Lazismu Berbagi Air Bersih kepada Warga di Blitar Selatan

Media sosial

Kekeringan yang melanda sejumlah daerah di Jawa Timur bagian Selatan menjadikan warga kekurangan persediaan air, terutama air bersih. Warga mengeluhkan kurangnya pasokan air bersih, terutama untuk kebutuhan minum dan memasak, sedangkan sumur di pekarangan dan sungai di desa-desa banyak yang mengering.

Menyadari hal itu Lembaga Amil Zakat, Infaq dan Shodaqoh Muhammadiyah (Lazismu) dan Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) Kabupaten Blitar menyalurkan bantuan berupa air bersih kepada warga di salah satu desa di kecamatan Wates, Blitar Selatan. Aksi bersama yang dilaksanakan pada tanggal 13 September 2018 itu dikemas dalam kegiatan bakti sosial di kawasan yang paling membutuhkan air bersih pada musim kemarau ini.

Menurut Sigit, Ketua Lazismu Kabupaten Blitar, kegiatan ini sebagai bentuk kepedulian warga dan simpatisan Muhammadiyah yang telah menyalurkan donasi ZIS-nya melalui Lazismu. “Ini adalah bukti cinta kami kepada warga di Kabupaten Blitar, terutama di kawasan Selatan. Semoga bantuan air bersih ini dapat bermanfaat bagi warga yang membutuhkan. Kami dari Lazismu senantiasa akan membantu warga yang memerlukan. Tentu ini adalah amanah dari para donatur yang harus kami sampaikan.” kata Sigit.

Pada kamis siang itu ratusan warga mendatangi truk tangki air dengan membawa ember dan jerigen. Mereka berkumpul di depan rumah tokoh desa setempat guna memperoleh pembagian air bersih. Sebanyak 5 ribu liter air pun telah ludes dalam waktu singkat. “Alhamdulillah hari ini kami bisa punya persediaan air bersih untuk memasak selama beberapa hari ke depan. Terima kasih Lazismu” kata bu Ahmad, salah seorang warga desa dengan gembira. (Adit).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
ada pertanyaan?
Lazismu Jatim
Assalamualikum, adakah yang bisa saya bantu?