  • Aksi Bersih-bersih pantai Pancer Door,
  • Pembagian tugas peserta untuk 4 lokasi baksos dan kerja bakti,
  • Kembali ke Posko PDM, Shalat Maghrib dan makan malam,
  • Pengajian di Masjid SMKN 2 Pacitan,
  • Istirahat di 3 tempat yang disiapkan oleh panitia, yaitu di SMKN 2 Pacitan, SMA Muhammadiyah 1 Pacitan dan Gedung Olahraga Pacitan,
  • Shalat Subuh dan Tausiyah (Kultum),
  • Layanan Pashmina oleh Nasyiatul Aisyiyah Jatim,
  • Tabligh Akbar yang dibuka oleh Wakil Bupati Pacitan, sambutan PWM oleh Dr. Biyanto, penyerahan bantuan 6 unit rumah oleh PDM Kab. Blitar,
  • Penyerahan Bantuan Mobil operasional Lazismu-MDMC untuk PDM Pacitan oleh Ketua Lazismu Jatim drh. Zainul Muslimin,
  • Penyerahan bantuan 1.800 paket sembako dari Lazismu Jatim,
  • Penyerahan 1.000 pohon jati dari Pemuda Muhammadiyah Jatim,
  • Penyerahan 85 paket peralatan olahraga dari Majelis Dikdasmen PWM Jatim,
  • Penyerahan 1.000 Paket peralatan shalat dari Majelis Tabligh PWM Jatim,
  • Tausiyah Wakil Ketua PP Muhammadiyah oleh Bapak Hajrianto Y Thohari, penutupan dan pulang.
  • Pembukaan Sekolah Madrasah Tangguh Bencana oleh M. Rofii, Ketua MLHPB-MDMC Jatim.

foto-foto : Tim Baksos Kolosal Pacitan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
ada pertanyaan?
Lazismu Jatim
Assalamualikum, adakah yang bisa saya bantu?