Whatsapp Chat
Konsultasikan Zakat Anda kepada Kami

LAZISMU Jatim Siapkan Kantor Utama BankZiska Menjadi Pusat Dakwah dan Pemberdayaan Ekonomi Terintegrasi di Indonesia

Tiada hari tanpa menebar manfaat, itulah komitmen para aktifis LAZISMU, tak terkecuali di wilayah Jawa Timur. Hampir setiap hari LAZISMU di seluruh tanah air mengadakan berbagai macam kegiatan guna menebar kebermanfaatan kepada sesama, sesuai dengan semboyan Memberi Untuk Negeri.

Hari ahad ini, tanggal 2 Oktober 2022, Lembaga Amil Zakat, Infaq dan Shadaqah Muhammadiyah (LAZISMU) wilayah Jawa Timur punya dua gawe di kabupaten Ponorogo. Yang pertama adalah kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Konsolidasi Data (Be One) dan Sosialisasi Kebijakan Keuangan LAZISMU untuk kawasan Jatim barat yang dilaksanakan di Gedung Hall Universitas Muhammadiyah Ponorogo (UMPO). Yang kedua adalah kegiatan Soft Launching kantor utama BankZiska yang berlokasi di desa Jabung.

Kegiatan pertama adalah merupakan gelombang kedua dari Bimtek Konsolidasi Data (Be One) dan Sosialisasi Kebijakan Keuangan LAZISMU yang pada seminggu sebelumnya diadakan di kota Malang untuk Daerah-daerah kawasan timur di Jatim. Kegiatan inti merupakan sosialisasi software be One guna mengkonsolidasi data keuangan filantropi Muhammadiyah di berbagai Amal Usaha.

Kegiatan kedua merupakan soft Launching kantor utama Bankziska LAZISMU Jatim setelah dilakukan renovasi dan revitalisasi. Kantor Utama BankZiska yang merupakan Gedung Pemberdayaan ini akan menjadi percontohan bagi keterpaduan antara kegiatan dakwah Islam dan pengembangan ekonomi masyarakat yang terpadu.

Ada enam poin yang akan dipadukan dan disinergikan oleh LAZISMU Jatim dalam satu atap Gedung Pemberdayaan. Pertama, sebagai Kantor Layanan LAZISMU (KLL) BMT Hasanah, yaitu tempat pembayaran zakat, infaq, shodaqoh dan dana sosial keagamaan lainnya (ZISKA). KLL menghimpun dan menyalurkan dana ZISKA atas persetujuan dari LAZISMU perwakilan wilayah pembantu daerah kabupaten Ponorogo.

Kedua, sebagai kantor utama BankZiska, yaitu unit penyaluran kredit pembiayaan usaha super mikro berbasis Qardul Hasan (tanpa bunga dan jasa) yang bersifat sosial. Selain itu kantor ini berfungsi untuk mengkoordinir kantor-kantor unit BankZiska yang ada di seluruh Jawa Timur. Gedung ini juga sebagai Pusdiklat Pengelolaan dan Relawan BankZiska.

Keempat sebagai Balai Pembinaan Usaha Menengah Kecil dan Mikro, dilengkapi dengan toko Pusat Oleh-oleh khas Ponorogo yang merupakan produk UMKM mitra BankZiska

Kelima Kantor Baitul Maal watTamwil (BMT) Hasanah yang merupakan lembaga keuangan pembiayaan kredit usaha kecil menengah yang dikelola secara komersil berbasis bagi hasil di Ponorogo.

Keenam adalah Masjid sebagai tempat peribadatan dan syiar dakwah Islam khususnya di desa jabung kabupaten Ponorogo. Berbagai kegiatan pembinaan rohani bagi pengusaha kecil mikro dilakukan di Masjid ini, seperti pengajian, ngaji al-Qur’an dan konsultasi keagamaan.

Baca Kabar lainnya

Profil

Donasi

Layanan

Daftar