Bantuan Logistik Yang Tiba di Pantoloan Palu, Segera Didistribusikan

Media sosial

Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jawa Timur menggunakan KRI Surabaya 591 milik TNI Angkatan Laut (AL) mengangkut bantuan logistik seberat 20 ton yang tiba di Pelabuhan Pantoloan Palu, Sulawesi Tengah (8/10/2018). Bantuan itu berangkat dikirim dari Pelababuhan Semayang Balikpapan, Kalimantan Timur melalui asistensi Lazismu dan MCMC (Muhammadiyah Disaster Management Center) PWM Jatim yang tiba di Palu pukul 7.30 WITA .

“Alhamdulillah, logistik bantuan PWM Jatim seberat 20 ton telah tiba di Palu,” Ketua MDMC PWM Jatim M Roffi yang bertugas mengawal pengiriman bantuan saat dihubungi via WhatsApp pukul 08.00 WIB.

Dosen Universitas Muhammadiyah Surabaya ini menerangkan, 20 ton logistik bantuan terdiri dari beras seberat 8 ton, mi instan 700 karton, air mineral 500 karton, minyak goreng, gula, sarden, kornet, daging analog, bumbu makanan, pempers bayi, pembalut wanita, pakaian dalam wanita, susu balita dan susu ibu hamil.

Ada juga alat-alat dapur umum seperti kompor, dandang, wajan, panci, piring, sendok dan lainnya. Juga alat-alat listrik dan genset. “Saat ini relawan MDMC Indonesia sedang mengangkut bantuan menggunakan truk untuk dibawa ke Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Palu–lokasi Pos Koordinasi (Poskor) MDMC Indonesia,” terangnya.

Rofii menambahkan, setibanya di Poskor MDMC Indonesia logistik bantuan akan dikemas dalam bentuk pakat sembako dan lainnya, untuk kemudian didistribusikan kepada warga korban gempa dan tsunami di Palu, Donggala dan Sigi, Sulteng.

“Semoga logistik bantuan dari PWM Jatim yang satu kontainer juga segera tiba di Palu sehingga semakin banyak warga yang terbantu dengan kehadiran Muhammadiyah,” tandasnya seperti dilansir dalam pwmu.co (8/10/2018).

Sebelumnya, satu kontainer bantuan logistik itu diberangkatkan dari Gedung Muhammadiyah Jawa Timur menuju Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya. dan diberangkatkan menuju Pelabuhan Pantoloan, Kota Palu dengan memanfaatkan jasa expedisi PT Meratus Line. Bantuan logistik berupa sembako, air mineral kemasan, obat-obatan, mi instan, selimut, popok bayi, tenda, dan lainnya tersebut dihimpun oleh Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Timur melalui Lazismu Jawa Timur untuk membantu aktivitas tanggap darurat Muhammadiyah di bawah koordinasi MDMC.

Solidaritas warga Muhammadiyah se Jawa Timur begitu tinggi untuk membantu saudara-saudara yang terdampak gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah dan Sulawesi Barat, sehingga rencananya Lazismu Jawa Timur akan mengirimkan kembali satu kontainer bantuan logistik ke Kota Palu. (an/pwmu/na).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
ada pertanyaan?
Lazismu Jatim
Assalamualikum, adakah yang bisa saya bantu?