LAZISMU se-Jatim Jalani Audit Laporan Keuangan Tahun 2019 di Kala Pandemi Tengah Berlangsung

Media sosial

Sebagai wujud komitmen Lembaga Amil Zakat, Infaq dan Shodaqoh Muhammadiyah (Lazismu) Jawa Timur untuk menjaga akuntabilitas dan kredibilitas lembaga kepada publik dan ummat Islam di Indonesia, pada tanggal 19-24 Oktober 2020 di Sidoarjo, dilaksanakan kegiatan Audit atas Laporan Keuangan tahun 2019. Audit ini dilakukan atas laporan keuangan tahun 2019 pada kantor Lazismu se-Jawa Timur, baik kantor perwakilan wilayah,kantor perwakilan wilayah pembantu daerah dan kantor layanan.

Pembukaan acara Audit dilaksanakan pada hari Senin pagi, 19 Oktober 2020 di Hall Resto Bunda Nur, Buduran Sidoarjo. Acara tersebut selain digelar secara luring (offline), juga dilakukan secara daring (online) melalui media Zoom Meeting yang diikuti oleh Ketua Badan Pengurus dan Bagian Keuangan LAZISMU perwakilan wilayah pembantu Daerah Kabupaten dan Kota se-Jawa Timur.

Hadir dalam Pembukaan secara luring, Badan Pengurus LAZISMU Pusat Ibu Eny Maslachah Wijayanti, drh Zainul Muslimin, Ketua Badan Pengurus LAZISMU wilayah Jawa Timur beserta jajaran Pengurus lainnya, dan tentunya Achmad Toha dari Kantor Akuntan Publik AR Utomo dengan Tim Auditornya. Sedangkan Prof Hilman Latief memberikan sambutan dan pengarahan secara daring melalui Zoom Meeting dari kantornya di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Dalam sambutannya drh Zainul Muslimin mengatakan bahwa salah satu bukti lembaga itu manajemennya rapi dan kinerjanya terdokumentasi dengan baik dapat dilihat dari laporan keuangannya. Sedangkan lembaga dapat dikatakan kredibel dan terpercaya dapat ditilik dari hasil Audit laporan keuangannya. Oleh karena itu LAZISMU Jawa Timur menurutnya akan terus meningkatkan manajemen dan kinerja administrasi keuangannya sehingga dari tahun ke tahun jika LAZISMU diaudit akan semakin kredibel dan mendapatkan kepercayaan dari para Muzakki dan Donatur.

Jika pada tahun lalu LAZISMU di Jawa Timur yang diaudit ada 1 kantor wilayah dan 5 kantor daerah, maka tahun ini jumlahnya naik 5 kali lipat. Tentu ini suatu raihan yang berharga sebagai hasil kerja keras semua pihak, terutama para Amil dan staf administrasi keuangan LAZISMU di Jawa Timur. Pada tahun depan Zainul mencanangkan bahwa semua kantor LAZISMU di 37 Daerah di Jawa Timur dapat diaudit laporan keuangannya.

Mohammad Syaifuddin Ali Sahidu, Anggota Badan Pengurus LAZISMU wilayah Jawa Timur yang membidangi keuangan, dalam pemaparan awal mengatakan bahwa kegiatan audit ini sebenarnya sudah dijadwalkan pada bulan April 2020, namun karena pandemi Covid-19 maka pelaksanaannya dimundurkan ke bulan Oktober 2020. Demikian pula dengan tempat audit yang tidak dilakukan di kantor LAZISMU Jatim, disesuaikan dengan kondisi pandemi yang belum juga berakhir. Sebanyak 26 Kantor LAZISMU Daerah, 1 Kantor Wilayah dan 1 Kantor Layanan (KL) akan diaudit laporan keuangannya, untuk tahun buku 2019. Total penghimpunan dana Zakat, Infaq, Shodaqoh dan Sosial Keagamaan lainnya (ZISKA) oleh LAZISMU se-Jawa Timur pada tahun 2019 mencapai Rp 32 Milyar.

Ketua Badan Pengurus LAZISMU Pusat Prof Hilman Latief turut menyambut dan mengapresiasi perkembangan LAZISMU Jawa Timur yang sudah dua tahun ini diaudit laporan keuangannya. Hal ini dapat menyemangati dan memberikan contoh bagi LAZISMU wilayah provinsi lain terutama luar Jawa agar segera berbenah dan bisa diaudit laporan keuangannya.

LAZISMU sebagai pengemban amanah sebagai lembaga penghimpun ZISKA tentu harus meningkatkan kepatuhan dan ketertiban sebagai organisasi yang tertib dan rapi di dalam Persyarikatan Muhammadiyah. Bahwa LAZISMU telah ditunjuk untuk mengemban amanah, maka harus ditunaikan amanah itu serta dilaporkan dengan sebaik-baiknya. LAZISMU tidak hanya dituntut untuk tapat dalam menyalurkan kepada sasaran tetapi juga harus disertai dengan menunjukkan bukti ketertiban administrasi pencatatannya. Karena kekuatan gerakan dan lembaga ke depan adalah kekuatan dalam hal ketertiban, kerapian dan ketaatan dalam pencatatan administrasi keuangan. Tidak hanya itu, namun juga harus melaporkan kepada publik dan diperiksa atau diaudit laporannya oleh lembaga pemeriksa keuangan yang independen.

Kegiatan Audit yang dilaksanakan selama seminggu akan memeriksa laporan keuangan kantor LAZISMU wilayah dan Daerah yang ikut diaudit. Selain memeriksa laporan keuangan beserta berkas-berkasnya, Tim Auditor KAP AR Utomo dari Jakarta juga secara random akan mengunjungi beberapa Kantor LAZISMU Daerah dan KL di Jawa Timur, diantara Surabaya, Pasuruan, Sidoarjo, Ngawi dan sebagainya. Kunjungan ini dilakukan untuk mendapatkan data komprehensif yang berguna sebagai bahan penilaian bagi Auditor.

Sebelum bertandang ke Jawa Timur, Tim Auditor dari KAP AR Utomo Jakarta telah mengaudit kantor LAZISMU Pusat di Jakarta, wilayah DIY, Jawa Barat dan Jawa Tengah. Setelah itu akan roadshow ke luar Jawa. Diharapkan dari Audit ini LAZISMU secara nasional dan wilayah Jawa Timur dapat meraih kualifikasi WTP atau Wajar Tanpa Pengecualian sehingga dapat semakin meningkatkan kredibilitas guna menjadi Lembaga Amil Zakat yang terpercaya. (Adit)

[divider]

[divider]

Kokoh Iman, Kuat Imun..

Probiotik Ekstrak Buah.. pemesanan hubungi Vira, WA 0823-3115-2141

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
ada pertanyaan?
Lazismu Jatim
Assalamualikum, adakah yang bisa saya bantu?