Search
Close this search box.
Whatsapp Chat
Konsultasikan Zakat Anda kepada Kami

Bantuan Perahu Motor Untuk Pemberdayaan Kelompok Nelayan dan Kesiapsiagaan Bencana Alam di Lekok, Kabupaten Pasuruan

LAZISMU Kantor Perwakilan wilayah Jawa Timur menyerahkan secara simbolis bantuan perahu motor kepada Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Lekok, Kabupaten Pasuruan. Bantuan itu dimaksudkan untuk meningkatkan kesejahteraan kelompok Nelayan di bawah binaan Muhammadiyah. Penyerahan dilakukan pada Pembukaan Rapat Koordinasi Khusus (Rakorsus) Qurban LAZISMU se-Jatim di gedung Muhammadiyah Jawa Timur, Jl Kertomenanggal IV no 1 Surabaya, Sabtu pagi (13/05/23).

Dr Syamsuddin MA Wakil Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jatim menyerahkan secara simbolis kepada Azizi yang hadir mewakili Ketua PCM. Seluruh Badan Pengurus LAZISMU Wilayah dan Daerah se-Jatim, beserta undangan yang hadir pada Rakorsus tersebut turut menyaksikan prosesi serah terima bantuan itu.

Menurut Aditio Yudono, Wakil Ketua LAZISMU Jatim membidangi pendistribusian, pemberdayaan dan kerjasama, bantuan perahu itu dimaksudkan untuk memberdayakan Nelayan binaan Muhammadiyah yang ada di kecamatan Lekok kabupaten Pasuruan.

“LAZISMU memang sedang mengobservasi kehidupan nelayan di Lekok. Salah satu kendala adalah ketersediaan perahu yang memadai. Perahu yang ringan namun bisa melaju dengan cepat. Kebanyakan di Lekok adalah perahu dari kayu. Oleh sebab itu LAZISMU memberikan bantuan perahu dalam bentuk Viber. Apalagi menurut penuturan Ketua PCM Lekok ketika perahu dari kayu itu bocor maka nelayan tidak bisa melaut dan berakibat pada sumber penghasilannya” kata Aditio ketika menjelaskan maksud bantuan tersebut.

“Sementara ini kami coba dengan bantuan 1 unit perahu untuk meningkatkan kesejahteran nelayan binaan Muhammadiyah di Lekok. Ke depan semoga bisa berkembang lagi. Kami juga berharap nanti bisa terbentuk Kelompok Nelayan binaan Muhammadiyah di Lekok untuk pengembangan program pemberdayaan ekonomi masyarakat. Dengan adanya kelompok binaan maka aspirasi warga nelayan akan dapat terwadahi dan bisa memecahkan problematikanya” ungkap Aditio.

“Perahu ini selain digunakan melaut mencari ikan, juga dapat dimanfaatkan untuk respon cepat ketika ada bencana alam, seperti rob atau air laut naik ke daratan dan menggenangi perkampungan nelayan. Dengan perahu Viber yang ringan dan bisa melaju relatif cepat ini kegiatan tanggap dan respon bencana dapat dengan mudah teratasi,” ujar Aditio menambahkan.

Azizi mewakili PCM Lekok mengucapkan terima kasih atas bantuan tersebut dan akan dikoordinasikan dengan PCM serta kelompok Nelayan binaan Muhammadiyah di kecamatan Lekok.

“Insya Allah dengan bantuan perahu semoga dapat meningkatkan kesejahteraan nelayan di Lekok. Terima kasih kepada LAZISMU Jawa Timur” kata Azizi ketika menerima secara simbolis bantuan perahu di gedung Muhammadiyah Jatim.

Rencananya pada hari Sabtu tanggal 20 Mei 2023 mendatang perahu motor tersebut akan dilaunching untuk bisa dioperasionalkan bagi Nelayan di lautan perairan kecamatan Lekok. Kelompok Nelayan yang direncanakan juga akan dijajagi untuk bisa terbentuk. (Ddt).

Proses pengiriman Bantuan Perahu Motor LAZISMU untuk Kelompok Nelayan binaan PCM Lekok, di Kabupaten Pasuruan..

Yuk, berpartisipasi dalam gerakan pemberdayaan ekonomi masyarakat..

Rekening Donasi Infaq untuk Pemberdayaan Ekonomi

  • Bank Muamalat No. 7710023252 a/n LAZIS MUHAMMADIYAH JATIM (BankZiska)

Konfirmasi Donasi

  • Transfer : 0851-5606-3595
  • Informasi : 0851-6170-2078

Baca Kabar lainnya

Profil

Donasi

Layanan

Daftar