Percepat Rehabilitasi Asrama Pondok Pesantren al-Ikhlas di Bima, Target Sebelum Ramadhan 1438 Hijriyah Tiba

Media sosial

Tim Rehabilitas Majelis Lingkungan Hidup dan Penanggulangan Bencana dan Lazismu (MLHPB)/MDMC PWM Jawa Timur kini sedang mempercepat rehabilitasi Asrama putera Pondok Pesantren al-Ikhlas di kota Bima yang terdampak Banjir bandang Desember 2016 lalu. Targetnya sebelum Ramadhan 1438 H Asrama tersebut sudah direhab dan dapat dipergunakan oleh para santri.

Tim yang terdiri dari 5 orang tukang, 2 relawan MLHPB/MDMC dan 1 Lazismu Jatim tiba di Bima 28 Februari 2017 lalu dan segera melakukan pekerjaan pada 1 Maret 2017. Tim juga dibantu oleh 5 orang tukang dari Jawa Tengah. Saat ini 10 orang tukang tersebut sedang mengkebut dan bekerja secara estafet agar pengerjaan asrama Ponpes cepat selesai sebelum target.

Kondisi asrama Ponpes dan kompleks perguruan sesaat setelah terjadi bencana banjir bandang sangat memprihatinkan. Selain penuh lumpur banyak fasilitas yang mengalami kerusakan. Memang seluruh kota Bima saat terjadi banjir lumpuh dan nyaris terisolir karena akses komunikasi terputus.

Pada tanggap darurat awal pada bulan Januari 2017 lalu telah dilakukan pembersihan lokasi dan pembenahan sekedarnya pada asrama Ponpes oleh Tim Kokam, MLHPB MPKU dan Lazismu Jatim dan beberapa wilayah lainnya seperti DIY dan Jateng.

Kini yang sedang ditangani adalah rehab asrama putra dengan target sebelum puasa dan asrama puteri setelah Idul Fitri nanti. Dana yang dibutuhkan untuk proses rehab ini adalah sebesar Rp. 384 juta yang diperoleh dari sumbangan donatur Lazismu dan partisipasi dari MPKU PWM Jatim terutama jaringan Rumah Sakit Muhammadiyah. (Adit).

       

        

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
ada pertanyaan?
Lazismu Jatim
Assalamualikum, adakah yang bisa saya bantu?