Rakerwil Lazismu se-Jatim 2021 Bersiap dengan Aksi Filantropi Digital Menghadapi Perubahan Masyarakat Baru yang Fenomenal

Media sosial

Perubahan yang semakin cepat dan dahsyat harus diantisipasi semaksimal mungkin dan dimutakhirkan dalam meresponnya agar gerak langkah menjadi searah dengan perkembangan dan dinamika yang juga makin melesat. Pandemi Covid-19 dan perkembangan teknologi menjadi sebuah keniscayaan untuk dihadapi dengan seksama.

Masyarakat semakin terdidik untuk memilih mana yang terbaik menjadi pilihan untuk beramal. Karena kehidupan ini semakin dinamis dan masyarakat ingin dapat bertindak secara cepat dan tepat. Hal itu didukung dengan kesadaran masa kini guna memiliki literasi teknologi digital yang lebih besar dan lebih tinggi dibanding dengan masa-masa sebelumnya.

Masyarakat di Indonesia dikenal sebagai paling dermawan dan suka memberi. Masyarakat suka berderma, baik secara langsung maupun melalui institusi organisasi atau lembaga. Namun kini masyarakat yang semakin maju lebih memberikan kepercayaan kepada keberlanjutan sistem yang kuat dan akuntabel daripada orang atau individu.

Masyarakat masa kini ingin membuktikan sendiri secara langsung kredibilitas sebuah organisasi atau lembaga dengan mengakses secara cepat data, kinerja dan kemajuannya. Itulah filantropi masyarakat baru yang perlu mendapat perhatian dan respon dari organisasi masyarakat atau lembaga sosial, tak terkecuali LAZISMU sebagai lembaga amil zakat berskala nasional yang jaringannya secara struktural dan jejaring (network) tersebar di seantero tanah air dan juga dunia.

Mengawali tahun 2021 berbagai langkah perencanaan pencapaian keinerja lembaga dilakukan oleh LAZISMU wilayah Jawa Timur. Salah satunya adalah dengan menggelar Rapat Kerja Wilayah (RAKERWIL) LAZISMU se-JAWA TIMUR tahun 2021. Rakerwil diadakan sebagai upaya untuk memperkuat konsolidasi lembaga, sinergi dan akuntabilitas LAZISMU se Wilayah Jawa Timur.

Rakerwil dilaksanakan selama 2 hari secara daring (online), 6-7 Februari 2021, yang diikuti oleh seluruh Badan Pengurus (BP) dan Pelaksana LAZISMU Daerah dan kantor layanan se-Jawa Timur. Kegiatan Rakerwil dipancarsiarkan dari meeting room Fave Hotel Sidoarjo. Pembukaan akan disiarkan secara live streaming melalui kanal youtube Amil Lazismu Jatim.

Tema Rakerwil adalah “Digitalisasi Filantropi Untuk Penguatan Tata Kelola Lazismu dan Pencapaian SDGs”. Tema ini dimaksudkan sebagai sebuah kesiapan LAZISMU untuk menuju ke arah penghimpunan dana ZISKA secara digital guna memperkuat tata kelola lembaga dalam rangka mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan.

Menurut drh Zainul Muslimin, Ketua LAZISMU wilayah Jawa Timur, tata kelola LAZISMU harus terus ditingkatkan. Mulai dari kemampuan manajerial, kemampuan perencanaan, kemampuan manajemen program, kemampuan menyusun agenda strategis, kemampuan mengelola tim, dan lain-lain.

Amil-amil Lazismu harus semakin sadar dengan angka, fakta, dan data. Kesadaran angka adalah kesadaran penting untuk memutuskan sesuatu dengan tepat. Dengan digital fundraising yang dipadukan dengan literasi angka, gerakan dan pencapaian Lazismu dapat semakin terukur dan terarah, tambahnya.

Oleh karena itu Rakerwil kali ini diharapkan dapat membuat LAZISMU menjadi semakin solid. Selain itu, diharapkan pula agar ada peningkatan dari jumlah penghimpunan, penyaluran, pendayagunaan dan munculnya kebijakan-kebijakan yang bisa mengakselerasi LAZISMU sebagai organisasi pengelola zakat nasional di area Wilayah Jawa Timur.

“Dengan Rakerwil ini LAZISMU se-Jatim bersiap menghadapi masyarakat baru Jawa Timur yang semakin maju dan dinamis” pungkas Zainul. (Adit)

[divider]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
ada pertanyaan?
Lazismu Jatim
Assalamualikum, adakah yang bisa saya bantu?