Search
Close this search box.
Whatsapp Chat
Konsultasikan Zakat Anda kepada Kami

Gerak Relawan Muhammadiyah Jatim Dalam Aksi Tanggap Darurat Gempa Bumi di Cianjur Jawa Barat

Sepuluh orang Relawan MDMC (Muhammadiyah Disaster Management Center) wilayah Jawa Timur yang diberangkatkan ke Cianjur sudah tiba dan mulai bertugas di lokasi kamis (1/12). Mereka ditugaskan di Posyan 2 base camp MDMC di desa Mangunkerta, Kec. Cugenang, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Di desa itu para Relawan bertugas mendirikan tenda-tenda hunian bagi warga penduduk dan penyintas. Lokasi Posyan MDMC Jatim bertugas letaknya berada pada jarak 11 km sebelah barat kota Cianjur.

Menurut M Rofii, MT Ketua Majelis Lingkungan Hidup Penanggulangan Bencana (MLHPB) atau MDMC Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jawa Timur, kesepuluh Relawan itu didatangkan khusus untuk membantu membangun Hundar yang berada di desa-desa sekitar Posyan-2. Sementara pembiayaan operasional perjalanan ditanggung oleh LAZISMU. Bersama dengan 20 orang Relawan Psikososial Maharesigana UMM dan 10 orang Tim Medis RSM – MPKU PWM Jatim, mereka tinggal di base camp Posyan-2 selama dua pekan.

Area yang ditempati Posyan-2 meminjam lahan milik warga desa. Hari pertama yang dilakukan oleh Relawan MDMC di Posyan-2 adalah membersihkan rumput liar dan semak belukar serta mendirikan tenda untuk tempat tinggal Relawan. Selanjutnya mereka membantu warga membersihkan puing-puing reruntuhan rumah dan bangunan. Setalah lahan rapi dan bersih barulah didirikan tenda-tenda untuk hunian darurat.

Hundar berupa tenda sangat diperlukan sebagai tempat tinggal para penyintas atau warga terdampak bencana. Mengingat banyak rumah dan tempat tinggal roboh atau rusak parah ketika terjadi gempa berkekuatan 5,6 M. Goncangan yang hebat itu selain menimbulkan korban jiwa, meninggal dunia dan mengalami luka-luka juga membuat banyak bangunan dan fasilitas umum rusak parah.

Selain pembangunan Hundar, MDMC juga melakukan aktifitas Psikososial. Para Relawan Psikososial Maharesigana UMM mengadakan kegiatan yang bersifat mengatasi trauma bagi wanita dan anak-anak agar terlepas dari beban prikologis akibat mengalami kejadian yang dianggap mengerikan dan menakutkan. Dukungan psikososial yang diberikan pasca bencana bertujuan untuk membantu meringankan beban psikologis dan mencegah reaksi psikologis negatif yang muncul pasca bencana berkembang menjadi lebih buruk.

Sementara itu kegiatan trauma healing dilakukan untu memberikan bantuan berupa penyembuhan untuk mengatasi gangguan psikologis seperti kecemasan, panik, dan gangguan lainnya karena lemahnya ketahanan fungsi-fungsi mental yang dimiliki individu.

Sementara itu Relawan Tim Medis RSM MPKU Jatim berkeliling ke desa-desa di Kecamatan Cugenang, Cianjur. Tim Medis bertugas memberikan layanan pemeriksaan kesehatan dan pengobatan bagi warga terdampak bencana, khususnya kepada mereka yang terluka atau menderita sakit ringan dan parah baik di area pengungsian atau di tempat tinggal. Tak lupa Ambulance senantiasa stand by untuk memberikan pertolongan evakuasi kepada terkorban bencana yang memerlukan rujukan ke Rumah Sakit di kota. (Adt).

Baca Kabar lainnya

Profil

Donasi

Layanan

Daftar