Ada Pertanyaan ?

Hubungi 031-8437191

Majelis Lingkungan Hidup dan Penanggulangan Bencana (MLHPB) Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Timur atau MDMC Jatim telah mengirimkan Tim Medis yang berasal dari Rumah Sakit Muhammadiyah (RSM) Fatimah dan Relawan MDMC dalam respon Erupsi Gunung Agung.

Menurut Rofii, Ketua MLHPB/MDMC PWM Jatim, pada hari Rabu siang, tanggal 27 September 2017, Tim tersebut sudah tiba di Posko PDM Karang Asem, Bali. Keberadaan Tim ini nantinya akan membantu dari segi medis dan pengobatan terhadap pengungsi yang menderita sakit atau mengalami masalah kesehatan. Sementara para Relawan akan membantu evakuasi dan tanggap darurat jika kondisi gawat. Untuk langkah selanjutnya Tim menunggu instruksi dari MDMC Jatim serta informasi dan koordinasi dengan BPBD setempat.

Kirim Tim Assesment

Sebelumnya Ketua MLHPB/MDMC PWM Jatim M. Rofii sudah mengirimkan team assesment yaitu dr. Rubi dan Coirul Anam ke Gunung Agung. Laporan sementara yang didapat adallah sebagai berikut :

  • Pengungsi mulai berdatangan dgn jumlah besar
  • Rekomendasi sementara dari team assesment agar segera diberangkatkan ke TKP yaitu : permintaan 2 team medis, 10 relawan, 1 ambulan dan obat-obatan (obat-obatan standar erupsi, gea, ispa, tetes mata, panas, obat kulit, masker).

MLHPB/MDMC PWM Jatim pun sudah berkoordinasi dengan Sekretaris Majelis Pembina Kesehatan Umum (MPKU) PWM Jatim guna menyiapkan :

  • 2 Team medis dari Banyuwangi (RSM Fatimah) dan Rogojampi, didampingi MDMC Banyuwangi (Marno).
  • Untuk relawan dari MDMC Jember oleh Farud juga siap bergabung dengan team di lapangan.
  • Bagi MDMC daerah lain jika mau bergabung segera menghubungi MDMC Jatim atau konfirmasi lewat MDMC PDM masing-masing.

Sementara itu untuk penggalangan bantuan kepada masyarakat luas, Ketua Lazismu Jawa Timur, dr. Zainul Muslimin menunggu instruksi dari Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Timur dan informasi terkini dari lokasi gunung Agung Bali. Namun demikian bagi masyarakat yang ingin menyampaikan bantuan bisa datang langsung ke Posko Lazismu MDMC di PWM Jatim, Jl. Kertomenanggal IV/1 Surabaya atau transfer ke rekening bencana dan kemanusiaan di Bank Muamalat No. 7710015635 a/n Lazis Muhammadiyah Jatim.

(Adit)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *