Ombak Tinggi Tak Ciutkan Nyali Lazismu Gresik Salurkan Bantuan ke Pelosok Pulau Bawean

Media sosial

Ombak tinggi yang menyertai perjalan Kapal Express Bahari dari Pelabuhan Gresik menuju Pulau Bawean tak menyiutkan nyali kami, Tim Lazismu Gresik, yang hendak bersafari dakwah ke pulau tersebut, (29/7). Sebab ada satu misi mulia yang akan kami bawa: menyalurkan amanah para donatur Lazismu untuk warga tak mampu di sana.

Tim yang terdiri dari Mas Abidin, Mas Taufiq, Mbak Rizka, dan saya, akhirnya sampai di pulau yang masuk Kabupaten Gresik itu, tepatnya di Kecamatan Sangkapura. Ketua Lazismu Kantor Layanan Sangkapura Pak Hairudin langsung ikut menyambut kami untuk diantar ke Masjid Asshalihien Sangkapura, basecamp tim selama di Bawean.

“Alhamdulillah Lazismu Kantor Layanan Sangkapura sudah berkembang lebih baik sehingga donatur saat ini sudah mencapai 190 orang,” kata Hairudin dalam perbincangan dengan kami.

Usai bincang-bincang itu, kami diantar ke Dusun Balikbak Gunung oleh Pak Budi, Warga Muhammadiyah Sangkapura, dengan membawa mobil ambulans Aisyiyah. Medan pegunungan yang terjal tak membuatnya mengurangi laju kendaraan. Mungkin karena dia sudah hapal betul dengan lekuk-lekuk jalan di daerah itu. Kami pun sempat menikmati suasana pegunungan di Kecamatan Sangkapura yang asri itu.

“Banyak spot pemandangan yang layak menjadi destinasi wisatawan dan itu sepertinya yang membuat dusun di atas gunung itu bernama Balikbak Gunung,” ujar Mas Budi yang sangat terkesima dengan pemandangan pedesaan di pegunungan itu.

Sesampainya di lokasi, kami disambut oleh pasukan Kokam Perkasa yang kebetulan mengadakan diklatsar di dusun tersebut. Kami pun diberi kesempatan untuk menginap di tenda yang mereka pinjamankan.

Esoknya, (Ahad, 30/7),  kami memulai aksi penyaluran bantuan. Dalam kegiatan bertjuk Bakti Sosial dan Turba Bawean ini, kami berkerja sama dengan Lazismu Kantor Layanan Duduksampean, Lazismu Kantor Layanan Sangkapura, RS Muhammadiyah Gresik, dan Kokam Gresik.

“Alhamdulillah kupon-kupon penyaluran sembako sejumlah 70-an tersalurkan semua. Kupon kesehatan gratis sebanyak 300 juga bisa diberikan kepada yang berhak dari Dusun Balikbak Gunung, dan Balikbak Hilir,” komentar Pak Khuzaimi, Ketua Pimpinan Cabang Muhammadiyah Sangkapura.

Selesai acara, sore hari itu juga kami melanjutkan sosialisasi kegiatan dan program Lazismu kepada Kantor Layanan Sangkapura di Masjid Asshalihin, yang dihadiri oleh berbagai pengurus organisasi otonom Muhammadiyah Sangkapura. “Harapan kami, bisa terjalin kerjasama yang lebih erat lagi antara Kantor Layanan Sangkapura dan Lazismu Gresik,” ujar Mas Taufiq. Kagiatan kami di Bawean akan berakhir hari ini, Senin (31/7). (Zaki/www.pwmu.co)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
ada pertanyaan?
Lazismu Jatim
Assalamualikum, adakah yang bisa saya bantu?