Search
Close this search box.
Whatsapp Chat
Konsultasikan Zakat Anda kepada Kami

Ceria Bersama Bocil dalam Pesantren Cilik, Sinergi LAZISMU Jatim & IMM Unesa Surabaya

Ahad siang bakda Dhuhur di sebuah Masjid di kawasan Putat Indah Surabaya terlihat berbeda dari biasanya. Masjid yang berada di ujung perumahan Putat Indah itu sangat ramai dengan anak-anak kecil usia sekolah TK-SD. Riuh rendah suara bocah cilik memeriahkan suasana Masjid dan memecah keheningan siang bolong yang biasanya sunyi sepi.

Pada sudut Masjid tampak sekelompok anak yang saling bersenda gurau dengan sesama temannya. Pada sisi Masjid lainnya ada yang tengah loncat-loncat sambil berteriak-teriak penuh kegirangan. Sementara di tengah ada yang berlari-larian dan berputar-putar dengan riangnya. Sedangkan sebagian lainnya duduk-duduk dengan senyum tawa ceria melihat tingkah polah teman-temannya itu. Suasana sangat ramai, riuh dan berisik. Seakan Masjid mau pecah. Namun sebentar saja anak-anak cilik bisa tertib dan teratur manakala Panitia mengatur dan menenangkan mereka.

Dalam sekejap mereka bisa duduk teratur dan acara pun dimulai. Ustadz yang mengisi acara telah hadir guna menyampaikan materi tentang penguatan agama Islam dan kerohanian. Materi tidak melulu ceramah agama. Ada kisah cerita, ada tebak jawab, ada narasi jenaka, ada pula dialog dengan canda tawa. Tak lupa games dan aneka permainan mendidik menambah semaraknya acara. Ustadz Munahar dari Majelis Tabligh Muhammadiyah memandu Pesantren Cilik siang itu dengan membuat para bocah imut itu antusias, cerah ceria dan riang gembira. Tak terasa adzan Ashar pun berkumandang. Acara jeda sebentar untuk Sholat Ashar.

Itulah sekelumit keceriaan dalam kegiatan Pesantren Cilik yang berlangsung di Masjid al-Fajr perumahan Putat Indah, Jl Putat Indah Tengah I no 34, Putat Gede, kawasan Dukuh Pakis, kota Surabaya (09/04/23). Kegiatan ini merupakan sinergi bersama LAZISMU KP Jatim dengan para insan calon cendekia yang tergabung dalam Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Korkom Universitas Negeri Surabaya (Unesa).

Peserta Pesantren Cilik ini adalah anak-anak santri TPQ yang biasanya mengaji setiap sore hari di Masjid al-Fajr. Mereka tinggal di perkampungan sekitar Masjid perumahan itu. Ada pula anak-anak warga perumahan Putat Indah yang ikut serta. Total terdapat 35 anak memeriahkan momen seru sore itu. Tentunya acara tersebut dalam rangka menyemarakkan bulan Ramadhan 1444 Hijriyah dengan kegiatan yang menumbuhkan ghirah dan spirit dalam beragama bagi anak-anak.

Kegiatan sore itu terus berlangsung hingga saat berbuka puasa. Setelah materi utama yang disampaikan oleh ustadz Munahar, materi selanjutnya diisi oleh para mahasiswa dari IMM Korkom Unesa. Acara diisi dengan lomba mewarnai gambar dan aneka kuis dengan hadiah door prise yang menarik bagi anak-anak. Hadiah diberikan kepada pemenang lomba mewarnai gambar dan siapa saja yang bisa menjawab pertanyaan kuis dari kakak-kakak mahasiswa dan mahasiswi Unesa. Seru-seruan pun berakhir hingga 30 menit menjelang Maghrib.

Guna menyediakan sajian santap berbuka puasa, Tim LAZISMU KP Jatim mengerahkan Food Truck Kendara Saji Makanan. Masakan nasi, rawon iga, tempe goreng gurih, sambal dan kerupuk menjadi menu berbuka puasa yang dimasak langsung oleh Tim Food Truck, mulai dari siang hari hingga sore. Tidak hanya itu, aneka kudapan dan minuman segar menjadi syarat pembatal puasa yang hadir di Masjid itu.

Kendaraan Food Truck ini yang biasa menjadi andalan LAZISMU sebagai Dapur Umum bergerak pada saat tanggap bencana. Ketika tidak ada momen kebencanaan, Food Truck tetap beraksi untuk aksi Jumat Berkah dan berbagi hidangan gratis pada even giat Persyarikatan Muhammadiyah, kegiatan Masjid dan acara kemasyarakatan lainnya.

Pada sore itu sebanyak 150 porsi menu hidangan buka puasa ludes dilahap oleh para peserta Pesantren Cilik, jamaah Masjid dan Tim Panitia. Tidak hanya itu, pada sore itu di Masjid al-Fajr juga diadakan Pesantren Lansia yang dilangsungkan secara terpisah ruangannya. Alhamdulillah, semua bisa menikmati sajian berbuka puasa yang disiapkan oleh Tim Kendara Saji Makanan LAZISMU KP Jatim. Semua pun riang gembira manakala Tim LAZISMU memberikan bingkisan Kado Ramadhan untuk dibawa pulang. (Adt)

Klik short videonya :

Baca Kabar lainnya

Profil

Donasi

Layanan

Daftar