Rakernas LAZISMU Tebar Award dan Rumuskan 6 Divisi Kerja Unggulan Guna Dukung Program-program SDGs”

Media sosial

Digitalisasi Filantropi Untuk Penguatan Tata Kelola Lazismu & Pencapaian SDGs

Tema Rakernas Lazismu 2021 adalah “Digitalisasi Filantropi untuk Penguatan Tata Kelola Lazismu & Pencapaian SDGs”. Ini adalah mimpi Lazismu yang setidaknya, pada tahun 2030 sudah bisa dihitung dampak dan kontribusi Lazismu terhadap SDGs.

Hal ini disampaikan oleh Hilman Latief, Ketua Badan Pengurus Lazismu Pusat dalam Pembukaan Rakernas Lazismu secara daring pada Jumat (4/12). Ia menyebut bahwa ada beberapa program yang relevan dengan Lazismu, yaitu pendidikan, no poverty, zero hunger, clean water and sanitation, dan lain-lain.

Hilman berharap agar peserta Rakernas diberikan kekuatan untuk merumuskan agenda strategis dalam rangka merancang program-program Lazismu di tahun 2021 hingga Muktamar Muhammadiyah.

“Mudah-mudahan semangat kita terus bergelora karena ini adalah kerja-kerja perjuangan dan kemanusiaan yang menuntuk keikhlasan dari kita semua,” ujarnya.

Ia mengucapkan terimakasih kepada seluruh mitra yang selama masa pandemi telah menjadi mitra Lazismu dalam berbagai program, seperti program ketahanan pangan, pemberdayaan ekonomi, bantuan kemanusiaan, bantuan guru, sekolah, murid-murid, dan lain-lain. Tanpa ada dukungan yang kuat dari private sector maupun pemerintah, Lazismu akan merasa keberatan dalam menjalankan program.

“Saya berterimakasih kepada seluruh mitra dari Provinsi maupun Kabupaten/Kota yang ikhlas berjuang bersama kami di Lazismu untuk menjalankan program-program ini,” imbuhnya.

Rakernas Lazismu 2021 akan dilaksanakan pada Jumat & Sabtu (4 & 5/12/2020). Sebelumnya, Haedar Nashir, Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah menyampaikan amanat Ketua Umum.

Dalam amanatnya, Haedar berpesan agar umat Islam menumbuhkan spirit kapitalisme agar umat Islam bisa menjadi khoiru ummah (umat terbaik). Haedar mengartikan spirit kapitalisme dengan etos tangan di atas untuk memberi orang-orang yang tidak mampu.

Ia juga berpesan agar umat Islam tidak bersikap antipati terhadap mereka yang mapan dan kaya raya sehingga muncul kebencian yang kontra produktif. (www.lazismu.org/Yusuf)

[divider]

RAKERNAS LAZISMU Rumuskan 6 Divisi Kerja Unggulan

Lazismu telah menyelesaikan agenda Rakernas Lazismu 2021 yang digelar sejak hari Jumat (4/12). Ada 6 divisi kerja unggulan yang dilahirkan dari Rakernas Lazismu 2021 ini. Antara lain divisi kerja Kelembagaan, Sumber Daya Amil, divisi Keuangan, Fundraising & Kerjasama, Public Relations, dan Penyaluran.

Divisi kerja unggulan kelembagaan mencakup standarisasi kantor, penggunaan sistem informasi manajemen terintegrasi, pembentukan dan standarisasi LAZ AUM. Adapun divisi sumber daya amil mencakup peningkatan jumlah amil tersertifikasi. Lazismu menargetkan memiliki 1000 amil tersertifikasi pada tahun 2021.

Lazismu, melalui Rakernas, juga mengesahkan Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja (RAPB) tahun 2021. RAPB yang menjadi target di tahun 2021 adalah Rp. 201,370,898,326,00. Dalam laporan Rakernas yang ditulis oleh Dr. Nuryadi Wijihardjono, Lazismu menargetkan adanya optimalisasi penggunaan SIM keuangan dan laporan keuangan yang teraudit secara nasional.

Nuryadi menulis bahwa dalam hal Fundraising & kerjasama, Lazismu menargetkan beberapa hal. Pertama, standarisasi dan klasterisasi Lazismu Daerah & Kantor Layanan berdasarkan hasil perolehan. Kedua, penetapan tanggal tertentu untuk Fundraising. Ketiga, menjalin Kemitraan dengan instansi pemerintah, swasta, LSM, dan LAZ lain. Keempat, memperbanyak kolaborasi dengan penyedia platform digital.

Sementara itu, dalam divisi Public Relations, Lazismu menargetkan peningkatan branding Lazismu dengan platform digital, kerjasama dengan platform digital untuk pemberitaan, pelayanan secara online dengan sistem yang terintegrasi, dan produksi konten yang sesuai dengan generasi muda.

Dalam hal penyaluran, Lazismu akan fokus pada 8 asnaf, rekomendasi Muktamar, dan peningkatan SDGs.

Sementara itu, Hilman Latief, Ketua Badan Pengurus Lazismu Pusat dalam sambutannya berharap agar Kantor-Kantor Lazismu tetap melakukan kaderisasi amil.

Ia memandang perlu adanya penugasan eksekutif ke Daerah dan Wilayah untuk mengembangkan keamilan di satu daerah. “Selain itu, harus memperbanyak amil yang melek teknologi (digital friendly) untuk manfaat yang lebih besar. Wiilayah dan Daerah juga harus berperan aktif dalam pencapaian SDGs,” jelasnya. (Yusuf)

[divider]

Inilah Daftar Penerima Lazismu Award LAZISMU, Wilayah dan Daerah Terbaik

Dalam rangkaian kegiatan Rakernas Lazismu, Lazismu Pusat memberikan Penghargaan Lazismu Award kepada Kantor-Kantor yang berprestasi. Lazismu Award diberikan kepada Kantor Layanan hingga Kantor Wilayah.

Adapun daftar penerima Lazismu Award secara lengkap adalah sebagai berikut.

  • Lazismu Jawa Tengah mendapatkan penghargaan sebagai Wilayah dengan Pertumbuhan ZISKA Terbaik Tahun 2020 sekaligus Lazismu Wilayah Terbaik tahun 2020.
  • Lazismu Jawa Timur mendapatkan penghargaan sebagai Wilayah dengan Pendistribusian dan Pendayagunaan Terbaik.
  • Lazismu DIY mendapatkan penghargaan sebagai Wilayah dengan Kreativitas Penghimpunan ZISKA Terbaik.
  • Lazismu Kalimantan Barat mendapatkan penghargaan sebagai Wilayah dengan Laporan Terbaik.

Penghargaan untuk Kantor Daerah :

  • Lazismu Kota Lhokseumawe menjadi Daerah dengan Program Pendidikan Terbaik.
  • Lazismu Sragen menjadi Daerah dengan Program Kesehatan Terbaik
  • Lazismu Sragen sebagai Kreatifitas Fundraising Terbaik.
  • Lazismu Banyumas menjadi Daerah dengan Program Ekonomi Terbaik.
  • Lazismu Solo meraih penghargaan sebagai Lazismu dengan Program Sosial Terbaik.
  • Lazismu Kabupaten Pekalongan mendapatkan penghargaan sebagai Daerah dengan Program Kemanusiaan Terbaik.
  • Lazismu Kota Parepare menjadi Daerah dengan Program Lingkungan Terbaik.
  • Lazismu Kota Medan menjadi Daerah dengan Pertumbuhan Daerah Terbaik.
  • Lazismu Hulu Sungai Tengah menjadi Daerah dengan Program Dakwah Terbaik.

Kantor Layanan yang mendapatkan penghargaan adalah :

  • KL Nglipar sebagai KL dengan Fundraising Digital Terbaik.
  • KL RSIJ Cempaka Putih mendapatkan penghargaan sebagai KL Terbaik bidang Kesehatan.
  • KL UMSIDA menjadi KL Terbaik bidang Pendidikan. (Yusuf)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
ada pertanyaan?
Lazismu Jatim
Assalamualikum, adakah yang bisa saya bantu?