Donasi Rakyat Indonesia Untuk Palestina Melalui Lazismu Dialokasikan Dalam Berbagai Program

Media sosial

Alhamdulillah, penghimpunan dana untuk Palestina melalui Lazis Muhammadiyah (Lazismu) se-Jawa Timur terkumpul sebesar Rp 9,5 Milyar dan total se-Nasional Rp 32,5 Milyar. Donasi tersebut kini mulai dialokasikan untuk berbagai program Lazismu di Palestina.

Menurut Direktur Fundraising Lazismu Pimpinan Pusat Muhammadiyah Edi Muktiyono, sebagaimana dimuat dalam website www.lazismu.org (Rabu, 9/6/2021), menyatakan bahwa Lazismu memiliki program jangka pendek, jangka menengah, dan jangka panjang.

Program jangka pendek, menurut keterangan Edi, akan diwujudkan dalam bentuk makanan pokok, obat-obatan, tangan dan kaki palsu, air bersih, sembako, dan lain-lain.

“Pertama, rakyat Palestina berterima kasih atas bantuan dari rakyat Indonesia melalui Lazismu. Selanjutnya bantuan yang terhimpun akan disalurkan dalam program jangka pendek, menengah dan jangka panjang. Untuk jangka pendek akan diwujudkan dalam bentuk makanan pokok, obat-obatan, tangan dan kaki palsu, air bersih, sembako, dan lain-lain” kata Edi.

“Dalam program jangka menengah, Lazismu akan memberikan bantuan alat kesehatan yang dibutuhkan di rumah sakit-rumah sakit yang ada di Palestina. Termasuk membelikan mobil ambulans yang sangat dibutuhkan untuk mengevakuasi korban. Mengingat konflik Palestina adalah konflik berkepanjangan,” jelasnya.

Untuk jangka panjang, Lazismu akan membangun fasilitas kesehatan seperti klinik, baik di Gaza maupun di Tepi Barat, Palestina.

“Yang sudah dilakukan Lazismu bersama Majelis Ulama Indonesia (MUI) adalah pembangunan rumah sakit di Tepi Barat. Sudah bekerja sama dengan Walikota Hebron. Saat ini tinggal realisasi dan peletakan batu pertama,” imbuhnya.

Ia menyebut hingga hari ini Lazismu sudah melakukan beberapa kegiatan, seperti menurunkan relawan untuk melaksanakan beberapa program dan penyerahan mobil ambulan medis. Selain itu, Lazismu akan mengirimkan para relawan guna membawa berbagai bantuan yang terkumpul untuk disalurkan kepada rakyat Palestina.

“InsyaAllah, seluruh donasi akan kami salurkan kepada sasaran penerima sesuai amanah, tentunya bekerjasama dengan para mitra yang ada di Palestina” pungkasnya. (Ad)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
ada pertanyaan?
Lazismu Jatim
Assalamualikum, adakah yang bisa saya bantu?