Jombang Banjir Parah, Relawan Muhammadiyah Lazismu-MDMC-Ortom Segera Terjun Bantu Warga

Media sosial

Banjir yang Melanda Warga Jombang Tak Kunjung Surut, Sebaliknya, Meluas Akibat Tanggul Jebol dari 2 Sungai

Hujan terus mengguyur secara merata dengan intensitas curah hujan yang tinggi di Jombang sejak awal Februari 2021. Sejumlah desa di Kecamatan Kedungmulyo, Kabupaten Jombang, Jawa Timur kini terdampak banjir sejak Jumat (5/2).

Ratusan rumah warga terendam oleh air berketinggian mencapai satu setengah meter. Beberapa desa yang terdampak banjir tersebut yakni Desa Bandar Kedungmulyo, Desa Gondangmanis, Desa Pucangsimo, dan Desa Banjarsari. Terdapat kurang lebih 1.748 kepala keluarga dengan total 5.480 jiwa penduduk yang sampai saat ini masih dalam proses evakuasi.

Menurutu Roni, Amil Lazismu Jombang, sebelumnya diketahui sejak Kamis, 4 Februari 2021, pukul 23 malam, curah hujan menyebabkan debit air kiriman dari Gunung Kelud, Kediri makin meninggi hingga membuat jebol tanggul dan merendam 4 Desa, diantaranya Bandarkedungmulyo, Gondangmanis, Pucangsimo dan Banjarsari yang terdiri dari 1500 KK. Sedikitnya terdapat 4 titik pengungsi salah satunya di SMAN BANDARKEDUNGMULYO, tempat yang semula dirasa aman, Jumat 5/2 pada pukul 10 pagi justru debit air makin meninggi hingga 1,5 meter.

LAZISMU bersama Majelis Lembaga dan Oganisasi Otonom di bawah Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kabupaten Jombang bergerak untuk aksi sosial kemanusiaan membantu warga yang terdampak bencana banjir parah. Aksi yang dilakukan berupa mendirikan posko dapur umum, posko kesehatan, evakuasi dan distribusi bantuan, jelas Roni melalui WA grup Lazismu se-Jatim, 6/2/21.

Bupati Jombang Hj. Mundjidah Wahab dan Ketua PDM Jombang Dr. Ir. H. Abdul Malik, M.P berkesempatan meninjau lokasi bencana di Desa Bandar yang merendam 4 dusun setinggi 1-2,5 meter dan melihat dari dekat pelayanan posko kesehatan bagi warga dan pengungsi di bantaran sungai Kontoyang digelar oleh RS Muhammadiyah Jombang. Sementara di Posko Dapur Umum, ibu ibu Aisyiyah menyiapkan makanan siap saji sebanyak 875 Nasi Bungkus tiap hari, tambah Roni.

“Kami menyampaikan terima kasih kepada semua pihak terutama para donatur dan muzaki yang telah berpartisipasi menyumbang dana dan logistik melalui Lazismu atau Posko Muhammadiyah guna membantu warga terdampak banjir di Jombang. Semoga Allah SWT membalas aml penjenengan semua. Aamiin” pungkas Roni, Amil Lazismu kabupaten Jombang. (Adit)

[divider]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
ada pertanyaan?
Lazismu Jatim
Assalamualikum, adakah yang bisa saya bantu?