Ada Pertanyaan ?

Hubungi 031-8437191

Kegiatan bergotong-royong menanam 300 bibit Aren di sekitar sumber air terjun Singokromo yang termasuk dalam kawasan hutan lindung wilayah kerja Perum Perhutani KPH Kediri, BKPH Pace, RPH Gedangklutuk dilakukan bersama-sama oleh segenap pihak yang peduli terhadap kelestarian lingkungan hidup. Aksi bersama untuk lingkungan hidup ini dilaksanakan pada hari rabu tanggal 21 Maret 2018.

Aksi ini merupakan sinergi antara Lazismu dengan Majelis Lingkungan Hidup dan Penanggulangan Bencana (MLHPB) Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Nganjuk. Program ini bertujuan untuk memberdayakan pesanggem atau petani hutan yang berhimpun LMDH jaya Makmur di wilayah desa Ngliman kecamatan Sawahan, kabupaten Nganjuk.

Menurut Priyo Sunarji, S.Hut.MMA, Ketua MLH dan Penanggulangan Bencana PDM Nganjuk yang alumnus fakultas kehutanan UGM ini berharap agar warga Muhammadiyah sebagai insan organisasi dakwah Islam berkemajuan hendaknya berpartisipasi aktif dalam aksi nyata di bidang lingkungan hidup.

Priyo menerangkan bahwa pemilihan lokasi penanaman di sumber air terjun Singokromo sebagai pemasok utama air bersih PDAM kabupaten Nganjuk sudah tepat karena tempat ini perlu dijaga kelestariannya. Tanaman jenis Aren sangat bagus untuk konservasi sumber air, biaya budidayanya relatif mudah, dan termasuk dalam kategori tanaman langka namun serba guna jelasnya. Sedangkan untuk pemeliharaan tanaman akan dibina oleh Dinas Kehutanan Provinsi Jatim khususnya UPT PHW VI Nganjuk. (Adit/Mijan).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *