Banjiri Area Terdampak Banjir di Bandar Kedung Mulyo Jombang Dengan 2.000 Paket Sembako dan 2 ton Telur

Media sosial

Penanganan masalah kebencanaan bagi warga terdampak banjir di Kedung Mulyo Jombang oleh Muhammadiyah melalui MDMC-Lazismu-MPKU-AUM-Ortom (AMM-Kokam) masih terus berlanjut. Selama dua pekan Aksi para Relawan, Giat Dapur Umum dan Layanan Posko Kesehatan melayani warga terdampak, khususnya yang berada di area tenda-tenda pengungsian di sepanjang sungai Afvour aliran sungai Brantas di Bandar Kedung Mulyo sebagai dampak rumah mereka terendam banjir.

Lebih dari 2 minggu ini, dampak bencana banjir di Jombang masih terasakan dan membekas khususnya di rumah warga dan fasilitas umum. Bencana banjir disebabkan jebolnya 2 tanggul sungai Afvour (Afvour Bsuk dan Afvour Brawijaya), aliran Muara Sungai Brantas. Saat kejadian, banjir menenggelamkan pemukiman warga, sedikitnya di 4 desa di kecamatan Bandar Kedung Mulyo.

Nah, pada hari Ahad, 28 Februari 2021, Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kabupaten Jombang kembali mengerahkan segenap Relawan MDMC-Lazismu-MPKU-AUM-Ortom untuk turun aksi sosial ke lokasi pengungsian pasca banjir. Sebanyak 2.000 paket sembako dan 2 ton telur dikirimkan ke lokasi untuk dibagikan kepada warga terdampak banjir. Sebanyak 100 Relawan dan partisipan mengiringi pendistribusian bantuan hingga ke Posko Warga di Bandar Kedung Mulyo.

Menurut Roni, Amil Lazismu Jombang, aksi gerakan distribusi 2 ton telur dan 2.000 paket sembako ini menyasar tujuan ke 4 desa, yakni, Desa Bandar, Pucangsimo, Brangkal dan Gondangmanis. Relawan pun dibagi 4 tim yang bertugas membawa paket bantuan sesuai dengan data penerima masing-masing desa.

Acara dimulai jam 9 pagi dengan seremoni pemberangkatan stars dari Gedung Dakwah Muhammadiyah Jl Dr Sutomo, sebagai Posko Utama Muhammadiyah selama penanganan warga terdampak banjir. Kemudian dilanjutkan dengan penyebaran tim pembawa bantuan menuju ke 4 desa lokasi tujun. Sedangkan proses penyerahannya sebagian dilakukan di Posko dan sebagian door to door datang ke rumah-rumah warga terdampak dengan melibatkan perangkat desa dan aparat setempat. Ketika adzan dhuhur berkumandang, aksi pun selesai dan para Relawan kembali ke gedung dakwah.

Dr. Ir. H. Abdul Malik MP, Ketua PDM Jombang, yang memimpin aksi mengatakan bahwa Gerakan sumbang 2 ton telur dan 2 ribu paket sembako ini merupakan partisipasi dari semua pihak termasuk Ortom, Amal Usaha dan elemen masyarakat yang mengamanahkan donasi kemanusiaan untuk membantu warga terdampak banjir di Kedung Mulyo melalui Persyarikatan Muhammadiyah, khususnya Lazismu.

“InsyaAllah Muhammadiyah Jombang akan terus berkelanjutan dalam membantu warga terdampak banjir tentu dengan bantuan semua pihak. Untuk itu kami juga mengucapkan terima kasih atas peran serta berbagai PDM dan Lazismu Daerah dan juga wilayah yang telah turut memberikan bantuan, baik berupa dana maupun barang demi suksesnya kegiatan aksi sosial ini.” kata Abdul Malik di gedung Dakwah Muhammadiyah Jombang. (Adit)

[divider]

Simak videonya…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
ada pertanyaan?
Lazismu Jatim
Assalamualikum, adakah yang bisa saya bantu?