Di Hadapan Ratusan Hadirin Relawan Kemanusiaan Kabupaten Probolinggo Ini Mengucap Janji

Media sosial

Keberadaan relawan sangat penting dan vital guna mendukung tugas-tugas kemanusiaan. Sebagaimana diketahui bahwa negeri kita adalah kawasan yang rawan bencana, baik bencana alam maupun bencana kemanusiaan.

Relawan memegang peranan penting guna diterjunkan ke kawasan yang rawan dan berbahaya guna memberikan pertolongan kepada korban bencana dalam jangka waktu tertentu. Untuk itu dibutuhkan korps relawan Muhammadiyah yang kuat, tangguh dan berdedikasi yang tergabung dalam Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC).

Menyadari pentingnya hal itu Muhammadiyah kabupaten Probolinggo yang didukung LAZISMU merapatkan barisan dengan membentuk satuan MDMC di tingkat daerah. Pada selasa malam, 27 Februari 2019 bertempat di Hall Lila Catering Probolinggo dilaksanakan pelantikan pimpinan dan anggota MDMC atau lembaga penanggulangan bencana kabupaten Probolinggo.

Di hadapan sekitar 500 orang hadirin pengajian Muhammadiyah kabupaten Probolinggo ke20 relawan kemanusiaan itu mengucapkan janji pelantikan dan berkomitmen untuk siap sedia dan bersiaga setiap waktu terjun dalam kondisi apapun jika terjadi bencana, baik di tingkat lokal, regional dan nasional.

Menurut Ahmad Ridho Pambudi, ketua Lazismu kabupaten Probolinggo, walau secara kelembagaan dan struktural agak lambat, keberadaan MDMC tetap dirindukan. Para relawan yang sebagian besar adalah anak muda tampak bersemangat dan menggebu-gebu untuk berkiprah mendarmabaktikan dirinya menjadi insan penolong yang tanggap dan peduli terhadap masalah kemanusiaan.

Ridho mengungkapkan bahwa walaupun belum ada lembaganya para relawan Muhammadiyah kabupaten Probolinggo bersama Lazismu sudah bergerak dalam berbagai aksi kebencanaan baik di kawasan Probolinggo sendiri, beberapa daerah hingga lintas provinsi, seperti di Lombok NTB.

Pada kesempatan itu tidak hanya pimpinan daerah Muhammadiyah kabupaten Probolinggo saja yang mengapresiasi terbentuknya MDMC. Sebelum menyampaikan tausiyah Nadjib Hamid, MSi., Wakil ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Timur turut menyemangati para relawan dan memberikan ucapan selamat atas pelantikan mereka.

Nadjib mengharapkan agar para relawan siap siaga dan ikhlas menerima tugas-tugas kemanusiaan menolong kaum mustadhafin yang menjadi ciri khas gerakan filantropi Muhammadiyah yang didirikan oleh KH Ahmad Dahlan. “Semoga semangat Al-Ma’un senantiasa terpatri dalam segenap sanubari insan Muhammadiyah di kabupaten Probolinggo” pungkas Nadjib. (Adit)

[divider]

MARI berdonasi melalui Lazismu..

Rekening Lazismu

Jeniz ZIS Bank Norek Nama Rek
ZAKAT BSM 99398 1 31 00 0 00000 Zakat LAZISMU Kab Probolinggo
BMI 76630 1 31 00 0 00000 Zakat LAZISMU Kab Probolinggo
INFAQ & SHODAQOH BSM 99398 2 31 00 0 00000 Infaq LAZISMU Kab Probolinggo
BMI 76640 2 31 00 0 00000 Infaq LAZISMU Kab Probolinggo
KEMANUSIAAN BSM 99398 3 31 00 0 00000 Humanity LAZISMU Kab Proboling
BMI 76650 3 31 00 0 00000 Humanity LAZISMU Kab Proboling
QURBAN BMI 77250 4 31 00 0 00000 Qurban LAZISMU Kab Probolinggo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
ada pertanyaan?
Lazismu Jatim
Assalamualikum, adakah yang bisa saya bantu?