Search
Close this search box.
Whatsapp Chat
Konsultasikan Zakat Anda kepada Kami

Program Ramadhan 1444 H

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Alhamdulillah, bulan suci Ramadhan akan segera tiba. Insya Allah kita akan memulai berpuasa pada hari kamis tanggal 1 Ramadhan 1444 Hijriyah atau bertepatan dengan tanggal 23 Maret 2023 Miladiyah.

Ramadhan adalah bulan nan mulia, penuh rahmat, barokah dan ampunan dari Allah SWT. Sungguh merupakan suatu kegembiraan dan kebahagiaan bila kita masih dikaruniai usia untuk dapat berjumpa dengan bulan Ramadhan. Ramadhan adalah bulan untuk memaksimalkan ibadah kepada Alla SWT. Yang terutama adalah berpuasa sebulan penuh lamanya. Kita juga memaksimalkan kualitas ibadah, seperti memperbanyak sholat, membaca al-Qur’an, memanjatkan do’a dan bersedekah.

Selain itu Ramadhan adalah bulan penuh berkah bagi umat Islam. Kaum muslimin banyak berderma pada bulan ini dengan menunaikan zakat, memberikan infaq dan shadaqahnya untuk membantu sesama. Momen Ramadhan dijadikan ummat Islam untuk meningkatkan amal kebaikan dan menebar kebermanfaatan. Melalui Zakat, infaq dan Sedekah, sebagaimana tuntunan agama Islam, ummat didorong untuk peka, tanggap dan peduli terhadap permasalahan sesama yang membutuhkan.

Kebiasaan baik itu sangat relevan dengan arah dan kebijakan Negara yang mengangkat tema ekonomi inklusif yang berkelanjutan. Mengapa relevan? karena manfaat zakat, infaq dan shadaqah (ZIS) dapat digunakan untuk menguatkan ekonomi dhuafa’, membantu kesulitan ekonomi masyarakat, memberikan pendidikan yang mencerahkan serta melayani umat dalam menjaga kesehatan, pasca pandemi.

Ramadhan 1444 H – 2023 M juga tampak istimewa karena program yang akan dijalankan oleh LAZISMU terkait dengan tiga pilar program utama yaitu Ekonomi, Pendidikan dan Sosial Dakwah. Ketiga pilar itu secara langsung memenuhi syarat sebagai program inovasi sosial dan mendukung program Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDG’s).

Oleh sebab itu LAZISMU mengajak seluruh ummat Islam untuk dapat mensukseskan bulan Ramadhan bersama-sama dalam rangka menguatkan bangsa Indonesia yang baru pulih dari krisis ekonomi karena dampak pandemi selama ini.

Lalu Bagaimana kita Bisa Memaksimalkan Giat Amal Kebaikan Selama Bulan Ramadhan ?

Bersama LAZISMU, Lembaga Amil Zakat Infaq dan Shadaqah Muhammadiyah, kita bisa memaksimalkan gerakan menebar amal kebaikan. Dengan tema “ZAKAT KUATKAN INDONESIA” LAZISMU berkomitmen menjadikan Zakat sebagai solusi bagi permasalahan ummat dan bangsa.

Apa saja Program-program LAZISMU ?

Tebar Takjil, adalah program bagi-bagi takjil berupa makanan dan minuman kepada masyarakat yang masih dalam perjalanan pulang kerja saat maghrib tiba, atau memberikan paket takjil kepada masjid, musholla, maupun kegiatan-kegiatan lain yang membutuhkan.

Event tebar takjil juga dimanfaatkan untuk kampanye zakat seperti menyebarkan brosur, aksi treatikal dan lain-lain. Program Tebar Takjil ini juga turut memberdayakan usaha mikro dengan isi paket yang disesuaikan dengan kebutuhan atau kearifan lokal masyarakat di masing-masing kawasan.

Back To Masjid, yaitu program dalam rangka menyemarakkan masjid sebagai pusat dakwah Islam.

  1. BBM (Bersih-Bersih Masjid), adalah program bersih-bersih masjid atau musholla dan penyediaan pelengkap sarana ibadah mulai dari mukena, karpet sejadah, pengeras suara dan lain-lain.
  2. Rehab (Renovasi Tempat Ibadah), adalah program renovasi ringan dari fasilitas masjid atau musholla yang digunakan sebagai tempat ibadah sehari-hari masyarakat, renovasi ringan ini meliputi pengecatan tembok masjid atau musholla, tempat air wudhu dan kamar mandi, kanopi dan lain-lain.
  3. Pesantren Cilik, adalah kegiatan penguatan aqidah dan penanaman akhlaq bagi Santri anak-anak TPQ Masjid.
  4. Pesantren Muallaf, adalah kegiatan pendampingan dan pembekalan muallaf selama bulan Ramadhan dengan mengadakan kajian-kajian dan berbuka Bersama.
  5. Pesantren Anak Jalanan, adalah kegiatan penanaman keagamaan kepada anak-anak jalanan yang berbasis komunitas.
  6. Pesantren Harapan, adalah kegiatan pembekalan agama dan pra pemberdayaan ekonomi kepada para Narapidana di LAPAS terutama bagi yang hendak mengakhiri masa hukuman.
  7. Safari Dakwah Imam Palestina yaitu Perjalanan (Rihlah) Dakwah Berkeliling Daerah di Jawa Timur bersama dengan Imam dari Palestina dalam bentuk ; Ceramah Ramadhan, Kuliah Subuh, Gelar Donasi Kemanusiaan, Taddarus/Tahsin al-Qur’an dan sebagainya.
  8. Ramadhan Menguatkan Indonesia yaitu konten-konten dakwah populer LAZISMU bersinergi bersama Majelis Tabligh Muhammadiyah di kanal youtube dan berbagai social media.

Kado Ramadhan, adalah program khusus Ramadhan yang dengan program ini dengan memberikan bingkisan Ramadhan kepada Da’i, Ustadz, Guru, Yatim dan Dhuafa’ lainnya.

  1. Kado Da’i, adalah memberikan Kado Ramadhan kepada para Da’i maupun Ustadz di seluruh Indonesia, berupa sembako atau bentuk bingkisan lain untuk mendukung aktivitas dakwah.
  2. Kado Guru, adalah memberikan Kado Ramadhan kepada para guru di seluruh Indonesia, berupa sembako, bingkisan berupa buku-buku penunjang untuk meningkatkan kualitas guru atau bingkisan bentuk lain sesuai kebutuhan mereka di lapangan.
  3. Kado Dhuafa, adalah memberikan Kado Ramadhan kepada anak yatim, lansia, difabel dalam bentuk sembako atau bingkisan lain yang sesuai dengan kebutuhan mereka, agar pada bulan Ramadhan yang penuh berkah ini mereka ikut merasakan kegembiraan.

Pemberdayaan UMKM, yaitu memberikan order dan modal usaha kepada duafa yang berdagang takjil di bulan suci Ramadhan, program ini dalam rangka memberikan stimulus bagi dhuafa’ utk terus berani bangkit dari keterpurukan ekonomi saat ini, harapannya adalah kegiatan ekonomi mereka tetap dapat berjalan baik pasca Ramadhan.

Mudikmu Aman, yaitu mendirikan pos mudik atau tempat singgah pemudik dan arus balik yang dimulai dari H-5 lebaran hingga H+5 pasca lebaran dengan memberikan layanan yang lengkap, aman dan nyaman kepada para pemudik yang sedang melintas di wilayah masing-masing.

Layanan yang diberikan kepada para pemudik meliputi layanan penyediaan tempat istirahat, cek kesehatan, layanan takjil dan air panas gratis, colokan listrik dan tempat sholat yang nyaman, toilet dan lain-lain. Selain layanan diatas, Lazismu dapat memberikan edukasi dan sosialisasi ZISKA kepada pemudik serta membuka layanan pembayaran ziswaf di pos tersebut.

Titik Posko : Ngawi dan Madiun.

Apa Saja Paket Program Ramadhan LAZISMU ?

  • Sedekah Air Minum,
    Reguk Kesegaran Berbuka Puasa di bulan Ramadhan
    Rp 25.000,- per box gelas (cup) 220 ml dan Rp. 35.000,- per box ukuran botol 330 ml.
  • Tebar Takjil dan Paket Buka Puasa,
    Berbagi Nasi Box Untuk Berbuka Puasa
    Rp 17.500 per Nasi box untuk buka puasa.
  • Sejuta Qur’an,
    Gairahkan Cinta Qur’an untuk Semua Generasi,
    Rp 100.000,- per 3 exp al-Qur’an.
  • Safari Dakwah Imam Palestina,
    Ramadhan Kuatkan Dakwah dan Perdamaian Dunia
    Donasikan Infaq Terbaik melalui Masjid-masjid yang menjadi tempat Safari Dakwah.
  • Kado Ramadhan,
    Bingkisan untuk Dai, Guru dan Dhuafa
    Rp 250.000,- per paket.
  • Sayangi Yatim,
    Bingkisan untuk Anak Yatim Piatu Non Panti
    Rp. 500.000,- per paket
  • Utamakan Zakat Fitrah,
    Berkah untuk Sesama dan Berdayakan Petani kita
    Rp 45.000,- per jiwa.

Bagaimana Berdonasi Melalui LAZISMU ?

  • Transfer Bank.
    Daftar Rekening Bank di bawah ini.
  • Berdonasi melalui WEBSITE,
    klik : www.lazismujatim.org
  • Scan QRIS Code.
    QRIS tercantum di bawah ini.
  • Jemput Donasi.
    (Surabaya dan Sekitarnya)
    Hubungi WA : 0851-6170-2078
  • Datang langsung ke Kantor Layanan LAZISMU (Jatim) .
    Jl Jawa no 5 Buduran Sidoarjo (Gedung Kemanusiaan LAZISMU), atau
    Jl Kertomenanggal IV no 1 Surabaya (Gedung Muhammadiyah Jatim) pada jam kantor.

Rekening LAZISMU

Rekening Lazismu Zakat

  • Bank Syariah Indonesia BSI No. 9000 009 994 a/n LAZIS MUHAMMADIYAH JATIM ZAKAT
  • Bank Muamalat No. 7710 015 630 a/n LAZIS MUHAMMADIYAH JAWA TIMUR (ZAKAT)
  • Bank Jatim Syariah No. 6141 111 999 a/n Lazismu Jatim Zakat

Rekening Lazismu Infaq

  • Bank Syariah Indonesia BSI No. 9000 005 557 a/n LAZIS MUHAMMADIYAH JATIM INFAQ
  • Bank Muamalat No. 7710 015 631 a.n LAZIS MUHAMMADIYAH JAWA TIMUR (INFAQ DAN SEDEKAH)
  • CIMB Niaga Syariah No. 861 777 777 500 a.n. LAZISMU JAWA TIMUR
  • Bank Jatim Syariah No. 6141 919 191 a/n Lazismu Jatim Infaq

Konfirmasi transfer : 0851-5606-3595

QRIS Code


CIMB Niaga Syariah

HARAPAN

Dengan iringan doa dan roja’ penuh harap kepada Allah SWT, kegiatan-kegiatan yang telah direncanakan diatas dapat telaksana dengan baik, mendapatkan ridho serta pertolongan Allah SWT, dan semoga keberkahan menyelimuti kita semua, Aamiin.

   

Baca Kabar lainnya

Profil

Donasi

Layanan

Daftar