Ada Pertanyaan ?

Hubungi 031-8437191

Budi Suryanto

Sering dalam beberapa pembicaraan dengan para rekan kerja, client maupun sahabat – sahabat yang bertanya kepada saya.. apakah Pak Budi selalu semangat ? apa jawaban saya… tidak juga – saya pernah tidak semangat, tetapi biasanya itu hanya berlangsung beberapa menit dan tidak terlalu sering.

Disini saya akan berbagi pengalaman bagaimana agar semangat hidup kita tetap hidup dan tidak mudah redup tetap selalu membara

Pertama, saya selalu terus “Menghidupkan” mimpi-mimpi yang ingin saya wujudkan dalam hidup setiap hari. Menjelang subuh atau usai sholat subuh saya selalu membayangkan Mimpi & Misi hidup yang sudah saya buat – betapa banyak orang yang bisa tersenyum, betapa banyak orang yang bisa hidupnya semakin berarti.

Apakah punya “mimpi” menjadikan semangat hidup kita selalu terjaga? Belum tentu. Bila mimpi-mimpi yang ingin Anda raih hanya tentang diri Anda. Mimpi hidup tidak boleh egois. Mimpi hidup juga harus “menghidupkan” orang lain, memberi manfaat untuk orang-orang di sekitar Anda.

Buatlah mimpi hidup yang semula hanya tentang perolehan benda-benda dan kemewahan duniawi misal rumah mewah, mobil mewah, liburan ke luar negeri,  menjadi sesuatu yang mengandung prestasi, Seperti saat saya masih menjadi karyawan di salah satu perusahaan multinasional yaitu “Sebagai Manager Marketing bagaimana bisa membawa performance wilayah menjadi yang terbaik” dan hasilnya di beberapa area tersebut berhasil mendapat penghargaan sebagai “The Best Area Performance”.

Pastikan juga “mimpi” hidup Anda itu tentang sesuatu yang bisa Anda banggakan di hadapan Allah, menjadi bekal di kehidupan setelah dunia. Sadarilah, ketika Anda ingin mewujudkan mimpi-mimpi Anda itu adalah ibadah yang mendatangkan cinta-Nya kepada Anda. Yakinilah bahwa Sang Maha Tahu akan membantu mewujudkan mimpi-mimpi itu. Anda tidak sendirian, ada Sang Maha Kuasa yang menemani Anda mewujudkan mimpi-mimpi itu.

Apakah Anda sudah punya mimpi ? Kalau belum segeralah dibuat. Bila sudah, periksalah kembali mimpi-mimpi hidup Anda. Siapakah pemetik manfaat bila mimpi-mimpi Anda terwujud ? Apakah orang-orang yang mencintai Anda semakin bangga kepada Anda bila mimpi itu terlaksana? Apakah mimpi itu juga layak Anda jadikan bekal untuk kehidupan akhirat?

Tetapkanlah mimpi hidup yang menantang dan bernyali sebagai pondasi menghidupkan semangat Anda. Ibarat naik taksi, Anda harus menetapkan tujuan. Bila tidak memiliki tujuan, taksi berjalan tanpa arah sementara argo terus berjalan. Inginkah hidup Anda seperti itu?

Kedua adalah Focus, biasakanlah melakukan satu pekerjaan dalam satu waktu. Jangan biasakan melakukan multitasking alias melakukan banyak pekerjaan dalam waktu yang bersamaan, karena hal ini akan mempercepat kita lelah & mengurangi semangat. Misal saat bekerja di depan komputer maka bekerjalah dengan focus, jangan “mencuri-curi” waktu bermain game atau berselancar di dunia maya, termasuk saat ngobrol ataupun berdiskusi dengan orang lain kerahkanlah energi Anda untuk mereka bukan disambi bermain handphone ataupun Sosmed.

Ketiga, bergaullah dengan pribadi -pribadi yang “berenergi” tinggi. Bagaimana dengan sahabat di sekitar Anda ? apakah teman2 yang semangat? Atau teman yang sering mengeluh? pastinya, kondisi diri Anda bisa dilihat dari siapa teman-teman Anda. Anda bisa memulai dengan kehidupan di sosmed dengan follow orang-orang yang berenergi positip dan unfollow akun yang isinya keluh kesah, galau dan hal – hal negatif lainnya.

Coba lakukan ketiga hal diatas – insya Allah akan muncul satu generasi pencerah yang mempunyai semangat mencerahkan umat.

Budi Suryanto, Pengusaha dan Anggota Pengurus Lazismu Jatim

 

Tags :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *