Mengajak Qurban Terbaik, Lazismu Siapkan Tabungan Qurban

Media sosial

Bulan Dzulhijjah 1439 Hijriyah masih lama. Pun demikian dengan persiapan ummat Islam dalam berqurban masih punya waktu yang panjang. Namun seringkali banyak yang ‘kalang kabut’ atau ‘gelagapan’ ketika waktu qurban tiba, mulai dari tidak ada dana, dana tidak cukup karena harga ternak yang naik, kurangnya pasokan ternak, atau belum menentukan hendak berqurban dimana, dan lain sebagainya.

Selain sebagai Lembaga Amil Zakat, Lazismu juga sebagai lembaga filantropi yang menghimpun potensi ummat Islam dalam hal kedermawanan, termasuk ibadah qurban. Lazismu memfasilitasi kaum muslim dalam menunaikan ibadah qurban melalui pelayanan dan program distribusi qurban yang mampu memberi nilai tambah (add value) dan pengalaman baru bagi masyarakat dan pequrban di seluruh jaringan Lazismu.

Selama ini kita mengenal berqurban secara kla-sik atau konvensional, yaitu dilakukan dengan menyem-belih hewan qurban pada hari “H” Idul Adha atau pada hari-hari tasyrik serta membagikan daging segarnya kepa-da masyarakat pada saat hari penyembelihan itu juga. Pada tahun 2017 ini Lazismu memulai program Qurban Berkemajuan, yaitu menyembelih hewan ternak pada hari “H” Idul Adha atau pada hari-hari tasyrik, lalu dagingnya dikemas dalam kaleng dengan branding Rendangmu dan Kornetmu “Nusantara Berqurban untuk Indonesia Berkemajuan”. 70% kornet dan rendang tersebut didistribusikan kepada anak yatim, masyarakat dhuafa, kawasan 3T serta daerah yang terkena bencana alam, sehingga manfaatnya dapat menjangkau mereka yang tidak terjangkau. 30%-nya dikembalikan kepada Pequrban untuk diri, keluarga dan kerabat pequrban.

Kornet dan rendang kaleng ini bisa bertahan untuk jangka waktu lama. Dengan qurban yang dikemas dalam kaleng tentu akan dapat menjangkau mereka yang membutuhkan di kawasan yang jauh dan pelosok dengan rentang waktu yang agak longgar sehingga tidak terburu waktu dari segi distribusi. Itulah yang dimaksud dengan berqurban yang berkemajuan.

Nah, menghadapi momen Qurban tahun depan (2018 M / 1439 H) Lazismu mengajak ummat Islam yang merasa berat jika harus membeli ternak menjelang hari ‘H’, untuk mempersiapkan Qurban sejak awal, yaitu dengan menabung dan sekaligus berqurban melalui Lazismu. Dengan Tabungan Qurban ini calon pequrban dapat menabung uang setiap saat melalui Kantor Lazismu Daerah yang tersebar di seluruh Jawa Timur. Jika menjelang Hari Raya Idul Adha dana sudah cukup seharga ternak qurban maka Lazismu akan melaksanakan amanah pequrban, baik daging qurbannya dikornet dan direndang maupun dibagikan secara konvensional.

Bagi yang ingin mendaftarkan diri Tabungan Qurban, calon pequrban bisa menghubungi Kantor Daerah Lazismu yang ada di seluruh Jawa Timur. (Adit).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
ada pertanyaan?
Lazismu Jatim
Assalamualikum, adakah yang bisa saya bantu?