Lazismu Buka Kantor Layanan di Pondok Pesantren Entrepreneur Muhammadiyah Benjeng, Gresik

Media sosial

Satu lagi amal usaha Pondok Pesantren lahir di lingkungan Persyarikatan Modernis Islam, yaitu Pondok Pesantren Entrepreneur Muhammadiyah  yang terletak di Jl. Raya Klampok Benjeng, Gresik. Amal Usaha ini telah di-Launching pada Ahad 14 Mei 2017.

Pondok yang berdiri di atas lahan 12  hektar ini diresmikan oleh Dr. Sriyatin Shodiq, MA, Majelis Tarjih PP Muhammadiyah, bersamaan dengan acara kajian ahad pagi yang digelar oleh keluarga besar Muhammadiyah Kecamatan Benjeng. “Bismillah, semoga ini bisa menjadi jawaban atas kritik akan kurangnya ulama di lingkungan Muhammadiyah. Dengan embel-embel entrepreneur, sudah pasti, ulama yang dihasilkan nanti tak sekedar pandai membaca kitab kuning tetapi sekaligus memiliki jiwa kewirausahaan,” tandas Dr Sriyatin Shodiq tokoh dan ahli falaq Muhammadiyah.

Diterangkan Sriyatin, di tengah perkembangan jaman  yang sudah se-massif seperti sekarang ini,  semua amal usaha Muhammadiyah memang harus terus ber-inovasi dan berbenah. Tak terkecuali dengan pondok pesantren. Kesan jadul, tradisional yang selama ini melekat pada pondok pesantren harus bisa dijawab hasil nyata di lapangan. Kiprah pondok, santri maupun sampai nanti menghasilkan alumni bisa dirasakan manfaatnya di lingkungan sekitar. “Harus mampu menjadi menjawab kebutuhan jaman. Bukan sekedar menambah beban kehidupan. Memberi tawaran solusi atas problematika kehidupan. Baik dalam urusan agama maupun kehidupan ekonominya,” ujarnya.

Selain disaksikan keluarga besar Muhammadiyah se-Gresik Selatan, peresmian ini juga dihadiri oleh Pengurus Lazismu Kabupaten Gresik, Abd Rozak dan Kemas S. Rizal. Di tempat yang sama, Kemas S. Rizal memberi acungan jempol sekaligus dukungan pada  perjalanan pondok ke depan. “Kami punya tangan di sini yakni dengan dibukanya Lazismu Kantor Layanan Benjeng. Nanti kita akan bahu membahu untuk mendukung kiprah pondok ke depan. Semoga layanan Lazismu bisa maksimal disini” tandasnya.

Dalam kesempatan itu, selain peresmian pondok pesantren juga di-launching depo air isi ulang Aismuh yang merupakan kependekatan dari Aisyiyah Muhammadiyah. Unit usaha pondok ini digawangi Aisyiyah dan Lazismu Benjeng. “Hari ini kami membuat langkah kecil dalam upaya pemberdayaan ekonomi ummat. Insya Allah ke depan, ini akan menjadi cikal bakal lahirnya  kemajuan ekonomi warga Persyarikatan. Khususnya di Benjeng,” tandas Marufah, Sekretaris Aisyiyah Benjeng.

Pondok entrepreneur ini merupakan tindak lanjut amanah Alm. H. Bisri Ilyas saat mewakafkan tanah seluas 12 hektar di Kecamatan  Benjeng, Kabupaten Gresik. Saat itu, ada harapan besar, selain dimanfaatkan sebagai ajang kegiatan dakwah Muhammadiyah, tanah wakaf ini juga didirikan Pondok Pesantren Entrepreneur. Bahkan, pada 2006 lalu, sempat dilakukan Soft Launching di kediaman  salah satu penggagas Saudagar Muhammadiyah ini, di kawasan Rewwin, Waru, Sidoarjo.

“Butuh sebelas tahun bagi kami di sini untuk merealisasikan apa yang telah menjadi amanah almarhum. Semoga hari ini, apa yang kita launching bersama ini bisa menjadi amal jariyah buat beliau,” terang Drs Sukirman, Penanggungjawab Pondok Entrepreneur. Secara resmi, pondok akan mulai menjalani tahun ajaran baru pada Juli 2017 mendatang. Pada tahap awal, pondok masih akan menerima santri putra dulu. Dalam keseharian, pondok akan diasuh para tokoh Muhammadiyah Gresik. Diantaranya K.H. Taufiqullah Ahmady, K.H. Moh. In’am dan K.H. Nur Hisyam. “Tahun pertama, kita akan fokus pada pendalaman ilmu keagaamaan para santri. Tahun berikutnya pematangan bahasa dan menempa jiwa kewirausahaan,” tandas Sukirman. (ram).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
ada pertanyaan?
Lazismu Jatim
Assalamualikum, adakah yang bisa saya bantu?