Search
Close this search box.
Whatsapp Chat
Konsultasikan Zakat Anda kepada Kami

Pesantren Anak Hebat LAZISMU dan LDK PWM Jatim Berikan Motivasi Kepada Anak Makam Pegirikan Menuju Hidup Yang Lebih Baik dan Bahagia

Hidup itu indah. Allah sendiri yang memerintahkan kepada manusia agar manusia itu
tidak merasa bahwa hidupnya sengsara, nelongso, merana, tidak terperhatikan. Sebagai manusia kita harus merasa bahagia sehingga rasa syukur itu ada dalam hati manusia. Dengan banyak bersyukur maka tidak akan berkeluh kesah meskipun hidup serba susah dari segi ekonomi. Secara hati nurani merasa cukup karena masih bisa makan dan menikmati udara yang segar di pagi hari.

Hidup bahagia adalah dambaan setiap manusia, termasuk anak-anak jalanan, yang notabene kurang mampu secara ekonomi. Mereka juga ingin merasakan bisa makan layak, mereka juga ingin jalan-jalan kesuatu tempat. Akan tetapi saat ini mereka mengalami keterburukan secara ekonomi ataupun yang lainnya sehingga belum mampu mewujudkan keinginan dan harapannya.

Melihat hal itu Lembaga Dakwah Komunitas (LDK) Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jawa Timur bersinergi bersama Lembaga Amil Zakat Infaq dan Shadaqah Muhammadiyah (LAZISMU) Jatim mencoba memberikan motivasi dan harapan kepada Anak Makam, yaitu anak-anak yang setiap harinya hidup di sekitar dan di dalam areal pemakaman Pegirikan Surabaya.

Mereka disebut Anak-anak Makam, karena dalam keseharian mereka hidup di sekitar makam, ada yang bekerja membersihkan makam atau kuburan ketika ada peziarah datang, atau membantu kegiatan upacara pemakaman jika ada orang yang meninggal. Mereka tinggal di hunian liar di sekitar makam. Sebagian besar bersekolah (SD-SMP) dan masih memiliki orang tua. Namun karena faktor kondisi kemiskinan, mereka kurang terurus hidupnya dan menjadi anak jalanan yang berada di makam Pegirikan Surabaya.

Menyemarakkan bulan Ramadhan 1445 Hijriyah ini LDK PWM bersama LAZISMU Jatim mengadakan kegiatan Pesantren Anak Hebat pada Komunitas Anak Makam Pegirikan Surabaya. Kegiatan dilaksanakan pada hari Ahad siang hingga malam hari, (17/03/24), bertempat di Rumah Singgah Al-Furqon kawasan Medokan Semampir Surabaya Selatan. Rumah Singgah Al-Furqon adalah Musholla PRM Medokan Semampir, yang juga dikelola sebagai fasilitas Dakwah Komunitas oleh LDK PWM Jatim.

Sebanyak 50 anak makam Pegirikan jam 10 pagi dijemput oleh Tim LDK PWM Jatim menggunakan kendaraan carteran pada Ahad pagi. Makam Pegirikan berlokasi di Jl Sidorame Surabaya Utara. Pagi itu mereka dibawa ke Rumah Singgah Al-Furqon yang berlokasi di Medokan Semampir Surabaya Selatan. Dengan didampingi oleh beberapa pendamping yang merupakan warga sekitar makam Pegirikan, anak-anak makam ini sangat senang dan gembira menempuh perjalanan naik Angkot sewaan dari kawasan Pegirikan ke Medokan Semampir. Hal itu karena mereka sangat jarang diajak bepergian ke luar area.

Sesampai di Rumah Singgah Al-Furqon anak-anak ini diajak sholat dhuhur berjamaah di ruangan utama yang juga berfungsi sebagai Musholla. Setelah sholat Dhuhur berjamaah mulailah mereka mengikuti kegiatan Pesantren Anak Hebat yang telah dipersiapkan oleh Tim LDK PWM dan LAZISMU Jatim.

Kegiatan dimulai dengan acara pembukaan yang diisi sambutan oleh Dr Muhammad Sholihin, Wakil Ketua PWM Jatim dan Achmad Tholhah, Ketua LDK PWM Jatim. Seremoni juga diisi dengan penyerahan paket bingkisan secara simbolis dari LAZISMU Jatim kepada perwakilan anak Makam.

Setelah pembukaan dilanjut dengan materi pertama yaitu Tips Menghafal Al-Quran Semudah Tersenyum oleh ustadz Habibulah Al-Irsyad, M.Pd.I. Kemudian diteruskan dengan materi kedua yaitu motivasi “Hidup Indah Penuh Makna” bersama ustadz Aksar Wiyono, S.Th.I., M.Pd.I. Setelah Sholat Ashar kegiatan diteruskan hingga menjelang maghrib, dengan materi “Menyiapkan Hari Esok Yang Lebih Baik” oleh ustadz Soedjono, M.Pd.

Tak terasa enam jam sudah kegiatan Pesantren Kilat bagi Anak Makam dilaksanakan. Tibalah adzan Maghrib sebagai tanda waktu berbuka puasa. Seluruh anak makam dan pendamping bersama Tim LDK dan LAZISMU Jatim berbuka puasa bersama menikmati sajian takjil dan makan malam yang telah disediakan. Setelah sholat maghrib berjamaah acara kemudian diakhiri dengan pembagian bingkisan dan uang saku dari LAZISMU. (Adt)

Baca Kabar lainnya

Profil

Donasi

Layanan

Daftar