Search
Close this search box.
Whatsapp Chat
Konsultasikan Zakat Anda kepada Kami

Menata Diri Menjadi Muslim-Muslimah Bermartabat dan Sejahtera Pada Hari Tua Dalam Pesantren Lansia LAZISMU dan MPKS PWM Jatim

Guna meningkatkan kapasitas spiritual para warga Lansia dalam aspek aqidah, ibadah dan akhlaqul karimah, serta mampu mengidentifikasi diri untuk menjadi muslim-muslimah yang bermartabat dan sejahtera sekaligus mampu menata diri di usia tua, Muhammadiyah Jawa Timur mengadakan Pesantren Lanjut Usia (Lansia) di Malang, Sabtu 23 Maret 2024. Kegiatan ini merupakan sinergi Majelis Pembina Kesejahteraan Sosial (MPKS) Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jawa Timur dengan LAZISMU, serta didukung oleh Majelis Telkomsel Taqwa (MTT) Jatim.

Pesantren Lansia LAZISMU dan MPKS PWM Jatim ini dilaksanakan di Hall Balai Diklat Kemendagri Jl Raya Langsep 7 Malang (23/3/24), mulai pagi hingga sore menjelang berbuka puasa. Acara ini diikuti sekitar 75 orang peserta yang berasal dari kota Malang, Kabupaten Malang dan Kota Batu. Para Lansia adalah komunitas jamaah pengajian Lansia binaan MPKS Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) yang ada di areal “Malang Raya”.

Giat Pesantren Lansia diawali dengan pembukaan yang diisi dengan sambutan-sambutan oleh Ketua MPKS PWM Jatim Hudi Nurwulan, Sekretaris LAZISMU Jatim Muhammad Masrukh dan Wakil Ketua PWM Jatim membidangi Kesejahteraan Sosial Muhammad Abduh, sekaligus membuka acara.

Muhammad Abduh Wakil Ketua PWM Jatim membidangi Kesejahteraan Sosial menyambut baik kegiatan ini dan berharap Pesantren Lansia mampu memberikan nilai lebih bagi para Lansia dalam menjalani hari tuanya.

“Mari kita menjalani dan menikmati hidup ini dengan nilai-nilai keimanan dan ketaqwaan kepada Allah Subhanhu Wata’ala. Karena dengan hidup yang bersyukur ini kita senantiasa menjadi manusia yang tenang, bahagia dan dilimpahi kesejahteraan. Semoga kegiatan Pesantren ini mampu memberikan nilai lebih dalam hal beragama bagi para Lansia dalam menjalani hari tuanya, sehingga Husnul Khotimah” sambut Muhammad Abduh ketika membuka kegiatan.

Aditio Yudono, Wakil Ketua LAZISMU Jatim membidangi pendistribusian dan pendayagunaan menyatakan bahwa kegiatan ini tidak hanya program nasional LAZISMU saja, namun didesain sebagai wadah bagi Lansia untuk memperoleh ilmu dan wawasan menyangkut dinamika warga Lansia dalam menghadapi kehidupan pada hari tua.

Oleh sebab itu, lanjut Aditio, materi dirancang oleh MPKS PWM Jatim sesuai dengan kondisi para Lansia. Maka, usai pembukaan selanjutnya kegiatan langsung diisi dengan penyajian materi oleh para narasumber yang hadir, diantaranya :

  • “Refleksi dan Menata Diri di Hari Tua” oleh Dr M. Sholihin, M.PSDM (Wakil Ketua PWM Jatim),
  • “Priorias Amalan bagi Lansia” oleh Prof. Dr. Abdul Haris, MA (PDM Kota Malang),
  • “Hidup menuju Husnul Khotimah” oleh Prof. Dr. Thohir Luth, MA (Wakil Ketua PWM Jatim)
  • “Bersama Muhammadiyah Senior Care (MSC) Menjadikan Lansia Bermartabat & Sejahtera” oleh Basrowi, M.Si dan Zaenal Abidin M.Si (MPKS PWM Jatim).

Narasumber yang hadir merupakan tokoh, ulama dan praktisi yang mampu membawakan materi dengan suasana segar dan menyenangkan. Materi yang disampaikan tak hanya aspek ibadah namun juga problem solving bagaimana menjadikan hidup yang lebih baik, sehat, bermartabat dan sejahtera pada usia lanjut. Tak lupa disertai contoh gerakan-gerakan olah tubuh dan tips-tips demi menjaga kesehatan dan kebugaran bagi para Lansia di hari tua, jelas Aditio.

Peserta Pesantren Lansia yang sebagian besar ibu-ibu ini sangat antusias mengikuti materi demi materi yang disampaikan. Hingga tak terasa waktu menjelang berbuka pun tiba. Mengingat kondisi yang ada pada masing-masing peserta tampak kelelahan dan mempunyai kewajiban di rumah, maka acara Pesantren Lansia diakhiri sebelum pukul 17.00 WIB.

Masing-masing peserta memperoleh bingkisan Kado Ramadhan yang berisi paket sembako dari LAZISMU beserta hidangan takjil dan iftar yang bisa dibawa pulang. Peserta juga mendapatkan kitab al-Qur’an sebagai bacaan mulia bagi para Lansia dalam mengisi hari-harinya dengan nilai-nilai keagamaan.

“Alhamdulillah kegiatan berjalan dengan baik dan lancar. Terima kasih atas dukungan dari semua pihak, terutama Majelis Telkomsel Taqwa (MTT) yang mendukung acara ini. Semoga kegiatan ini bisa bermanfaat bagi para warga Lansia yang tengah menempuh kehidupan masa tuanya,” ujar Aditio Yudono, Wakil Ketua LAZISMU Jatim yang juga sebagai penanggungjawab operasional kegiatan Pesantren Lansia ini. (Ddt).

 

Didukung oleh :

Baca Kabar lainnya

Profil

Donasi

Layanan

Daftar