Ekspedisi-3T LAZISMU dan KOKAM Jelajahi Dusun Terpencil di Bojonegoro

Media sosial

Dusun Bunten yang masuk dalam wilayah Desa Tondomulo, Kecamatan Kedungadem, Bojonegoro, hingga sekarang belum banyak orang mengetahuinya. Hal itu dikarenakan letaknya yang jauh dan sangat terpencil. Akses jalan menuju dusun Bunten pun sangatlah sulit. Kondisi jalan makadam menuju desa yang masih berupa tanah, dimana pada musim hujan akan sangat menyulitkan warga untuk beraktivitas.

Pada hari Ahad, 10 Januari 2021, LAZISMU bersama Komando Kesiapsiagaan Angkatan Muda Muhammadiyah (KOKAM) mengadakan Ekspedisi 3T dengan tujuan untuk mengetahui seberapa jauh perkembangan dakwah Islam di kawasan terpencil, terpelosok dan tertinggal. Tim KOKAM diawaki oleh Budi dan Arwan, sedangkan dari LAZISMU diikuti oleh Hendi.

Kali ini sasarannya dalah Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) yang berada di dusun Bunten. Perjalanan menempuh waktu selama 3 jam dari Kecamatan Kedungadem, melewati medan yang cukup sulit hingga kendaraan Tim terpaksa ditinggal di hutan. Akhirnya, perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki.

Di dusun Bunten terdapat satu TPA, yaitu TPA Jabal Nur dengan Pengasuh Ustadz Imam, Ustadz Nasta’in dan Ustadz Wawan. TPA ini memiliki santri kurang lebih 28 orang. Saat LAZISMU dan KOKAM tiba di lokasi bangunan yang dijadikan Musholla dan TPA, anak-anak santri dengan penuh riang gembira menyambut kedatangan Tim.

Dalam kesempatan ini Ustadz Nasta’in menyampaikan harapan semoga TPA ini terus memberikan pendidikan agama Islam kepada anak-anak dusun. Ustadz Nasta’in juga menceritakan kegiatan TPA dan berbagai kekurangan yang mengiringi perjalanan dakwah TPA. Akan tetapi yang menjadi salah satu penghambat adalah kurangnya fasilitas perlengkapan belajar, meliputi ketersediaan alat tulis, buku dan Al Qur’an. Sarana yang ada belum memadai sehingga perlu untuk dibantu.

Setelah beberapa saat melihat langsung kegiatan TPA dan mencatat keperluan apa yang dibutuhkan disana, LAZISMU menyerahkan bantuan berupa makanan kaleng Rendangmu dan Kornetmu guna menunjang gizi dari Ustadz dan Santri. Tentu Lazismu akan kembali hadir guna mendukung kegiatan dakwah di tempat yang berada di pelosok ini.

Nah, para Dermawan yang baik mari kita bersama bahu-membahu membantu fasilitas TPA Jabal Nur agar lebih baik. Karena dengan kondisi penuh keterbatasan dan letak yang terpencil, santri-santri TPA Jabal Nur ini begitu bersemangat dan antusias dalam belajar Al Qur’an atau mengaji. Semoga semangat cinta Qur’an mereka tetap membaja dan istiqomah. Saatnya kita dukung mereka. (Sar)

[divider]

Mari beraksi memberi kebaikan bersama LAZISMU di Bojonegoro.. Transfer donasi ZISKA anda melalui rekening kami…

Rekening Bank LAZISMU

Jeniz ZIS Bank Norek Nama Rek
ZAKAT BSM 99398 1 13 00 0 00000 Zakat LAZISMU Kab Bojonegoro
BMI 76630 1 13 00 0 00000 Zakat LAZISMU Kab Bojonegoro
INFAQ & SHODAQOH BSM 99398 2 13 00 0 00000 Infaq LAZISMU Kab Bojonegoro
BMI 76640 2 13 00 0 00000 Infaq LAZISMU Kab Bojonegoro
KEMANUSIAAN BSM 99398 3 13 00 0 00000 Humanity LAZISMU Kab Bojonegor
BMI 76650 3 13 00 0 00000 Humanity LAZISMU Kab Bojonegor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
ada pertanyaan?
Lazismu Jatim
Assalamualikum, adakah yang bisa saya bantu?