Lazismu Berbagi Kepedulian Dengan Meneladani Kisah Kyai Bakir Berda’wah di Masjid Arjuna Rahmatullah, Nganjuk

Media sosial

Puluhan tahun yang lalu di dusun Pojok desa Tanjungkalang kecamatan Ngronggot, kondisi masyarakatnya sangat amburadul dan jauh dari pancaran sinar agama. Lokasi desa itu terletak 35 km sebelah tenggara dari kota Nganjuk, tepatnya dekat dengan perbatasan kabupaten Kediri. Dengan kondisi tersebut maka bisa dibayangkan bagaimana gambaran buram kehidupan sehari-hari masyarakat di desa itu. Dikarenakan jauh dari norma-norma agama, membuat masyarakat di desa itu rentan terhadap pelanggaran norma dan dekat dengan hal-hal yang dilarang oleh agama.

 Syukurnya, kondisi tersebut tidak menjadi semakin parah di kemudian hari dengan hadirnya sosok yang mampu membalik keadaan. Ia adalah Kyai Bakir, tokoh agama yang gigih memperjuangkan agama Islam dan merubah sedikit demi sedikit kehidupan warga di dusun Pojok desa Tanjungkalang. Perjuangan Kyai Bakir yang tak mengenal menyerah itu ditandai dengan berdirinya sebuah Masjid bernama Masjid Arjuna Rahmatullah yang menjadi kebanggaan desa itu.

Lambat laun kesadaran masyarakat terhadap agama Islam menjadi semakin tinggi karena kegiatan da’wah yang dilaksanakan di Masjid itu. Masyarakat mengenal Masjid Arjuna sebagai Masjid Muhammadiyah. Masjid itu juga sebagai cikal bakal terbentuknya Ranting Muhammadiyah Tanjungkalang.

Alhamdulillah, kini telah berdiri Pimpinan Ranting Muhammadiyah (PRM) Tanjungkalang dan para penerus Kyai Bakir bertekad meneruskan perjuangannya. Warga Muhammadiyah dan masyarakat disana berdo’a mudah-mudahan dapat mendirikan Amal Usaha seperti yang diharapkan oleh Kyai Bakir, demikian kata Pak Sunari, Ketua PRM Tanjungkalang. Pak Sunari adalah Ketua PRM yang baru saja dilantik.

Guna mengenang perjuangan Kyai Bakir maka diadakan kegiatan Tabligh Akbar Milad Masjid Arjuna Rahmatullah dan Pelantikan PRM Tanjungkalang. Dalam sambutan pelantikannya Pak Sunari, Ketua PRM yang juga Ketua Panitia menyampaikan kisah perjuangan Kyai Bakir yang telah dibuat buku novel oleh cicitnya. Novel itu bertujuan agar perjuangan Kyai Bakir menjadi inspirasi bagi generasi penerusnya.

Gelar Gerakan Sholat Subuh Berjamaah dan Baksoskes

Dalam rangka meneladani kisah Kyai Bakir tersebut, Lazismu bersama segenap elemen Muhammadiyah seperti Majelis Tabligh dan Majelis Ekonomi PDM, PD Aisyiyah Nganjuk, jajaran PCM Ngronggot menyelenggarakan kegiatan Gerakan Sholat Subuh Berjamaah di Masjid Arjuna Rahmatullah dusun Pojok desa Tanjungkalang. Kegiatan ibadah yang diikuti jama’ah sebanyak 200 orang ini dimaksudkan untuk menggiatkan Sholat Subuh berjamaah dan juga sebagai warming up guna menyambut datangnya bulan suci Ramadhan.

Pasca Sholat Subuh berjamaah kemudian dilaksanakan Bakti Sosial pemberian santunan sembako kepada 103 orang warga fakir-miskin, lansia dan dhuafa. Selain itu juga digelar pengobatan dan pemeriksaan gratis untuk jama’ah Masjid oleh tim dari RSI ‘Aisyiyah & RS PKU Muhammadiyah Kertosono. Milad Masjid Arjuna juga dimarakkan dengan Bazar selama satu minggu yang diikuti 30 stand, terdiri dari pengusaha dan para pedagang produk-produk lokal.

Sebagai penutup rangkaian Milad Masjid Arjuna tersebut maka dilaksanakan Tabligh Akbaryang diisi oleh Prof. Dr. Thohir Luth Wakil Ketua PWM Jatim. Tabligh Akbar diikuti kurang lebih 2.500 hadirin yang merupakan warga Muhammadiyah se-Kabupaten Nganjuk dan masyarakat sekitar. Prof. Dr. Thohir Luth dalam pengajiannya menyampaikan dengan tegas dan lugas bahwa Muhammadiyah adalah Garda terdepan guna menjaga keutuhan Negara Kesatuan RI. Prof. Thohir juga menyikapi permasalahan akhir-akhir ini terkait dengan penegakan hukum. Menurutnya warga Muhammadiyah harus tunduk dan taat dengan hukum yang berlaku, namun juga harus sangat tegas menyikapi adanya kebangkitan neo PKI atau komunis gaya baru.

Pelaksanaan rangkaian kegiatan ini selain untuk memperingati Milad Masjid Arjuna, juga menyambut datangnya bulan suci Ramadhan dan Hari Kebangkitan Nasional. Acara ini menurut warga desa merupakan kegiatan yang fenomenal karena diikuti jama’ah yang besar mengingat desa itu letaknya jauh dari kota. Yang lebih menggembirakan seluruh elemen Muhammadiyah seperti Lazismu, MTdK, MEK, HW, TSPM, RSI ‘Aisyiyah, RS PKU Muhammadiyah Kertosono, PDA, dan PDNA Nganjuk terlibat dalam kepanitiaan. (mij).

 

PARTISIPASI DAN DONASI ANDA..

Transfer ke rekening Bank :

ZAKAT

  • No. 7039510809 Bank Syari’ah Mandiri a/n LAZISMU PWM Jatim
  • No. 7710015630 Bank Mu’amalat a/n Lazis Muhammadiyah Jatim

INFAQ / SEDEKAH

  • No. 7039511449 Bank Syari’ah Mandiri a/n LAZISMU PWM Jatim
  • No. 7710015631 Bank Mu’amalat a/n Lazis Muhammadiyah Jatim

KEMANUSIAAN / BENCANA

  • No. 7710015635 Bank Mu’amalat a/n Lazis Muhammadiyah Jatim

LAYANAN JEMPUT DONASI

  • Ambil Donasi, khusus wilayah Surabaya-Sidoarjo, call 031 8437191 dan 08123158446.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
ada pertanyaan?
Lazismu Jatim
Assalamualikum, adakah yang bisa saya bantu?