Ada Pertanyaan ?

Hubungi 031-8437191

Segala puji bagi Allah Swt. Kami memuji-NYA, memohon pertolongan dan ampunan kepada-NYA. Kami berlindung kepada-NYA dari segala macam kejelekan yang ada pada diri kami dan dari segala perbuatan buruk kami.

Di tengah upaya pemerataan pembangunan ternyata di sana-sini menyisakan persoalan kemiskinan dan kesenjangan ekonomi sebagai dampak dari pembangunan itu sendiri. Ada cara yang paling ampuh agar kesenjangan itu tidak semakin dalam, Allah Swt memerintahkan kepada orang-orang yang beriman untuk menunaikan atau membayar zakat.

Zakat akan menjadi alat yang sangat ampuh agar redistribusi aset dari yang kaya kepada yang miskin itu terjadi nyata. Perintahnya sangat jelas agar zakat itu ada yang mengambil atau memungutnya dari para muzakki sehingga potensi zakat yang sedemikian besar itu bisa terealisasi. Untuk itu tentu dibutuhkan sangat banyak Amil yang kredibel, amanah, akuntabel dan profesional. Untuk itu semua Lazismu lahir dan hadir guna berkiprah mengemban amanah umat.

Sebagai pejuang penegak syari’at Allah Swt utamanya dalam menegakkan syari’at berzakat, tentu para Amil sudah sepantasnya menjadi orang-orang sangat dekat kepada Allah Yang Maha Kuat, karena dipastikan cobaan dan tantangan akan terus datang menghadang. Memang sudah jamaknya demikian di dalam upaya menegakkan syari’at Allah Swt pasti ada tantangan dan halangannya.

Selanjutnya agar peran Amil sebagai jembatan dan ataupun sebagai tulang punggung “Redistribusi Asset” sekaligus agar potensi zakat bisa tergali, maka Amil harus menjadi para pejuang yang gigih yang bisa masuk ke manapun. Masyarakat aghniya’ yang menjadi potensi sekaligus sumber zakat, infak dan shodaqoh pula harus disapa, disilaturrahimi dan diselami agar mereka ikut peduli pada kehidupan masyarakat bawah, para dhuafa; fuqara dan masakin.

Marilah kehadiran sekaligus kiprah Lazismu ini kita jadikan upaya yang efektif dan efisien di dalam upaya penegakan syari’at Allah Swt, khususnya dalam hal penegakan syari’at zakat, sekaligus pula seiring dengan program pemerintah di dalam upaya pengentasan kemiskinan. Riak-riak yang muncul akibat kesenjangan ekonomi dan kemakmuran yang kemungkinan bisa saja meledak ketika tidak upaya yang sungguh-sungguh, yang efektif dalam penanganan kemiskinan tersebut.

Untuk itu peran Amil, para pejuang zakat Lazismu sangat diharapkan kiprah nyatanya di masyarakat. Selamat dan se-mangat berjuang, semoga Allah Swt. senan-tiasa mengiringi perjuangan kita semua. Aamiin.

(Ketua Lazismu Jawa Timur).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *