KLL Umsida Gerakkan Mahasiswa Dalam Program Rebranding Masjid

Media sosial

Bulan yang sangat ditunggu seluruh kaum muslimin, bulan penuh berkah, bulan Ramadhan menjadi moment yang tak boleh terlewatkan untuk berbagi dengan sesama dan melakukan amal kebaikan lainnya.

Demikian juga dengan Kantor Layanan Lazismu (KLL) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida), yang beralamat di kampus 1 Gedung C Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, mulai mengembangkan sayapnya di berbagai kegiatan sosial dengan berbasis pemberdayaan mahasiswa.

Pemberdayaan mahasiswa penerima beasiswa Sang Surya selain fokus utama untuk pemberdayaan SDM mahasiswa umsida, peserta program pemberdayaan mahasiswa KLL Umsida juga bergerak di berbagai kegiatan sosial, dimana mahasiswa berdomisili. Sebagai Kantor Layanan Lazismu (KLL) berbasis Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM) di bawah Lazismu Jatim, KLL Umsida senantiasa memprioritaskan kegiatannya dengan menggerakkan para mahasiswa Umsida.

Untuk menyambut Ramadan tahun ini KLL Umsida bersama Tim Mahasiswa, mencetuskan kegiatan “Rebranding Masjid” dalam pelaksanaan program nasional Back to Masjid. Targetnya adalah masjid masjid yang kurang mendapatkan perhatian untuk perawatannya, baik dari kondisi tempat wudhu, fasilitas alat ibadah.

Tim Mahasiswa peserta program pemberdayaan KLL Umsida, mengadakan survey di beberapa daerah di lingkungan tempat tinggalnya. Dari hasil survey dan assesment diputuskan 2 Masjid/Musholla penerima program ini. Mushollah Nurul Jadid Desa Sidodadi Rt 09 Rw 04 Candi Sidoarjo dan Masjid Darul Muhtadin Desa Balong Dowo, Kecamatan Cand, Kabupaten Sidoarjo.

Selama 4 hari, Ahad-Kamis, 13 – 16 Mei 2018, Tim Mahasiswa melakukan kegiatan Rebranding untuk Musholla Nurul Jadid dan Masjid Darul Muhtadin, dimulai dengan pengecatan seluruh tembok mushola, pembersihan kamar mandi, tempat wudhu, penanaman bunga di halaman agar menambah segar suasana segar.

Untuk Masjid Darul Muthadin kegiatan Rebranding dengan membersihkan masjid mulai dari mengepel lantai, membersihkan karpet, tempat wudhu, menanami bunga memberikan alat ibadah ibadah berupa 5 buah mukena dan terpal untuk alas sholat yang biasanya pada saat bulan Ramadhan jaah meluber sampai ke halaman masjid.

Kegiatan diakhiri dengan pemasangan papan nama di Darul Muhtadin dan Mushola Nurul Jadid, agar nama masjid/musholla dikenal oleh masyarakat sekitar.

Kedatangan tim Mahasiswa Kantor Layanan Lazismu (KLL) Umsida, beserta penangung jawab disambut dengan positif oleh warga sekitar Masjid. Selanjutnya di bulan Ramadan tahun ini, KLL Umsida akan mengadakan Roadshow ke 7 sekolah, 2 diantaranya di SD terpencil di Kalialo dan Kepetingan di Sidoarjo dan program Ramadhan Berbagi dengan agenda kajian remaja oleh tim Mahasiswa Lazismu Umsida. (KLL Umsida).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
ada pertanyaan?
Lazismu Jatim
Assalamualikum, adakah yang bisa saya bantu?