Search
Close this search box.
Whatsapp Chat
Konsultasikan Zakat Anda kepada Kami

Bondowoso Diterjang Angin Puting Beliung, LAZISMU Bersama Alfamart Gerak Cepat Kirimkan Paket Bantuan Sembako

Pada Selasa malam tanggal 13 Desember 2022 kabupaten Bondowoso diterjang angin puting beliung. Angin ribut yang merusak perkampungan penduduk itu terjadi di dusun Curalampit, desa Wonosari, kecamatan Grujugan. Tidak ada korban jiwa, namun kerugian materiil menimpa warga penduduk desa itu.

Di RT 17 sebanyak 8 Rumah rusak ringan, di RT 18 1 Rumah rusak ringan dan 1 Rumah rusak berat. Kejadian terparah di RT 20; 60 rumah rusak ringan, 2 rumah rusak berat, dan 3 Rumah rusak sedang. Seorang korban atas nama Sagima (65 tahun) luka sedang tertimpa rumah roboh. Ia sudah dibawa ke Puskesmas Grujugan. Sementara itu 5 pohon tumbang menutup akses jalan desa dan terdapat 25 pohon tumbang yang menimpa rumah warga.

Merespon peristiwa itu Lembaga Amil Zakat Infaq dan Shadaqah Muhammadiyah (LAZISMU) dan Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) kabupaten Bondowoso segera terjun ke lokasi dan mengasesmen kondisi warga terdampak. LAZISMU juga memberikan pertolongan angkutan Ambulance kepada korban luka tertimpa rumah roboh untuk dibawa ke Puskesmas terdekat.

Menurut Suradi Ilham Wakil Ketua LAZISMU Bondowoso, sebagian besar warga terdampak angin puting beliung berada dalam kondisi masyarakat yang kurang mampu. Sehingga diperlukan pemberian bantuan darurat untuk memenuhi kebutuhan pokok, mengingat rumah-rumah mereka mengalami kerusakan baik ringan, sedang dan berat akibat terjangan angin puting beliung.

Setelah berkoordinasi dengan dengan perangkat desa guna memperoleh data-data yang lebih lengkap LAZISMU Situbondo segera menghubungi Kantor Perwakilan Wilayah Jatim guna memberikan respon cepat memberikan bantuan yang diperlukan warga. Akhirnya diputuskan oleh LAZISMU KP wilayah Jatim untuk mengirimkan paket bantuan Sembako kepada warga terdampak.

Bantuan Sembako tersebut merupakan cadangan logistik kebencanaan yang sudah tersedia di Gedung Kemanusiaan LAZISMU Jatim yang terletak di Buduran, Sidoarjo. Cadangan kebencanaan itu bisa dikeluarkan sewaktu-waktu guna menanggapi peristiwa bencana di tanah air, terutama di Jawa Timur. Aksi ini juga berkat kerjasama yang erat antara LAZISMU (Pusat) dalam program CSR bersama dengan Alfamart, salah satu perusahaan ritel terbesar di Indonesia.

Tepat pada hari Kamis sore, 15 Desember 2022 dilakukan proses penyerahan bantuan dari LAZISMU kepada warga terdampak di lokasi bencana. Sebanyak 75 KK menerima bantuan Sembako senilai Rp 186.000,- per paket yang tediri dari beras, minyak goreng, gula, teh, kopi, ikan sardin dalam kaleng dan telur. Pengurus LAZISMU dan Relawan MDMC menuju ke lokasi desa terdampak guna penyerahan secara langsung tersebut. Walau diserahkan secara langsung kepada penerima manfaat, pemberian paket bantuan itu juga sudah dikoordinasikan dengan kepala desa, kepala dusun dan tokoh masyarakat setempat. (Adt)

Baca Kabar lainnya

Profil

Donasi

Layanan

Daftar