Ada Pertanyaan ?

Hubungi 031-8437191

Disini sangat jauh dari hingar-bingar lampu kota. Disini akses pendidikan dan kesehatan masih langka… Disini engkau akan melihat rumah kayu dan lantai tanah merata… Disini sumbangsih mu sangat dinantikan mereka!
Jalan terjal kan didaki. Turun naik pasti akan dilalui… Namun kebahagiaan dan kepuasan hati itu pasti, karena warga Slerok menyambut kita dengan sepenuh hati!

Ahad, 03 September 2017, Majelis Lingkungan Hidup (MLH) PDM dan Lazismu Jember melaksanakan kegiatan Nusantara Berqurban untuk Indonesia Berkemajuan (NBIB) sinergi bersama Relawan MDMC, Orari, Trooper Nusantara, KOMSI IAIN, Ngambek Rescue, Vertex Unej, dan Relawan kemanusiaan lainnya.
Bertempat di Slerok Desa Slateng Kec. Ledokombo, lokasi Qurban dipilih agar memenuhi kriteria sasaran prioritas 3T (Terbelakang, Terdalam dan Terpinggirkan), masyarakat Slerok terdiri sekitar 44 kk, yang tersebar di 3(tiga) lokasi, daerah leces, slerok dan slerok atas.

Lokasi Qurban Lazismu Jember kali ini memang cukup jauh dari keramaian kota, berjarak sekitar 45 km dari kota Jember bukan berarti bisa ditempuh dengan mudah, sekitar jarak 4 km dari jalan Kecamatan Ledokombo, jalan yang dilalui mulai tanah dengan jalan berbatu, dan semakin memasuki portal pertama, atau wilayah Hutan Pinus milik Perhutani, jalan terjal mulai terasa, dan beberap lokasi menanjak dan menurun dengan kondisi jalan yang tidak rata. Bahkan untuk menuju perkampungan Slerok paling atas, disarankan hanya kendaraan 4WD yang naik, sisanya bisa menunggu diperkampungan terbanyak penduduknya di Slerok 2.

Alhamdulillah, dengan armada ranger Lazismu Jember serta dibantu dari Relawan Trooper Nusantara, perjalanan ekspedisi di lereng gunung raung Slerok – Desa Slateng Kec. Ledokombo bisa berjalan dengan baik, aman dan lancar, hanya satu mobil Luxio milik PD. Pemuda Muhammadiyah yang ditinggal diportal pertama karena dikhawatirkan ditanjakan berikutnya bermasalah, sisanya sebanyak 10 mobil Trooper, 1 jenis Ford Everest dari Relawan Cirebon dan Surabaya, 2 jenis Jeep dan 1 Strada double cabin milik Lazismu Jember terus melaku menerobos hutan pinus menuju lokasi Qurban.

Sebanyak 12 personil KOKAM SAR PD. Pemuda Muhammadiyah Jember hadir turut serta ke Slerok, 20 dari Trooper Nusantara & Ngambek Rescue juga hadir, 4 orang dari Orari Jember, 2 Vertec Unej, 5 personil KOMSI IAIN Jember, serta 8 personil Pelaksanan, 1 orang Badan Pengurus dan 1 orang Badan Pengawas Lazismu Jember turut serta memeriahkan kegiatan, tidak ketinggalan juga beberapa pasangan ada yang membawa anak-anak mereka untuk sekedar rekreasi sambil mengajari arti berbagi kepada sesama sejak dini.

Pada kesempatan ini, Lazismu Jember berhasil menghimpun sebanyak 6 (enam) ekor domba Qurban yang akan dibagikan kepada masyarakat Slerok baik berupa daging qurban maupun masakan sate+gule bersama Relawan yang hadir, keenam domba Qurban itu diperoleh dari:
1. Drh. H. Puput Rijalu Wijaya – Jember
2. Ir. Andaka Pratama – Jember
3. Ahmad – Surabaya
4. Kholifah – Surabaya
5. Sony Bakhtiar – Jember
6. KL Lazismu Kalisat

Acara yang telah dipersiapkan sedemikian rupa dimulai dengan alunan musik dengan judul Kemesraan yang dibawakan oleh mahasiswa yang tergabung dalam KOMSI IAIN Jember, selanjutnya dibuka dengan beberapa sambutan yaitu pertama dari Koordinator Relawan Kemanusiaan, Abu Alis Elsas, menyampaikan bahwa, “kehadiran para relawan ini bentuk kepedulian kepada warga masyarakat Slerok, kedepan semoga kami bisa hadir dengan kegiatan yang lebih bermanfaat”.

Dilanjutkan kemudian oleh Dima Akhyar, salah satu Badan Pengawas Lazismu Jember yang mengapresiasi kegiatan yang bersinergi bersama komponen Relawan Kemanusiaan lainnya,“Diharapkan kegiatan ini adalah awal dari kegiatan selanjutnya, bukan akhir dari pertemuan kita, apalagi kita sudah bersepakat untuk terus membantu masyarakat Slerok dengan kemampuan yang bisa kita lakukan”.

Setelah itu acara dilanjutnya penyembelihan hewan qurban seraya diiringi alunan musik dari mahasiswa KOMSI IAIN Jember, pemberian bibit buah produktif dari Majelis Lingkungan Hidup (MLH) PDM Jember yang diwakili oleh drh. H. Puput Rijalu Wijaya secara simbolis diserahkan kepada ketua RT Slerok. Harapannya, “ada pohon buah yang bisa menjadi simbol persahabatan dan persaudaraan kami bersama masyarakat Slerok”, kata drh. Puput menjelaskan.

Para anak-anak Relawan Kemanusian juga berinteraksi dengan anak-anak Slerok, bahkan diantaranya putri dari Abu Alis Elsas, membawa beberapa boneka, mainan dan snack untuk dibagikan kepada anak-anak yang tinggal di Slerok, karena bagaimanapun kehadiran hadiah kecil ini membawa beribu kebahagiaan yang tiada mereka lupakan.

Sambil mempersiapkan makan siang yang akan disantap bersama-sama baik Relawan Kemansiaan dan masyarakat Slerok serta pembagian daging qurban, beberapa personil kemudian melanjutkan dengan survey lokasi rencana pembangunan ruang MCK (Mandi, Cuci dan Kakus) untuk masyarakat Slerok, selama ini hanya ada 1 (satu) yang bisa dikatakan cukup layak, dan harus berbagi untuk sekitar 17 kk dan dimasing-masing rumah warga sendiri beluma dan kamar kecil yang memadai, hanya sebuah selang yang mengalir kecil kerumah-rumah warga untuk kebutuhan minum dan memasak.

Lokasi kedua akan dipersiapkan sekitar 1,5km dari Slerok yang bisa menjangkau komunitas warga dibawah Slerok atau yang dikenal warga Leces, namun masih dalam satu jalur jalan yang harus melalui hutan pinus, MCK ketiga dan keempat setidaknya bisa berada di dekat Musholla warga Slerok, sehingga saat orang-orang akan menunaikan sholat bisa dekat untuk berwudhu atau kepentingan lainnya.

Rencana pembangunan saluran air juga dibutuhkan diportal pertama menuju Slerok karena selama ini ada 2kk yang harus berjalan 1km untuk mendapatkan air bersih, baik untuk minum, makan, mandi ataupun lainnya, semakin didekati semakin banyak yan perlu dipikirkan dan dikerjakan bersama-sama, namun dengan ikhtiar yang sama, tentu pasti ada jalan keluarnya, seperti setelah survey lokasi ini, Relawan dari Cirebon dan Surabaya langsung memberikan bantuan Rp 2.500.000 (Dua Juta Lima Ratus Ribu Rupiah) kepada panitia Kecil Peduli Slerok.“InsyaAllah, kami akan terus melakukan penggalangan lebih lanjut setelah tahu dengan mata kepala sendiri kondisi masyarakat disini, dan berharap panitia Peduli Slerok di Jember bisa terus membantu menyalurkannya”, kata salah satu Relawan yang jauh-jauh dari luar kota namun enggan disebutkan namanya itu.

Slerok kami akan pergi, namun tidak selamanya, karena kami pergi untuk kembali, membawa mimpi-mimpi untuk kembali nyata. Acara selanjutnya ditutup dengan makan bersama seluruh komponen yang ada dengan masyarakat Slerok setelah pembagian daging qurban selesai didistribusikan.

Video selengkapnya Klik di SINI: http://bit.ly/QurbanSlerok2017

PASCA QURBAN, AKAN BENAHI SANITASI

Lazismu Jember sinergi bersama Relawan Kemanusiaan Jember, seperti: Majelis Lingkungan Hidup (MLH) PDM, mdmc, KOKAM SAR PDPM, Orari, Trooper Nusantara, Relawan BPBD dan sebagainya telah bersepakat untuk melaksanakan kegiatan lanjutan pasca Qurban Bersama untuk Sesama di Slerok Desa Slateng Kec. Ledokombo ini berupa pengadaan Sanitasi, seperti ketersediaan air untuk masing-masing rumah warga, tempat WC umum  yang saat ini masih ada 1 (satu) unit yang dianggap layak, digunakan sebanyak 27 KK, serta ada 1 (satu) unit lagi yang sangat jauh dari layak untuk sekitar 12 kk di daerah Leces (dibawah kampung Slerok).

Selain itu, masih ada juga penjaga portal masuk pertama ke hutan pinus yang dikenal dengan Bu Sup, masih tidak memiliki tempat saluran air sendiri, ada 2 KK disitu padahal kebutuhan MCK warga sangat dinantikan setiap saat bisa digunakan. Selama ini Bu Sup bersama anak dan menantu serta cucunya harus berjalan sekitar 1km ke sumber air yang digunakan untuk memasak, mencuci ataupun wudhu dan mandi.
Melihat kondisi seperti itu, segenap Relawan telah bersepakat untuk membantu setidaknya ada 3 (tiga) unit MCK (Mandi, Cuci dan Kakus) lagi agar bisa memenuhi kebutuhan warga, serta menyediakan pipa untuk mengalirkan air kerumah Bu Sup yang berada di portal pertama menuju Slerok.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *