Merebahkan Hewan Qurban Cukup Oleh Seorang Saja Menjadi Perhatian Utama Pada Pelatihan Qurban di Kota Probolinggo

Media sosial

Pada tanggal 10 Dzulhijjah 1438 Hijriyah atau bertepatan dengan tanggal 1 September 2017 Miladiyah ummat Islam akan merayakan Hari Raya ‘Idul Adha atau biasa dikenal dengan Hari Raya Qurban. Pada hari itu dan selama hari tasyrik ummat Islam yang berkemampuan berqurban hewan ternak, baik sapi, kerbau, kambing atau domba. Berbagai persiapan kini dilakukan agar dalam pelaksanaannya nanti dapat berjalan dengan sebaik-baiknya.

drh. Zainul Muslimin in action

Berkaitan dengan penyelenggaraan dan pelaksanaan ibadah qurban tersebut, Majelis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Probolinggo bersama Lazismu pada hari ahad 20 Agustus 2017 mengadakan Pelatihan Penyembelihan Hewan Qurban Secara Syar’i di kompleks kantor PDM Kota Probolinggo. Bertindak sebagai narasumber dan instruktur yaitu drh. Zainul Muslimin selaku Ketua Lazismu wilayah Jawa Timur.

Pelatihan diikuti oleh 75 orang peserta dari PCM, AUM dan Takmir Masjid Muhammadiyah se-Kota Probolinggo. Tujuannya adalah mensosialisasikan pelaksanaan penyembelihan hewan qurban secara syar’i. Materi yang disampaikan seputar syariat pelaksanaan ibadah qurban, pemilihan hewan ternak qurban terbaik yang sesuai syar’i, hieginitas, penanganan ternak qurban sesuai standar Animal Welfare (Kesejahteraan Hewan) dan teknis perebahan serta penyembelihan hewan qurban.

Dalam pelatihan ini yang menjadi perhatian utama para peserta adalah teknis cara merebahkan hewan qurban, baik kambing maupun sapi yang hanya dilakukan oleh seorang saja, tanpa membuat hewan tersebut meronta-ronta, stress dan merasa menderita kesakitan. Dalam sessi praktiknya drh. Zainul Muslimin memperagakan teknis perebahan tersebut yang kemudian dipraktikkan oleh para peserta pelatihan.

Para peserta tampak sangat antusias dan ke depan berharap kegiatan seperti ini dapat terus diadakan. Adapun pesertanya bisa lebih diperluas lagi agar ummat Islam yang berqurban menjadi paham pelaksanaan qurban dari segi syar’inya. (Adit/foto: Imam Fauzi).

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
ada pertanyaan?
Lazismu Jatim
Assalamualikum, adakah yang bisa saya bantu?