Merespon Erupsi Gunung Semeru di Lumajang, MDMC-LAZISMU kirim Bantuan kepada Warga Terdampak

Media sosial

Muhammadiyah merespon terjadinya erupsi gunung Semeru di Lumajang pada 1 Desember 2020 lalu. Respon itu dilakukan dalam bentuk pengiriman Relawan dan bantuan ke lokasi perkampungan terdampak erupsi.

Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC), LAZISMU, Pemuda Muhammadiyah, IMM serta Organisasi Otonom Muhammadiyah lainnya bergarak dalam penanganan erupsi gunung Semeru, kamis 3-12-2020. Para Relawan meluncur ke lokasi selain melakukan asessment juga untuk mendistribusikan 140 box air mineral, 20 dus bizquit, 9 dus baju layak pakai, 15 box pampers, dan 40 box masker. Bantuan itu diperoleh dari para donatur yang menyumbang untuk bencana alam.

Anggit selaku Ketua MDMC Kabupaten Lumajang mengatakan bahwa kondisi pengungsi pada kamis sore ini mengkhawatirkan karena lahar dingin sudah mulai turun. Hal itu terjadi disebabkan abu vulkanik yang menghalangi aliran sungai setiggi 3-4 meter ketika lereng semeru hujan lebat. Tentu hal ini berpotensi menjadi bencana baru. Tetapi dari pantauan MDMC semua warga yang di sekitaran aliran sungai sudah direlokasi ke tempat pengungsian.

“Kami selalu koordinasi dengan MDMC wilayah dan MDMC rayon 4 mengingat Bupati Lumajang sudah menetapkan darurat bencana. Kita dari unsur Muhammadiyah harus bergerak dengan elamen masyarakat lainya.” kata Anggit.

Drs Muari, Ketua LAZISMU Lumajang mengajak kepada kaum Muslim, khususnya Persyarikatan Muhammadiyah, dan elemen masyarakat lainnya untuk medonasikan sebagian rizkinya guna membantu warga terdampak erupsi yang ada di lereng gunung Semeru.

M Rofi’i selaku Ketua MDMC Jawa Timur mengatakan bahwa pihaknya akan selalu men-suport kegiatan para Relawan MDMC di Lumajang dengan segera mengirimkan team dari MDMC wilayah untuk mendampingi penanganan tanggap darurat ini. (Kus-Adit)

[divider]

REKENING LAZISMU KEMANUSIAAN

  • Bank Mu’amalat No. 7710015635 a/n LAZIS MUHAMMADIYAH JAWA TIMUR
  • Bank Syariah Mandiri 9000008882 a/n LAZIS MUHAMMADIYAH JATIM ZISKA

  • Scan QRIS untuk Donasi

[divider]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
ada pertanyaan?
Lazismu Jatim
Assalamualikum, adakah yang bisa saya bantu?