Search
Close this search box.
Whatsapp Chat
Konsultasikan Zakat Anda kepada Kami

LAZISMU Jatim Kirim Bantuan Barang Logistik Bantuan Masyarakat Jawa Timur ke Gaza Palestina Melalui KRI TNI AL Dr Radjiman Wedyodiningrat

Derita yang dialami oleh rakyat Palestina seakan tak pernah berakhir. Bombardir Israel yang terus dilakukan dalam perang 48 hari melawan pejuang kemerdekaan Palestina tidak hanya menyasar target operasi militer, namun justru lebih banyak ke area sipil termasuk perumahan, pemukiman penduduk dan fasilitas umum Rumah Sakit. Alhasil, belasan ribu jiwa yang sebagian besar anak-anak dan wanita bergelimpangan meregang nyawa.

Melihat kondisi tersebut LAZISMU sebagai sayap filantropi Muhammadiyah menghimpun donasi kemanusiaan untuk memberikan bantuan kepada warga Palestina. Penghimpunan dana amal untuk donasi rakyat Palestina yang dihimpun oleh LAZISMU se-Jawa Timur selama satu bulan mencapai angka Rp 13 Milyar. Dana tersebut dihimpun dari masyarakat luas dan ummat Islam, terutama warga Persyarikatan dan Amal Usaha Muhammadiyah. Sampai dengan saat ini penerimaan donasi masih terus berlanjut di kantor-kantor LAZISMU di seluruh Jawa Timur.

Penyaluran dana ke Palestina tersebut dilakukan melalui LAZISMU Pusat bersama Tim Muhammadiyah Aid dari PP Muhammadiyah bekerjasama dengan mitra yang ada di Gaza, Palestina. Dana tersebut digunakan untuk implementasi langsung respon tanggap darurat berupa pengiriman logistik barang ke beberapa lokasi pengungsian warga Gaza yang terkena gempuran bombardir Zionis Israel.

Sementara itu LAZISMU wilayah Jawa Timur juga mengirimkan bantuan barang logistik ke Gaza Palestina. Pengiriman bantuan berupa 2400 kaleng RendangMu, 300 dos Air minum dalam kemasan, 150 kodi sarung dan selimut dilakukan pada hari Senin (27/11/23) melalui Kapal Republik Indonesia (KRI) Dr Radjiman Wedyodiningrat di dermaga TNI AL, Ujung Koarmatim Surabaya.

Rombongan pengiriman bantuan ke markas Koarmatim TNI AL dipimpin oleh Bendahara Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jawa Timur Drh Zainul Muslimin didampingi oleh Sugeng Purwanto, Anggota Badan Pengurus (BP) LAZISMU Jatim bidang program kesehatan, M Yusril Ardiansyah Manajer pendistribusian dan pendayagunaan dan beberapa staf eksekutif LAZISMU Jatim. Bantuan diterima oleh Satgas Poskotis Bantuan Kemanusiaan Palestina Mayor (Mar) TNI AL I Nyoman.

“Mohon diterima titipan bantuan dari warga masyarakat Jawa Timur untuk saudara-saudara kita yang menderita di Palestina yang dihimpun oleh LAZISMU atau Muhammadiyah. Semoga bermanfaat dan sedikit meringankan beban warga Gaza” ucap drh Zainul Muslimin Bendahara PWM Jatim mewakili LAZISMU ketika menyerahkan bantuan kepada Posko Satgas Poskotis Bantuan Kemanusiaan untuk Palestina di halaman gedung Lakensa TNIA AL.

Sementara itu Mayor (Mar) TNI AL I Nyoman, Satgas Posko Bantuan Kemanusiaan untuk Palestina mengucapkan terima kasih dan penghargaan ketika menerima secara simbolis bantuan dari LAZISMU Jatim.

“Terima kasih atas partispasi dan bantuan dari masyarakat, khususnya dari Muhammadiyah, dalam membantu urusan kemanusiaan di Palestina. Bantuan akan disalurkan kepada warga di Palestina yang menjadi korban perang” kata Mayor (Mar) I Nyoman ketika menerima secara simbolis bantuan dari LAZISMU Jatim.

Bantuan barang dibawa dengan 4 armada LAZISMU Jatim dari Gedung Kemanusiaan di Buduran Sidoarjo menuju ke dermaga Ujung Koramatim Surabaya. Begitu tiba di dermaga bantuan barang langsung dimasukkan ke dalam kapal. KRI Dr Radjiman Wedyodiningrat bernomor lambung 992 merupakan salah satu kapal yang dimiliki oleh TNI AL dengan fasilitas sarana medis atau kapal Rumah Sakit (RS). KRI ini mendapat tugas negara untuk memberikan bantuan medis dan layanan kesehatan kepada warga Gaza yang menjadi korban sasaran serbuan Zionis Israel. (Ad)

Bantuan donasi untuk Palestina bisa ditransfer melalui…

Rekening Lazismu Kebencanaan dan Kemanusiaan :

  • Bank Mu’amalat No. 7710015635 a/n LAZIS MUHAMMADIYAH JAWA TIMUR
  • Bank Syariah Indonesia BSI 9000002221 a/n LAZIS MUHAMMADIYAH JATIM HUMANITY

Konfirmasi Donasi :

  • Transfer : 0851-5606-3595
  • Informasi : 0851-6170-2078

TERIMA KASIH ATAS PARTISIPASI DAN BANTUAN ANDA

Baca Kabar lainnya

Profil

Donasi

Layanan

Daftar