Search
Close this search box.
Whatsapp Chat
Konsultasikan Zakat Anda kepada Kami

Gunung Lewotobi Flores Timur NTT Erupsi, Ribuan Orang Mengungsi, Butuh Uluran Tangan

Pada tanggal 23 Desember 2023 lalu, tepatnya di pagi hari, Gunung Lewotobi Laki-laki yang berada desa Hokeng Jaya kecamatan Wulangitang di kabupaten Flores Timur, provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) mengalami erupsi.

Gunung Lewotobi mempunyai dua kawah yakni Lewotobi Perempuan dan Lewotobi Laki-laki. Gunung ini merupakan gunung berapi kembar yang lokasinya bersebelahan. Letusan gunung berapi ini mengejutkan warga, dan segera saja peringatan diberikan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat.

Sementara itu pada hari Sabtu tanggal 6 Januari 2024 Gunung Lewotobi Laki-laki kembali meletus dan mengalami erupsi. Dampaknya beberapa kecamatan di sekitar gunung berapi itu terimbas abu vulkanik, termasuk di kota Larantuka yang tampak seperti berkabut.

Sebanyak 4.681 jiwa mengungsi telah mengungsi ke tempat yang aman. Diantaranya 2.423 jiwa berada di tenda-tenda pengungsian yang disediakan oleh BPBD setempat dan 1.587 jiwa di rumah-rumah warga pada lokasi yang aman, jauh dari lereng gunung. Sementara itu sebanyak 828 jiwa mengingsi ke fasilitas umum dan sekolah. Jumlah pengungsi diperkirakan bertambah. Terlebih pengungsi berusia lanjut, wanita dan anak-anak harus mendapatkan perhatian yang serius karena mereka rentan akan kondisi kesehatannya.

Ketua Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) atau Lembaga Penanggulangan Bencana Muhammadiyah kabupaten Flores Timur Sajidin Sengaji melaporkan pihaknya telah menyiapkan posko di dekat area pengungsian. Di area pengungsian logistik yang dibutuhkan oleh para pengungsi adalah bahan makanan pokok, makanan tambahan, alat kebersihan, masker, obat-obatan, selimut, tikar, tenda, alat pembalut wanita dan pakaian layak pakai, terang Sajidin Sengaji.

Para relawan MDMC juga menyediakan makanan siap santap yang dibagikan pada para pengungsi di beberapa kampung dan desa yang bisa terjangkau cepat. Semua barang logistik yang dihimpun merupakan sumbangan masaih berasal dari warga masyarakat setempat. MDMC kabupaten Flores Timur terus berkoordinasi dengan MDMC Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) NTT di Kupang guna penanganan kebencanaan lebih lanjut.

LAZISMU sebagai lembaga mitra utama MDMC membuka donasi kemanusiaan dan kebencanaan guna membantu warga Flores Timur yang terdampak erupsi gunung Lewotobi. Donasi bisa dikirimkan melalui rekening LAZISMU yang tersedia.

Donasi yang terkumpul akan dirupakan barang-barang logistik yang dibutuhkan oleh para pengungsi dengan harapan bisa meringankan beban penderitaan mereka di tempat pengungsian.

Rekening Lazismu Kebencanaan dan Kemanusiaan :

  • Bank Mu’amalat No. 7710015635 a/n LAZIS MUHAMMADIYAH JAWA TIMUR
  • Bank Syariah Indonesia BSI 9000002221 a/n LAZIS MUHAMMADIYAH JATIM HUMANITY

Konfirmasi Donasi :

  • Transfer dan Informasi : 0851-6170-2078

 

Baca Kabar lainnya

Profil

Donasi

Layanan

Daftar