LAZISMU dan MDMC Jatim Bangun 100 Huntara di Gangga, Lombok Utara, NTB

Media sosial

Contoh Model Huntara di Lombok, NTB

Muhammadiyah Disaster management center (MDMC) atau lembaga penanggulangan bencana Muhammadiyah yang didukung oleh LAZISMU Jawa timur kini sedang melakukan pembangunan 100 hunian sementara (Huntara) di Lekok, gangga, kabupaten Lombok Utara, NTB. Sementara itu Persyarikatan Muhammadiyah secara nasional sudah merencanakan 463 Huntara di 2 Kabupaten di NTB, yakni Lombok Utara dan Lombok Timur.

Menurut M. Rofii, Ketua Majelis Lingkungan Hidup dan Penanggulangan Bencana (MLHPB) Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jawa Timur atau yang lebih dikenal dengan sebutan MDMC (Muhammadiyah Disaster Management Center), Huntara itu dibangun untuk tempat tinggal sementara waktu bagi warga terdampak sambil menunggu bantuan rumah permanen dari Pemerintah tiba. Selama ini warga mengungsi di tenda-tenda pengungsian karena rumah tinggalnya hancur akibat gempa atau yang tempat tinggalnya mengalami sedikit kerusakan masih trauma untuk tinggal di dalamnya. Huntara itu akan didirikan di lahan milik warga sendiri dengan harapan mereka dapat tinggal dengan lebih nyaman dan aman. Pembangunan Huntara ini dilaksanakan dengan memperhatikan aspirasi dan partisipasi dari warga.

Huntara ini bisa tahan antara 6 bulan hingga satu tahun, dengan berbahan calsiboard dengan kerangka kayu atau baja ringan. MDMC pada hari senin, 10 September 2018 sudah mulai membangun satu persatu dari 50 Huntara yang direncanakan di desa Lekok, kecamatan Gangga. Sedangkan 50 sisanya akan disebar di desa-desa tetangga Lekok di kecamatan Gangga, Lombok Utara.

Diperkirakan 100 Huntara akan selesai dalam 1 bulan mendatang sehingga warga tidak lagi tinggal di tenda-tenda pengungsian. Biaya yang diperlukan dalam membangun Huntara berukuran 3×6 m adalah sebesar Rp. 7,1 juta. Sedangkan untuk pembangunan 100 Huntara diperlukan dana sebesar Rp. 770 juta diambilkan dari anggaran kebencanaan Lazismu Jawa Timur yang merupakan dana bantuan dari warga Muhammadiyah, donatur dan dermawan untuk korban gempa di Lombok. (Adit).

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
ada pertanyaan?
Lazismu Jatim
Assalamualikum, adakah yang bisa saya bantu?