drh. Zainul Muslimin : “Doa, Donasi dan Aksi Nyata, Bukti Keimanan dan Ketaqwaan Kita”

Media sosial

Akhir bulan September 2018 lalu kita sungguh terkejut dan serasa hati ini sedih manakala menyaksikan pemberitaan di media elektronik dan juga tebaran informasi dan visual di media sosial bahwa bencana gempa bumi kembali mengguncang tanah air kita. Bukan di Lombok atau Sumbawa NTB yang sedang kita (Lazismu) tangani reconstruction and recovery-nya, melainkan di pulau Sulawesi, tepatnya di Sulawesi Tengah.

Warga Palu dan Donggala pada jumat sore, 28 September 2018 itu tentu tidak mengira akan mendapatkan musibah yang begitu dahsyat. Gempa bumi 7,7 Sekala Richter, disusul dengan tsunami dan diselingi dengan pergeseran tanah yang mengerikan dan melibas segala bangunan yang ada. Peringatan sudah diberikan oleh badan yang berwenang. Namun kita tidak bisa mengira dan menduga akan seberapa dahsyatnya bencana yang akan datang.

Dalam cobaan dan derita yang paling pedih sekalipun rasanya tak pernah kering air mata kita. Walau sebanyak apapun air mata itu menetes, mari kita coba teteskan sedikit saja air mata kita beriringkan lantunan doa, dzikir dan istighfar kepadaNya.

Kita berdoa semoga Allah SWT senantiasa merahmati dan menyertai hati para korban bencana itu sehingga mereka tidak akan berpaling apalagi kufur kepadaNya. Kita berdoa semoga mereka mampu bersabar, tabah dan tangguh atas musibah yang menimpa. Kita juga berdoa agar musibah ini dapat segera berlalu dan masyarakat dapat pulih kembali seperti sedia kala.

Kita juga beristighfar atas segala perbuatan dan tindakan yang telah kita lakukan, justru membuat kerusakan dan kemungkaran bertambah parah. Kita beristighfar kepadaNya atas segala dosa yang telah kita perbuat membuatNya marah dan murka. Namun doa saja tidaklah cukup. Harus ada langkah kongkrit.

Doa dan Donasi Kita Untuk Palu dan Donggala.

kehadiran sosial media sungguh memberikan efek yang besar bagi masyarakat. Kita bisa tahun kejadian dimanapun dalam sekejap mata. Namun kita juga akan menemui keburukan juga dalam kedipan mata. Terkait dengan kejadian gempa bumi dan bencana lainnya harus segera disudahi berbagai informasi dan cerita yang tidak benar.

STOP nyinyir dan bully, apalagi caci maki kepada pihak manapun yang terkait dan atau dikaitkan dengan adanya kejadian bencana. Ujaran buruk itu apabila terus-menerus dilontarkan justru akan tambah memperburuk suasana. Harus kita sudahi dan kita ganti dengan sebuah solusi.

Allah SWT, Tuhan yang Maha Besar, yang Maha Perkasa lagi Maha Penyayang. Dengan mengucap Bismillah mari kita wujudkan doa kita yang baik dengan solusi yang baik pula, yaitu ber-DONASI, memberi untuk negeri.

Untuk urusan persoalan bangsa tentu tidak ada siapa yang paling penting karena semua itu adalah aksi bersama untuk sesama. Dengan berdonasi membantu mereka yang sedang tertimpa musibah itu merupakan salah satu solusi yang tepat. Semua aksi tebar manfaat untuk persoalan bangsa yang disesuaikan dengan kapasitas dan kemampuan puncak kita masing-masing adalah penting.

Untuk Saudara-saudara kita yang mengalami musibah gempa bumi dan tsunami di Sulawesi Tengah, Dr. M. Saad Ibrahim, Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jawa Timur telah menghimbau agar ummat Islam, khususnya anggota dan keluarga besar organisasi ini agar memberikan bantuan, donasi dan doa. Syukur jika ada yang mampu beraksi menjadi relawan. Donasi disalurkan melalui Lazismu, baik di kantor Pusat, Wilayah maupun Daerah hingga kantor layanan di seluruh negeri.

Semoga Allah SWT memberikan ketabahan dan kesabaran kepada saudara-saudara kita di Sulawesi Tengah, dan memberi keluasan rizki kepada kita untuk dapat membantu mereka. Doa memang sangat penting, tapi donasi dan aksi kita juga sangat penting sebagai bukti nyata bahwa kita adalah bersaudara. Mari beraksi bersama untuk sesama.

Doa, dan sekaligus Aksi nyata untuk saudara kita yang tertimpa dan musibah adalah bukti kualitas keimanan dan ketaqwaan kita. Bismillah.

drh. Zainul Muslimin, Ketua Lazismu wilayah Jawa Timur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
ada pertanyaan?
Lazismu Jatim
Assalamualikum, adakah yang bisa saya bantu?