Berbagi Kegembiraan Dalam Aksi Bersama Untuk Sesama di Tempursari, Lumajang

Media sosial

Sekitar 500 orang warga di selatan Lumajang tepatnya di Dusun Halimo Desa Kaliuling dan Desa Tegalrejo Kecamatan Tempursari, merasa gembira dan cerah ceria. Mereka mendapatkan santunan sembako, sarung, mukena, alat tulis, kursi roda dan juga layanan kesehatan gratis dari Lazismu.

Lazismu Kabupaten Lumajang bersama dengan Lazismu Wilayah Jawa Timur pada senin malam (30 April 2018) menyapa warga di lereng Gunung Semeru. Pada selasa pagi (1 Mei 2018) Lazismu berada di pantai Selatan Lumajang dalam kegiatan safari dakwah dan bakti sosial.

Perjalanan dari kota Lumajang menuju lokasi memakan waktu agak lama, yakni selama 4 jam, mengingat kondisi medan di hutan, perbukitan dan pegunungan yang mengharuskan kendaraan ekstra hati-hati dalam berjalan. Banyaknya tanjakan dan tikungan tajam serta jalan yang sempit ditambah ancaman tebing rawan longsor dan jurang membuat kendaraan tidak dapat berjalan dengan cepat.

Sampai di lereng Gunung Semeru, tepatnya di desa Dusun Halimo Desa Kaliuling pada malam hari, Lazismu menyemarakkan Pengajian Ranting Muhammadiyah yang diisi oleh ustadz Suharyo, Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Lumajang. Puluhan warga desa menghadiri pengajian itu dan belasan Lansia dan warga Dhuafa di dusun itu mendapatkan santunan berupa bingkisan sembako dan kornet dari Lazismu. Santunan tersebut diserahkan oleh ustadz Zainul Muslimin (Ketua Lazismu Jatim), Suharyo (Ketua PDM Lumajang) dan Muari (Ketua Lazismu Lumajang). Takmir Masjid al-Falah, sebagai tuan rumah Pengajian tersebut, juga mendapatkan bantuan dana operasional untuk Masjid dari Lazismu.

Keesokan harinya di Desa Tegalrejo Kecamatan Tempursari, kawasan di pantai Selatan Kabupaten Lumajang diadakan berbagai kegiatan, seperti Pengajian Dhuha, Bakti Sosial dan layanan pemeriksaan kesehatan.

Sebanyak 300 tali asih berupa paket Sembako dibagikan di acara Baksos dan ratusan orang warga dhuafa’ dan mustahik di desa itu mendapatkan layanan kesehatan. Sementara layanan kesehatan yang diadakan terbuka untuk semua warga. Bukan hanya warga, tetapi sejumlah kepala desa dan aparat ikut menikmati layanan kesehatan gratis yang diadakan oleh Klinik Muhammadiyah berkolaborasi dengan Lazismu.

Diantara yang mendapat tali asih itu adalah siswa, anak yatim, warga dhuafa’, guru ngaji, takmir masjid dan mustahik lainnya. Selain paket sembako mereka juga memperoleh alat Sholat seperti sarung dan sajadah serta kornet dan rendang dalam kemasan keleng. Kornet dan rendang kaleng tersebut merupakan produk qurban dari Lazismu Jatim yang ditujukan kepada warga dhuafa’ di kawasan terpencil dan pelosok.

Pada sisi lain juga diadakan pembagian 500 kaleng infaq dalam program Filantropi 3S, yaitu Sehari Sedekah Seribu kepada warga, guru, karyawan AUM, takmir Masjid, PNS dan lain sebagainya. Dengan kaleng infaq tersebut diharapkan terkumpul sejumlah dana rutin untuk menopang berbagai kegiatan dakwah dan sosial yang dilakukan oleh Lazismu khususnya di Kabupaten Lumajang. (Hryo/Adit).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
ada pertanyaan?
Lazismu Jatim
Assalamualikum, adakah yang bisa saya bantu?