Search
Close this search box.
Whatsapp Chat
Konsultasikan Zakat Anda kepada Kami

LAZISMU Jatim Sambut Ramadhan 1445 H Dengan Bersih-bersih Masjid, Pasar Murah dan Pawai Tarhib

Menjelang bulan Ramadhan 1445 Hijriyah, LAZISMU KP wilayah Jatim melaksanakan beberapa kegiatan untuk menyambut kehadiran bulan mulia itu. Kegiatan itu meliputi Bersih-bersih Masjid, Pasar Murah, dan Tarhib – Pawai Ramadhan.

Ratri Khoiriyah, Amil LAZISMU Jatim, menyatakan bahwa berbagai aksi dalam program Back to Masjid ini dilaksanakan pada hari Ahad tanggal 10 Maret 2024 dengan menggandeng Takmir Masjid Fastabiqul Khairat dan Aisyiyah Cabang Wonocolo. Kegiatan dipusatkan di Masjid Fastabiqul Khairat yang terletak di Jl Wonocolo Pabrik Kulit no 108 Surabaya Selatan.

Giat pertama berupa Bersih-bersih Masjid dilaksanakan pada pagi hari, mulai pukul 8.00 WIB menggerakkan Pengurus dan Remaja Masjid Fastabiqul Khairat. Sebanyak 9 orang personil dengan sigap membersihkan ruangan Masjid, tak ketinggalan tempat wudhu dan ruang kantor sekretariat. LAZISMU Jatim membantu dukungan perlengkapan kebersihan untuk aksi ini.

Giat kedua dilakukan setelah sholat dhuhur, yaitu Pasar Murah Ramadhan 1445 H. Pasar murah menjual paket sembako yang telah ditentukan. Satu paket berisi beras premium 5 kg, minyak goreng 1 liter dan gula 1 kg seharga Rp 110 ribu. Paket itu disubsidi Rp 10.000,- oleh LAZISMU dan dijual kepada warga dengan harga Rp 100 ribu per paket.

Ibu-ibu yang membeli tampak berwajah senang dan gembira karena bisa mendapatkan bahan pokok dengan harga terjangkau. Apalagi memasuki bulan puasa harga-harga barang kebutuhan pokok kian merambat naik, termasuk beras.

Paket yang dijual bersubsidi tersebut masih ditambah bonus 1 (satu) kaleng kornetmu, yang merupakan produk qurban kemasan LAZISMU Jatim. Pasar Murah dengan sistem kupon ini menyasar kepada kalangan ibu-ibu, baik anggota Aisyiyah, jamaah Masjid Fastabiqul Khairat serta warga di sekitar tempat ibadah tersebut.

Aditio Yudono, Wakil Ketua membidangi pendistribusian dan pendayagunaan LAZISMU Jatim, menyatakan bahwa Pasar Murah ini dimaksudkan untuk menyediakan kebutuhan sembako terjangkau bagi warga yang merasa berat dengan harga kebutuhan pokok yang semakin naik, padahal kehidupannya masih dalam kondisi berkekurangan.

“Pasar Murah LAZISMU yang berinergi dengan Takmir Masjid Fastabiqul Khairat dan Pimpinan Cabang Aisyiyah (PCA) Wonocolo ini dimaksudkan untuk menyediakan kebutuhan pokok ‘sembako’ dengan harga terjangkau bagi warga di sekitar Masjid yang masih dalam kondisi berkekurangan. Semoga kegiatan ini bermanfaat bagi warga dalam mendapatkan bahan pokok makanan dengan harga terjangkau sehingga bisa memperlancar ibadah puasanya,” kata Aditio ketika memberikan sambutan di hadapan ibu-ibu Aisyiyah Wonocolo dan jamaah yang berkumpul di ruang Masjid sebelum Pasar Murah berlangsung.

Setelah seremoni dan sambutan maka segera saja Pasar Murah dimulai. Penjualan dilakukan dengan sistem kupon sehingga bisa berjalan dengan tertib dan teratur. Setiap pembawa kupon hanya bisa membeli 1 paket saja. Tidak sampai satu jam seluruh paket sudah terjual habis.

Giat terakhir di Masjid Fastabiqul Khairat adalah pawai Tarhib Ramadhan. Aksi yang dilakukan setelah sholat ashar ini melibatkan sekitar 200 anak TK ABA dan santri Taman Pendidikan al-Qur’an (TPQ) Masjid Fastabiqul Khairat. Anak-anak bocil ini diajak pawai oleh guru dan ustadz-ustadzahnya berkeliling kampung di sekitar kawasan Wonocolo Pabrik Kulit sembari menyerukan datangnya bulan suci Ramadhan 1445 Hijriyah. Kegiatan pawai Tarhib pun berakhir menjelang sholat Maghrib. Marhaban ya Ramadhan. (Ddt)

 

Baca Kabar lainnya

Profil

Donasi

Layanan

Daftar