Gelar Rakorsus, Lazismu Daerah se-Jatim Targetkan Qurban Kemasan Rp 11 Milyar

Media sosial

Program Qurban Kemasan sudah menjadi program unggulan tahunan bagi Lazismu se-Jawa Timur dan juga program Lazismu se-Nasional. Dengan program Qurban Kemasan ini daging sapi hasil sembelihan moment Idul Adha diolah menjadi makanan siap santap yaitu, rendang, kornet, gulai dan nasi soto/rawon daging dalam kemasan kaleng. Produk makanan ini dapat bertahan lama dan siap didistribusikan kapan saja, untuk persediaan dan aksi kebencanaan serta kemanusiaan di tanah air.

Tahun ini program Qurbn Lazismu bertemakan “Qurbanmu Kuatkan Ketahanan Pangan”. Dengan tema itu Lazismu senantiasa ingin berkontribusi untuk menguatkan ketahanan pangan masyarakat. Lazismu tidak pernah absen dalam kegiatan-kegiatan keagamaan dan bahkan berperan aktif untuk mensyiarkannya, terlebih momen Idul Adha 1442 H di tengah pandemi yang hingga saat ini masih menghantui masyarakat Indonesia dan bahkan masyarakat dunia.

Oleh sebab itu Rapat Koordinasi Khusus (Rakorsus) Lazismu se-Jatim di Hotel Kapal Garden Sengkaling Malang, 1-2 Juni 2021, telah menghasilkan beberapa keputusan penting terkait program Qurban 1442 Hijriyah / 2021 Masehi. Dalam Rakorsus itu Lazismu se-Jatim sepakat untuk meraih target Qurban Kemasan, yaitu rendang dan kornet, dengan nilai nominal Rp 11 Milyar. Sementara itu target se-Nasional sebesar Rp 25 M.

Imam Fauzi yang kembali ditunjuk sebagai Penanggung Jawab (PJ) program Qurban Kemasan dalam Rakorsus tahun ini menyatakan bahwa nilai nominal Qurban setiap tahun selalu mengalami peningkatan. Ia menyebut bahwa pada awal program Qurban Kemasan tahun 2017 nilainya hanya Rp 563 juta, kemudian naik menjadi Rp 1,8 Milyar pada tahun 2018. Pada tahun 2019 naik sedikit menjadi Rp 2 Milyar lalu pada tahun 2020 naik empat kali lipat menjadi Rp 8,3 Milyar.

Dengan penuh rasa optomis Imam Fauzi bersama Tim mencanangkan program Qurban Kemasan dengan target yang semakin meningkat. Peningkatan target itu merupakan suatu kewajaran dikarenakan upaya penguatan ketahanan pangan akan menjadi salah satu tujuan Pembangunan yang Berkelanjutan atau SDGs (Sustainable Development Goals).

“Kita sudah siapkan berbagai tools dan perangkat penunjangnya bagi Lazismu Daerah untuk all out berkampanye Qurban Kemasan tahun ini. Harapannya target tercapai dan Lazismu semakin berkontribusi dalam SDGs terutama memenuhi dan menguatkan kebutuhan pangan yang terus berkembang” katanya.

Dengan dukungan solid jaringan Muhammadiyah yang ada di tanah air ini pula program Qurban Kemasan Lazismu siap mendukung dan menguatkan Ketahanan Pangan bagi Indonesia dana dunia, pungkas Imam. (Ad)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
ada pertanyaan?
Lazismu Jatim
Assalamualikum, adakah yang bisa saya bantu?