Lazismu Mengajak Bercocok Tanam Tanaman Produktif di Lahan Perkotaan Yang Sempit di Surabaya

Media sosial

Lahan di kota besar seperti Surabaya sudah sangat sempit dan tidak kondusif jika dipergunakan untuk areal pertanian. Hampir semua lahan tanah di Surabaya habis untuk areal pemukiman, perumahan, perkantoran, perdagangan, sentral bisnis, pergudangan dan industri. Jika masih ada lahan pertanian itu pun hanya sedikit dan tinggal bertahan menunggu waktu untuk tergerus dan berubah fungsi. Padahal sektor pertanian sangat penting guna menyediakan kebutuhan pangan bagi penduduk perkotaan.

Menyadari hal itu diperlukan langkah dan upaya untuk sektor pertanian agar tetap hidup di kota besar. Program Urban Farming (Pertanian Perkotaan) menjadi sebuah pilihan bagi penduduk kota untuk melaksanakan kegiatan pertanian, terutama di lahan yang sangat sempit. Terdapat strategi, sistem, kiat dan petunjuk teknis terkait pelaksanaan pertanian di perkotaan dan itu menjadi tugas bagi Dinas Pertanian pada khususnya.

Sehubungan dengan itu Majelis Pemberdayaan Masyarakat (MPM) Muhammadiyah didirikan sebagai institusi ormas Islam yang peduli terhadap kehidupan dan kesejahteraan masyarakat. Dalam kaitannya dengan latar belakang diatas maka Majelis Pemberdayaan Masyarakat (MPM) Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) kota Surabaya menggandeng Lazismu Surabaya mengadakan PELATIHAN URBAN FARMING.

Pelatihan Urban Farming dilaksanakan pada hari Ahad, 21 Mei 2017, di Perguruan Muhammadiyah Pucang (Aula SMAMDA) Surabaya. Hadir sebagai pemateri antara lain : Prof. Dr. Ir. Hj. Andriani Eko Purbaningrum.,MS. (Dosen Kopertis VII dan Fak. Pertanian UMSIDA) dengan materi : Tanaman Oraganik, Ir. Lily Toeti (Dinas Pertanian dan Peternakan Pemkot Surabaya) dan Sunarko, S.Ag.,M.Si, (Ketua Lazismu Surabaya) tentang “Kiat sukses menanam buah naga”. Pelatihan ini diikuti oleh 50 orang, terdiri dari 25 orang binaan UKM BMW Lazismu dan 25 orang Guru SD, SMP, SMA Muhammadiyah se-Surabaya.

Menurut Sunarko, Ketua Lazismu Surabaya, tujuan pelatihan ini adalah memberikan edukasi kepada masyarakat akan pentingnya bercocok tanam dan mengembangkan sektor pertanian tanaman pangan dengan sistem yang mampu disesuaikan dan dijalankan di lahan yang sempit. Dalam pelatihan ini diberikan materi tentang bagaimana bercocok tanam tanaman organik yang produktif dan bernilai ekonomis serta mengembangkannya dalam berbagai varian. Menariknya dalam pelatihan ini juga dijelaskan cara bertanam tanaman buah naga yang ternyata mampu hidup dan berbuah di kota Surabaya. (Adit/Nar).

 

PARTISIPASI DAN DONASI ANDA..

Transfer ke rekening Bank :

ZAKAT

  • No. 7039510809 Bank Syari’ah Mandiri a/n LAZISMU PWM Jatim
  • No. 7710015630 Bank Mu’amalat a/n Lazis Muhammadiyah Jatim

INFAQ / SEDEKAH

  • No. 7039511449 Bank Syari’ah Mandiri a/n LAZISMU PWM Jatim
  • No. 7710015631 Bank Mu’amalat a/n Lazis Muhammadiyah Jatim

KEMANUSIAAN / BENCANA

  • No. 7710015635 Bank Mu’amalat a/n Lazis Muhammadiyah Jatim

LAYANAN JEMPUT DONASI

  • Ambil Donasi, khusus wilayah Surabaya-Sidoarjo, call 031 8437191

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
ada pertanyaan?
Lazismu Jatim
Assalamualikum, adakah yang bisa saya bantu?