Dringu Diserbu Banjir Lagi, Relawan MDMC-Lazismu Kabupaten Probolinggo Bersihkan Posko Agar Berfungsi Kembali

Media sosial

Hujan lebat yang terus terjadi dalam sepekan ini di Kabupaten Probolinggo mengakibatkan banyak desa terendam air. Banjir bandang kiriman yang terjadi di desa Kedungdalem dan Dringu sejak 28 Februari 2021 hingga kini merendam ribuan rumah warga. Endapan lumpur menggunung pun tak terelakkan lagi ketika air surut. Dalam sepekan telah terjadi beberapa kali serbuan air yang merendam desa-desa itu, disertai dengan endapan lumpur.

Sore hari kemarin, 8/3/2021, banjir setinggi dada orang dewasa kembali menggenang di desa Dringu. Warga yang sudah beberapa kali ‘bak terkena serbuan air bah’ itu kembali merasakan rendaman air menggenang rumah mereka. Tentu yang menjadi masalah pasca banjir adalah endapan lumpur. Warga sudah beberapa kali membersihkan rumah dan lingkungannya dari endapan lumpur.

Bantuan Muhammadiyah

Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kabupaten Probolinggo melalui Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) dan Lembaga Amil Zakat, Infaq dan Shodaqoh Muhammadiyah (Lazismu) sesaat setelah banjir pertama melanda beberapa desa di kawasan timur langsung terjun melakukan aksi kemanusiaan. Aksi MDMC-Lazismu untuk membantu meringankan beban warga terdampak dilakukan mulai tanggal 1 hingga 7 Maret 2021.

Menurut Ahmad Ridho Pambudi, Ketua Lazismu Kabupaten Probolinggo, aksi yang dilakukan oleh para Relawan MDMC dan Lazismu itu berupa turut serta bergotong royong dengan aparat dan elemen masyarakat lainnya melakukan bersih-bersih lumpur di desa Dringu. Selain itu MDMC-Lazismu juga mendirikan Posko Dapur Umum di kompleks Lila Catering dan membagikan paket bantuan sembako kepada warga fakir miskin yang terdampak banjir.

Pada banjir yang terjadi lagi kemarin sore juga turut menerjang kompleks Lila Catering yang menjadi Posko Dapur Umum MDMC Lazismu. Sudah selama sepekan Posko Dapur umum menyediakan ribuan nasi bungkus untuk kebutuhan makan bagi warga terdampak di desa Dringu. Sebenarnya, pada 7 Maret lalu Posko sudah ditutup, namun kini berencana akan dibuka kembali menyusul banjir yang terjadi kemarin sore.

“Sebenarnya Posko sudah ditutup karena kami anggap sudah selesai masa tanggap darurat banjir di desa Dringu. Namun akibat banjir kemarin sore kami berencana buka Posko lagi. Kondisi Poskor Kemanusiaan Lazismu-MDMC untuk Banjir Dringu saat ini terendam air dan endapan lumpur” kata Kung Ridho, panggilan akrab Ahmad Ridho Pambudi, ketika turut dalam aksi bersih-bersih Posko di kompleks Lila Catering.

“Kini di areal Posko sedang dilakukan pembersihan oleh para relawan agar bisa segera difungsikan kembali guna membantu warga terdampak banjir. Insya Allah Poskor dan Dapur umum akan dibuka kembali mulai besuk, 10/03/2021, selama 3 hari” tambah Kung Ridho sembari menerima bantuan yang terus mengalir dari berbagai pihak. (Adit)

[divider]

Mari Bantu Saudara Kita yang tertimpa Bencana Alam

Alamat Lazismu Kabupaten Probolinggo : Perumahan Semampir Indah 2 nomor 29 Kraksaan Probolinggo. Call 0852-5821-5358 (Kung Ridho)

Poskor Bencana : Lila Catering, desa Dringu.

Rekening Bank

Jeniz ZIS Bank Norek Nama Rek
ZAKAT BSM 99398 1 31 00 0 00000 Zakat LAZISMU Kab Probolinggo
BMI 76630 1 31 00 0 00000 Zakat LAZISMU Kab Probolinggo
INFAQ & SHODAQOH BSM 99398 2 31 00 0 00000 Infaq LAZISMU Kab Probolinggo
BMI 76640 2 31 00 0 00000 Infaq LAZISMU Kab Probolinggo
KEMANUSIAAN BSM 99398 3 31 00 0 00000 Humanity LAZISMU Kab Proboling
BMI 76650 3 31 00 0 00000 Humanity LAZISMU Kab Proboling

[divider]

Dokumentasi Aksi Dapur Umum dan Posko Bantuan Relawan MDMC dan Lazismu Kabupaten Probolinggo di desa Dringu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
ada pertanyaan?
Lazismu Jatim
Assalamualikum, adakah yang bisa saya bantu?