Dukung Aksi Bersama Untuk Bencana, Lazismu Lengkapi MDMC Dengan Peralatan dan Perlengkapan Tanggap Darurat

Media sosial

Bencana alam yang bertubi-tubi melanda berbagai Daerah di Jawa Timur, khususnya banjir bandang membuat persiapan kesiapsiagaan pertolongan kebencanaan Muhammadiyah semakin ekstra. Lazismu sebagai mitra utama Lembaga Penanggulangan Bencana atau Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) merasa berkewajiban memenuhi sarana peralatan dan perlengkapan guna menunjang kegiatan tanggap darurat bencana.

Menurut Aditio Yudono, Sekretaris Lazismu Jawa Timur, pihaknya telah membeli 3 unit perahu karet dari vendor yang dilengkapi dengan dayung, pelampung dan helm. Perahu karet ini berfungsi untuk membantu evakuasi korban bencana banjir ke tempat aman dan distribusi bantuan ke lokasi yang sulit dijangkau dengan angkutan darat. Selain itu bisa pula digunakan untuk aksi rescue di sungai dan perairan dangkal untuk penyelamatan korban.

Satu perahu karet mampu ditumpangi 6 orang dan juga bisa membawa bantuan logistik untuk dikirim kepada warga terdampak di lokasi bencana banjir yang sulit dijangkau. Ketiga unit perahu karet ini akan diserahkan sepenuhnya pemakaiannya oleh MDMC. Sebanyak 2 unit untuk MDMC Jawa Timur dan 1 unit untuk MDMC-Lazismu kota Pasuruan.

“Tiga unit perahu karet kami beli dengan dana donasi kebencanaan yang dihimpun dari para donatur dan Muzaki. Kami sangat berterima kasih atas keikhlasan hati dan semangat kedermawanan masyarakat yang begitu tinggi guna membantu meringankan beban saudara kita yang tertimpa musibah bencana. Tentu kami akan menjaga amanat itu dengan sebaik-baiknya. Selain tiga unit yang sudah terbeli, kini kami sedang menjajagi kerjasama dengan salah satu Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM) di Jawa Timur untuk memproduksi perahu fiber guna keperluan tanggap darurat bencana dan pemberdayaan nelayan” ujar Aditio memberikan keterangan di sela-sela pelatihan Jurnalistik Filantropi di Gedung PWM Jatim, Sabtu, 13 Maret 2021.

“Saat ini juga sedang kami persiapkan Truk Dapur Umum MDMC-Lazismu Jatim yang sewaktu-waktu dapat digerakkan kemana saja guna mendukung penyediaan kebutuhan pangan warga terdampak di lokasi bencana. Sementara itu untuk tenda dan berbagai peralatan dan perlengkapan penunjang kebencanaan juga sudah siap. Selain itu kami akan melengkapi sarana dan prasarana untuk Unit Personel Khusus Tanggap Bencana yang sedang dipersiapkan oleh MDMC Jatim” tambah Aditio.

“Alhamdulillah, Lazismu Daerah Jember juga sudah mempunyai Truk Distribusi Bantuan guna mendukung pengiriman logistik ke kawasan bencana, tentu sangat membantu. InsyaAllah, step by step, secara bertahap, peralatan dan perlengkapan bencana ini akan dipenuhi oleh Lazismu guna menunjang operasi tanggap bencana MDMC. Tentu semua ini juga untuk mendukung gerakan One Muhammadiyah One Response dalam aksi bersama untuk kebencanaaan dan kemanusiaan” pungkasnya. (*)

[divider]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
ada pertanyaan?
Lazismu Jatim
Assalamualikum, adakah yang bisa saya bantu?