Search
Close this search box.
Whatsapp Chat
Konsultasikan Zakat Anda kepada Kami

Giat Pesantren Lansia dan Berbagi Kado Ramadhan di Kampung Kupang Krajan Surabaya

Dalam rangka Birrul Walidain Lembaga Amil Zakat Infaq dan Shadaqah Muhammadiyah (LAZISMU) dan Lembaga Dakwah Komunitas (LDK) Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jawa Timur kembali mengadakan giat Ramadhan 1445 Hijriyah bagi warga lanjut usia (Lansia). Kali ini menyasar kepada komunitas Lansia ada di salah satu kampung padat penduduk di kota Surabaya.

Setelah Pesantren Anak Hebat Komunitas Anak Makam beberapa waktu lalu, kini kegiatan dilakukan dalam bentuk Pesantren Lansia Komunitas Ibu Hebat dan Berbagi Kado Ramadhan 1445 H. Pesantren ini diikuti oleh sekitar 35 orang warga Lansia binaan Komunitas Dzikrullah binaan Abah Tedjo. Giat ini dilaksanakan di tengah kampung padat penduduk Kupang Krajan, tepatnya di rumah Singgah Dzikrullah Kupang Krajan IV/49 Surabaya, Ahad (31/3/24). Selain menggandeng Komunitas Lansia Dzikrullah, kegiatan ini juga didukung oleh Majelis Telkomsel Taqwa (MTT) Regional Jawa Timur.

Achmad Thalhah, Ketua LDK PWM Jatim mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan sinergi kedua lembaga di bawah Persyarikatan Muhammadiyah untuk memberikan pemahaman keagamaan bagi warga senior, atau lansia.

“Alhamdulillah ini adalah kegiatan kedua kami bersama LAZISMU di bulan Ramadhan ini. Pesantren Lansia berbasis komunitas kami sentuh untuk memberikan pemahaman keagamaan bagi mereka sehingga bisa meningkatkan keimanan dan ketaqwaan warga lansia dalam menjalani hari tuanya” kata Achmad Thalhah memberikan keterangan ketika mendampingi kegiatan ini.

Sementara itu Ahmad Ramdhani dari Majelis Telkomsel Taqwa (MTT) selaku pendukung acara menyambut baik kegiatan sinergi ini dan berharap bisa bermanfaat bagi para Lansia dalam menjalani hari tuanya.

“Hari ini adalah merupakan kegiatan yang kedua kerjasama antara LAZISMU dan MTT, yang pertama Pesantren Lansia di Malang, kedua di kampung Kupang Krajan ini dan ketiga Pesantren Muallaf pada sabtu berikutnya. Alhamdulillah MTT yang merupakan majelis pembinaan keagamaan dan kerohanian bagi karyawan Telkomsel bisa senantiasa membantu memberikan dukungan bagi kegiatan kegiatan sosial keagamaan masyarakat, terutama kerjasama dengan lembaga lain, seperti LAZISMU ini.” ucap Ramdhani ketika memberikan sambutan pada pembukaan Pesantren Lansia ini.

“Adapun pendanaan kegiatan sosial keagamaan MTT diperoleh dari gaji karyawan Telkomsel yang dipotong ZIS-nya setiap bulan. Oleh sebab itu kami mohon doanya agar Telkomsel dan para karyawan serta karyawati diberikan kelancaran dan keberkahan sehingga bisa terus menebar manfaat bagi masyarakat luas,” jelas Ramdhani yang diamini oleh seluruh peserta.

“Kami berharap semoga Pesantren ini bisa memberikan kebermanfataan kepada warga Lansia agar hidup yang lebih baik pada hari tua. MTT juga memberikan bantuan paket bingkisan yang nanti akan diterima oleh peserta Lansia pada akhir acara usai Tarawih berjamaah nanti” harap Ramdhani mengakhiri sambutannya.

Selaku pembicara dan materi yang disampaikan, antara lain, ustadz Habibullah Irsyad “Membaca dan Menghapal al-Qur’an dengan Mudah”, ustadzah Lely Ika Mariati “Psikologi Mempersiapkan Hari Esok yang Lebih Baik”, ustadz M Basori “Hidup Indah Penuh Makna” dan ustadz Tulus Widodo tentang tindak lanjut pembinaan Lansia berbasis komunitas.

Kegiatan Pesantren Lansia dimulai pada pukul 10.00 WIB hingga petang. Acara sempat break sebentar pada pukul 13.00 WIB hingga tiba waktu sholat Ashar guna memberikan kesempatan kepada peserta Lansia untuk beristirahat sejenak. Petang hari, usai berbuka puasa dan sholat Maghrib berjamaah dilakukan pembagian paket sembako Kado Ramadhan. Seluruh peserta mendapatkan paket bingkisan yang dibagikan oleh Tim Relawan LAZISMU. (Adt)

Baca Kabar lainnya

Profil

Donasi

Layanan

Daftar