Jadikan Momen Idul ‘Adha Untuk Membahagiakan Sesama di Surabaya

Media sosial

 

Momen Idul Adha yang merupakan peristiwa berqurban dimaknai secara istimewa oleh ummat Islam guna memupuk kepedulian dan meningkatkan perhatian kepada sesama, terlebih sesama yang membutuhkan. Melalui kegiatan berqurban menjadikan ummat Islam hidup dalam suasana kasih sayang, saling memberi dan berbagi.

Sebagaimana tahun-tahun lalu, Lazismu kota Surabaya senantiasa menghadirkan suguhan istimewa dalam momen Idul Adha. Even Idul Qurban tersebut tidak hanya diisi dengan kegiatan penyembelihan dan pembagian daging qurban saja. Lazismu kota Surabaya mengemas acara tahunan itu menjadi even dakwah berdimensi sosial, pendidikan, budaya dan kesehatan bagi masyarakat di lokasi qurban.

Even Qurban Lazismu kota Surabaya tahun 1439 hijriyah atau 2018 miladiyah ini berbentuk Bakti Sosial dan Kesehatan (Baksoskes) yang dilaksanakan di Masjid Al Mukhlis, Jl. Tambakwedi gg Suroso no. 34 Sby. Kegiatan dilaksanakan pada hari Rabu, tanggal 22 Agustus 2018 mulai jam 06.30 setelah kegiatan sholat Ied sampai selesai.

Acara Baksoskes itu terdiri dari antara lain :

  • Penyerahan hewan qurban (5 ekor Sapi dan 1 ekor kambing), penyembelihan dan pembagian daging kepada warga Tambakwedi gang Suroso dan sekitarnya.
  • Pengobatan Gratis kepada 150 orang dhuafa.
  • Pembagian kursi Roda sebanyak 5 unit kepada warga di kelurahan Tambakwedi melalui program Tebar 1000 kursi roda bagi sahabat disabilitas.
  • Pembagian peralatan sekolah bagi anak Yatim non Panti Berupa tas dan alat sekolah melalui program Ayo Sekolah, Rek!
  • Pemberian bantuan sepeda Pancal sebanyak 6 unit bagi Anak Putus Sekolah melalui program Ayo Sekolah, Rek!
  • Panggung Dakwah yang diisi dengan : Tausiah oleh Ketua Lazismu Jatim, hiburan full musik Dangdut Inspirasi dari PERTUNI (Persstuan Tuna Netra Indonesia), Banjari dari warga Tambakwedi dan Band dari MI Muhammadiyah 25 Surabaya.

Sunarko, Ketua Lazismu Surabaya, menyatakan bahwa aksi bersama untuk sesama dalam momen Qurban tahun ini bertujuan untuk memberikan kebahagiaan terhadap sesama dan menebar manfaat kepada warga masyarakat khususnya di Tambak Wedi, Surabaya Utara. Lazismu Surabaya senantiasa melaksanakan even Qurban dan dakwah sosial kesehatan berpindah-pindah tempat di kota Surabaya. Selain melaksanakan ibadah qurban juga dimaksudkan sebagai sarana dakwah Islam kepada masyarakat luas. (Adit).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
ada pertanyaan?
Lazismu Jatim
Assalamualikum, adakah yang bisa saya bantu?