Search
Close this search box.
Whatsapp Chat
Konsultasikan Zakat Anda kepada Kami

LAZISMU Jatim Kirim Logistik Tahap Kedua Senilai Rp 362 Juta ke Cianjur Jawa Barat

Setelah pengiriman bantuan logistik untuk Gempa Bumi di Cianjur tahap pertama terkirim dan terdistribusi, Muhammadiyah wilayah Jawa Timur melalui LAZISMU kembali mengirimkan bantuan logistik, terutama pangan, untuk tahap kedua. Bantuan logistik tahap kedua ini berupa 2.000 dos air minum (kemasan Air LAZISMU), terpal 50 pcs dan 50.000 kaleng Ikan Sardin. Total nominal bantuan logistik tahap kedua ini senilai Rp 362 juta.

Pengiriman bantuan tahap kedua ini dilaksanakan secara bertahap yakni pada tanggal 1, 3 dan 4 Desember serta tanggal 13 Desember 2022. Pengiriman ditujukan kepada LAZISMU Jawa Barat di kota Bandung, untuk selanjutnya didistribusikan kepada para penyintas bencana gempa bumi melalui Pos Koordinasi (Poskor) dan Pos Pelayanan (Posyan) Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) atau Lembaga Penanggulangan Bencana Muhammadiyah yang berada di enam titik kawasan di kabupaten Cianjur.

Pengiriman tahap kedua ini melanjutkan program LAZISMU Jatim untuk penyediaan logistik kebencanaan di Cianjur tahap pertama senilai Rp 160 juta. Hal tersebut sesuai dengan data dari LAZISMU Jawa Barat mengenai barang logistik yang dibutuhkan oleh para penyintas gempa bumi di Cianjur. Sehingga jumlah total bantuan logistik yang dikeluarkan  dari cadangan dana kebencanaan dan kemanusiaan LAZISMU Jawa Timur senilai Rp 522 juta.

Sama dengan tahap pertama, penyerahan bantuan logistik tahap kedua ini juga dilaksanakan di kantor Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jawa Barat, kompleks Masjid Mujahidin Jl Sancang Bandung, Jumat siang (2/12). PWM Jawa Timur diwakili oleh Sekretaris Ir Tamhid Mashyudi bersama dengan Ketua LAZISMU Jatim drh Zainul Muslimin menyerahkan secara simbolis bantuan logistik kepada Ir Suhada Ketua PWM Jawa Barat. Jajaran Pimpinan PWM Jawa Barat terutama Ketua Badan Pengurus LAZISMU Jabar Iman Aryadi juga turut menyaksikan prosesi simbolis tersebut.

Penyerahan simbolis ini sangat istimewa karena disaksikan secara langsung oleh Prof Dr Haedar Nashir, MA, Ketua Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah yang terpilih kembali pada Muktamar ke-48 di Solo. Prof Haedar Nashir datang ke Bandung untuk membuka Muktamar Nasyiatul Aisyiyah, namun beliau secara khusus juga menyempatkan waktu untuk bertemu dengan LAZISMU – PWM Jawa Timur sekaligus menyaksikan penyerahan bantuan.

Pengiriman bantuan logistik ini juga mendukung aksi kerja kemanusiaan MDMC wilayah Jawa Timur di Posyan 2 desa Mangunkerta, kecamatan Cugenang, Cianjur. Di Posyan 2 ini sebanyak 50 orang Relawan MDMC Jawa Timur melaksanakan misi kemanusiaan dengan berbagai kegiatan, antara lain pembangunan hunian darurat, layanan medis pemeriksaan dan pengobatan kesehatan, layanan psikososial, pendistribusian paket logistik, dapur umum berbasis food truck atau Kendara Saji Makanan, layanan edukasi sekolah darurat. Para Relawan MDMC juga turut membantu aparat dalam giat SAR dan mengevakuasi korban gempa bumi 5,6 M di desa Mangunkerta, Cugenang, Cianjur. (Adt)

Baca Kabar lainnya

Profil

Donasi

Layanan

Daftar