Search
Close this search box.
Whatsapp Chat
Konsultasikan Zakat Anda kepada Kami

Dukung Pelatihan Antisipasi Kebakaran, LAZISMU Jatim Bantu APAR ke Ponpes MBS Jombang

Musibah bencana tidak hanya banjir, gempa bumi, tsunami, tanah longsor dan sebagainya. Musibah bisa berupa kebakaran, baik secara alami maupun kelalaian manusia. Kebakaran yang terjadi di areal pemukiman, gedung-gedung perkantoran, perdagangan dan fasilitas umum lainnya mengakibatkan kerugian materiil dan bahkan korban Jiwa jika tidak diantisipasi dan ditangani dengan seksama.

Menyadari hal tersebut LAZISMU Jawa Timur dalam rangka gerakan kepedulian meminimalisir terjadinya bencana kebakaran, memberikan bantuan berupa Alat Pemadam Api Ringan (APAR) kepada salah satu lembaga pendidikan Pondok Pesantren (Ponpes) di Jombang, Senin siang (4/3/24). Ponpes yang disasar adalah Muhammadiyah Boarding School (MBS) yang berada di kecamatan Bareng, kabupaten Jombang.

Aditio Yudono, Wakil Ketua LAZISMU wilayah Jatim, hadir bersama Suwanto Ketua LAZISMU kabupaten Jombang beserta staf, menyerahkan bantuan tersebut. Bantuan 6 unit APAR dan 324 kaleng RendangMu, yang merupakan produk Qurban Kemasan LAZISMU Jatim, diserahkan secara simbolis kepada Pengasuh Ponpes MBS Jombang ustadz Nukman.

“Alhamdulillah, pada senin siang ini LAZISMU menyerahkan bantuan sebanyak 6 unit APAR. Dan kita juga membersamai adik-adik santri MBS mengikuti Pelatihan Antisipasi Kebakaran oleh Tim Pemadam Kebakaran (PMK) Pemkab Jombang. Pelatihan ini diselenggarakan dalam rangka mencegah terjadinya kebakaran pada hunian yang sangat padat seperti asrama Pondok ini. Mengingat begitu tingginya resiko terjadi kebakaran pada asrama Pondok Pesantren yang ditinggali oleh ratusan hingga ribuan santri” kata Aditio ketika berada di kantor Ponpes MBS Jombang.

Sementara itu ustadz Nukman selaku pengasuh Pondok Pesantren MBS Jombang menyatakan terima kasih kepada LAZISMU Jatim atas bantuan APAR dan LAZISMU Jombang atas sinergi dan akses untuk mengadakan pelatihan singkat antisipasi kebakaran.

“Alhamdulillah, terima kasih kepada LAZISMU Jatim atas bantuan APAR dan RendangMu-nya dan juga kepada LAZISMU Jombang atas sinerginya dalam pelatihan antisipasi kebakaran dan merintis pembentukan Kantor Layanan LAZISMU di kecamatan Bareng. Siang ini sebanyak 300 santri putra dan putri telah mengikuti pelatihan kilat oleh petugas PMK Jombang dengan sangat antusias,” ucap ustadz Nukman ketika membuka Pelatihan.

Pelatihan ini diberikan secara singkat dan praktis oleh Tim PMK Pemkab Jombang. Teori mitigasi dan antisipasi kebakaran disampaikan selama 60 menit di dalam ruangan Masjid kompleks MBS dan praktiknya selama 60 menit pula, dilakukan di lapangan sepak bola desa setempat yang berjarak sekitar 100 meter dari areal Pondok.

Pada materi praktik para santri diajarkan bagaimana mengantisipasi dan melakukan tindakan rescue jika terjadi kebakaran. Tindakan bisa dilakukan secara manual, dengan menggunakan kain pel basah, menggunakan Alat Pemadam Api Ringan atau APAR hingga membantu petugas PMK memadamkan api dengan mobil penyemprot air. Yang terpenting jika terjadi kebakaran para santri bisa bersikap tenang, tidak panik dan apalagi takut luar biasa. Santri ditekankan untuk melakukan tahap demi tahap langkah penanggulangan kebakaran yang dilatihkan oleh Tim instruktur dari PMK Pemkab Jombang.

Pada akhir kegiatan seluruh santri putra dan putri yang mengikuti kegiatan pelatihan antisipasi kebakaran mendapatkan bingkisan berupa makanan dalam kaleng RendangMu dari LAZISMU Jawa Timur.

“RendangMu ini praktis dan lezat, bisa kalian makan kapanpun, karena masa kadaluwarsanya sampai tiga tahun. Bisa dipanaskan terlebih dulu atau langsung kalian santap dengan nasi yang hangat,” jelas ustadz Nukman kepada seluruh santri MBS.

Kegiatan hari itu diakhiri dengan meneriakan yel-yel bersama-sama yang dikomandani oleh ustadz Nukman.

“RendangMu..?! Lazizz… LAZISMU…?! Memberi untuk Negeri.., MBS.. ?! Membangun Generasi Mengukir Prestasi” seru para santri meneriakan yel-yel dengan kompak.

Tak ayal, bubar acara, para santri segera membuka kaleng RendangMu masing-masing dan menyantapnya dengan lahap bersama nasi hangat.

“Alhamdulillah acara hari ini sungguh komplit, menambah ilmu tentang antisipasi kebakaran dan juga menambah nutrisi untuk perbaikan gizi dengan RendangMu” pungkas Aditio ketika sambutanmenutup acara. (Ddt)

 

Baca Kabar lainnya

Profil

Donasi

Layanan

Daftar